Jalin Networking Melalui Buka Puasa Bersama
Ilustrasi buka puasa bersama | Foto: Rawpixel.com/Freepik

Buka puasa bersama atau biasa kita kenal dengan istilah “Bukber”, tentu sudah menjadi agenda rutin yang seringkali ada setiap bulan Ramadan. Bahkan, momen ini sudah menjadi budaya yang biasa kita lakukan.

Acara bukber biasanya juga menjadi ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar, rekan kerja, hingga reuni bersama teman-teman.

Tak hanya menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama dan hura-hura, acara bukber rupanya juga bisa lebih bermanfaat dan punya nilai positif.

Tidak lain dan tak buka, tentu saja untuk lebih mendekatkan ikatan tali silaturahmi dan juga mengembangkan networking pekerjaan kita, lo, Goodmates. Seperti apa caranya? Berikut simak lebih lanjut di sini.

1. Cairkan Suasana dan Pererat Silaturahmi

Buka puasa bersama kerabat | Foto: Pexels

Acara buka bersama biasanya berlangsung dengan santai dan mengutamakan keakraban. Meski begitu, tidak ada salahnya bagi Goodmates untuk sedikit membicarakan urusan bisnis atau pekerjaan dengan gaya obrolan yang ringan.

Selain membicarakan urusan bisnis dan pekerjaan, acara buka bersama juga bisa kamu jadikan wadah untuk lebih mengenal rekan kerja secara personal.

Mengobrol santai sambil menyantap hidangan, buka puasa menjadi salah satu cara yang baik untuk menambah keakraban sehingga silaturahmi dapat terjalin lebih erat.

Baca juga: Cegah Dehidrasi, Begini Jadwal Minum Air Putih Selama Puasa

2. Meningkatkan Kerja Sama

Bekerja sama | Foto: Fauxels

Enggak cuma mempererat keakraban sesama teman satu kantor, buka puasa bersama juga dapat meningkatkan kerja sama.

Meningkatkan rasa nyaman berkomunikasi dengan teman kerja atau pun lawan bicara bisa menjadi langkah awal membangun peluang kerjasama yang lebih baik lagi. Tentu ini menjadi hal penting bagi kinerja Goodmates di masa mendatang.

Baca juga: Jangan Lengah, Mari Tingkatkan Semangat Kerja Saat Berpuasa

3. Memperluas Jaringan

Bersama teman membangun relasi | Foto: Diva Pexels

Bertemu teman lama di acara buka puasa bersama juga bisa menjadi celah untuk memperluas jaringan pekerjaan. Selain bisa lebih mendekatkan kembali hubungan yang sudah lama terpisah, Goodmates juga bisa mulai mencari peluang untuk menciptakan kerjasama.

Dengan bertemu banyak orang dari latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda, menjadi kesempatan baik untuk memperluas jaringan. Menambah kenalan baru juga tidak ada ruginya, lo, Goodmates. Siapa tau, mereka bisa menjadi klien atau pembuka jalan untuk kariermu yang lebih menjanjikan.

Baca juga: Rekomendasi Channel Youtube Edukatif, Cocok Menemani Ngabuburit

4. Jalin Networking Media Sosial

Media Sosial | Foto: Pixabay

Manfaatkan momen buka puasa bersama dengan memperkenalkan pekerjaan atau bisnis yang sedang atau ingin kqmu jalani. Siapa tahu, ada yang memiliki ide atau minat yang sama. Hal ini tentu tidak menutup kemungkinan untuk memulai kesempatan yang lebih baik ke depannya.

Jadikan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau LinkedIn untuk menjalin pertemanan di dunia maya. Jangan lupa juga untuk saling berbagi unggahan foto-foto saat kumpul buka puasa bersama. Hal ini akan menjadikan networking kalian tetap terjaga setelah acara buka puasa berakhir.

Nah, setelah tahu apa saja keuntungan dari ikut acara buka puasa bersama, jangan pernah absen jika ada undangan bukber, ya. Siapa tahu, ada hal menjanjikan yang bisa kamu dapat di sana.

Kalau Goodmates juga ingin mengetahui informasi bermanfaat lainnya seputar dunia kerja, jangan lupa juga untuk cek channel Youtube Workerspedia dan Instagram @workerspedia. Di sana, kamu akan menemukan banyak konten seputar pekerjaan.

Referensi: Okezone | Line Jobs | Glints

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.