Intip 6 Jalur Masuk PTKIN yang Jarang Orang Tahu
Ilustrasi Tes Jalur Masuk PTKIN | Foto: Kompas

#FutureSkillsGNFI

Setelah lulus dari bangku sekolah, semua siswa mempunyai pilihan untuk melanjutkan studinya ke bangku kuliah atau langsung menyelami dunia pekerjaan. Jika mereka memilih untuk meneruskan pendidikan di bangku kuliah, mereka akan bertransformasi dari seorang siswa menjadi seorang mahasiswa.

Ilustrasi PTKIN UIN Bandung | Foto: uinsgd.ac.id
Ilustrasi PTKIN UIN Bandung | Foto: uinsgd.ac.id

PTKIN adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang secara fungsional berada di bawah naungan Kementerian Agama, sedangkan secara teknis akademik pembinaannya oleh KEMENDIKBUD. Ada 3 jenis PTKIN yang bisa jadi pilihan GoodMates loh, yang pertama Universitas Islam Negeri (UIN) lalu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan yang terakhir Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Selain SPAN-PTKIN, ternyata ada lebih banyak jalur masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Artinya peluang untuk menjadi mahasiswa di PTKIN sangat besar bukan?

Untuk mengetahui lebih lanjut jalur lainnya, mari simak penjelasan berikut.

1. SPAN-PTKIN

Jalur yang paling familiar di kalangan para calon mahasiswa PTKIN yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Para siswa hanya perlu memberikan data kampus dan prodi yang dituju kepada pihak sekolah, kemudian pendaftaran akan dilakukan oleh masing-masing sekolah tanpa dipungut biaya.

Seleksi mahasiswa di jalur ini berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor maupun prestasi lain, tanpa adanya ujian tulis. Wow, menarik sekali. Namun kelolosan mahasiswa sudah diumumkan pada tanggal 15 April kemarin, dan hanya bisa dilakukan oleh siswa fresh graduate. Bagi GoodMates yang lulus di tahun ini dipastikan tidak akan bisa mendaftar jalur ini di tahun depan.

2. SNMPTN

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur masuk PTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS). Ternyata jalur ini bukan hanya untuk PTN loh, calon mahasiswa PTKIN pun bisa mendaftar melalui jalur ini dan seleksinya sama seperti SPAN-PTKIN yaitu berdasarkan prestasi akademik para calon mahasiswa.

Hanya saja prodi PTKIN yang tersedia di jalur ini hanya terbatas disesuaikan oleh masing-masing PTKIN. Nah GoodMates bisa menggabungkan 2 pilihan antara PTN dan PTKIN di jalur ini.

Sayangnya jalur SNMPTN pun sudah ditutup dan pengumuman kelolosan sudah diumumkan pada akhir bulan lalu.

3. UTBK SBMPTN

Jadwal UTBK SBMPTN 2022 | Foto: kontan.co.idJadwal UTBK SBMPTN | Foto: kontan.co.id

Jalur selanjutnya yang bisa GoodMates pilih untuk mendaftar ke PTKIN yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang penyelenggaranya sama dengan SNMPTN namun seleksinya melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan pilihan prodi PTKIN nya pun terbatas.

Jalur ini bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, 2022 untuk tahun ini. Jika GoodMates lulus ditahun lalu dan ingin berkuliah di tahun ini bisa mendaftar melalui jalur ini. Jadi jangan khawatir jalur UTBK SBMPTN masih bisa diikuti oleh setiap siswa hingga 3 tahun dari waktu kelulusannya.

Biaya pendaftarannya sebesar 200-300 ribu tergantung jenis tes yang dipilih yakni SAINTEK, SOSHUM, atau CAMPURAN. Namun untuk tahun ini pendaftaran sudah ditutup pada tanggal 15 April, bagi GoodMates yang telah mendaftar persiapkan untuk tes nya ya, dan tunggu hasilnya di bulan Juni mendatang. Semangat!!

4. UMPTKIN

Portal UMPTKIN 2022 | Foto: Inews.id

Jalur masuk PTKIN selanjutnya yaitu Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang seleksinya melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Kabar baik untuk GoodMates yang ingin mencoba mendaftar di jalur ini pada tanggal 25 April mendatang pendaftaran jalur UMPTKIN baru akan dibuka, catat tanggalnya jangan sampai ketinggalan!!!

Untuk biaya pendaftarannya sebesar 200 ribu dengan maksimal 3 pilihan prodi, GoodMates pun bisa memilih tempat tes sesuai keinginan loh.

5. Ujian Mandiri

Selanjutnya yaitu Ujian Mandiri. Untuk jalur ini jadwal, alur, syarat dan biaya pendaftarannya ditentukan oleh masing-masing PTKIN, jenis tes nya pun beragam dan sedikit lebih banyak daripada jalur lainnya pastinya. Biasanya kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur Ujian Mandiri lebih banyak dibandingkan jalur-jalur yang lain, jadi GoodMates jangan berkecil hati karena masih ada Ujian Mandiri yang menanti. Bagi yang memiliki prestasi dibidang seni maupun olahraga atau yang lainnya seperti tahfidz, bisa berkesempatan mendapatkan beasiswa melalui jalur ini juga loh.

6. Jalur Khusus lainnya

Nah yang terakhir ada beberapa PTKIN yang membuka jalur khusus lain untuk seleksi masuk PTKIN. Contohnya UIN Jakarta yang membuka jalur SMM PTN-BARAT yakni Seleksi Mandiri Masuk PTN wilayah Barat (Banten – Sumatera).

Ada pepatah mengatakan “Banyak Jalan Menuju Roma”. Ternyata jalur seleksi masuk PTKIN bukan hanya SPAN PTKIN saja ya GoodMates tapi ada lebih banyak dari itu. Nah pastinya peluang untuk diterima pun sangat besar. Yang terpenting adalah terus berusaha dan pantang menyerah!!!

Referensi:  Rencanamu.idKemenag | Republika

Hai, semoga suka ya!