Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Tahu Jenis-jenis Kopi Lokal Terbaik Ini
Ilustrasi Biji Kopi│Alexas_Fotos/Pixabay

Dari dulu hingga sekarang, kopi menjadi salah satu minuman paling disukai di dunia karena cita rasanya yang khas. Kopi menjadi minuman favorit bagi semua kalangan, mau tua atau muda, pria maupun wanita, kopi selalu memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya.

Hingga kini, pecinta kopi masih tetap eksis dan malah semakin bertambah dari waktu ke waktu, bahkan, mungkin kamu juga salah satunya. Terbukti dengan semakin menjamurnya coffeshop di setiap daerah di Indonesia saat ini. 

Dua jenis kopi yang cukup terkenal dan tidak asing di telingamu mungkin adalah Robusta dan Arabika. Dua jenis kopi itu memanglah jenis kopi yang cukup terkenal di dunia. Tapi jangan salah, diluar dua jenis kopi itu, masih ada banyak jenis kopi lain yang tidak kalah nikmatnya. Bahkan Indonesia juga memiliki beberapa jenis kopi lokal yang cukup terkenal dan harus kamu coba.

Kopi Luwak

Hewan Luwak│naveensharma94166/Pixabay

Kopi jenis ini mungkin adalah jenis kopi lokal yang paling terkenal. Kopi jenis ini memanglah kopi lokal legendaris yang telah dikenal luas di Indonesia dan bahkan di dunia. Kopi Luwak bahkan menjadi salah satu kopi termahal di dunia.

Kopi Luwak identik dengan kotoran hewan luwak atau musang. Meski terkesan jorok, tapi justru dengan cara inilah Kopi Luwak memiliki cita rasa yang unik. Luwak dipercaya hanya memakan buah kopi pilihan terbaik, sehingga biji kopi yang dipilih luwak adalah biji-biji kopi terbaik yang ada. Selain itu, buah kopi yang telah mengalami proses pencernaan pada tubuh luwak dipercaya memiliki cita rasa yang jauh lebih nikmat.

Kopi Gayo

Kopi Gayo adalah jenis kopi arabika yang berasal dari Provinsi Aceh. Proses pengolahan Kopi Gayo cukup lama hingga menjadi sebuah kopi yang bisa dinikmati. Proses pengolahan yang cukup panjang inilah yang membuat cita rasa dari Kopi Gayo sangat unik.

Tekstur Kopi Gayo cukup encer dan tidak begitu asam, cocok bagi kamu yang tidak suka kopi dengan rasa asam. Kopi Gayo memiliki cita rasa yang cukup unik jika dibandingkan dengan kopi arabika lainnya. Keunikannya ini yang muda Kopi Gayo cukup terkenal di Indonesia dan bahkan dunia.

Kopi Kintamani

Kopi asal Pulau Bali ini memiliki cita rasa yang unik, yaitu memiliki sedikit rasa pahit dan bercampur dengan rasa jeruk yang alami. Kopi jenis ini banyak diekspor ke Jepang, Eropa dan negara-negara di kawasan Timur Tengah. Bagi kamu yang ingin mencicipi kopi dengan rasa buah, Kopi Kintamani cocok banget buat kamu!

Kopi Flores Bajawa

Selanjutnya adalah Kopi Flores Bajawa, yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Kopi ini dibudidayakan di dataran tinggi Flores, tepatnya di daerah dengan ketinggian 1000-1500 meter diatas permukaan laut. Kopi jenis ini memiliki cita rasa kacang-kacangan dan karamel yang unik. Kopi jenis ini banyak diekspor ke negara Amerika.

Kopi Toraja

Kopi Toraja cukup terkenal di negara Amerika dan Jepang. Yang unik dari Kopi Toraja adalah, kopi jenis ini tidak meninggalkan aftertaste yang pahit saat diminum. Rasa pahit Kopi Toraja hanya ada di awal dan akan hilang seketika saat diteguk.

Kopi asal Pulau Sulawesi ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu seperti rasa kayu manis dan kapulaga.

Kopi Temanggung

Ilustrasi│IppikiOokami/Pixabay

Kopi asal daerah Temanggung, Jawa Tengah ini terkenal dengan aromanya yang unik, yaitu memiliki aroma tembakau yang khas. Selain itu, Kopi Temanggung juga dikenal dengan rasa pahitnya yang otentik dan unik. Kopi jenis ini menjadi salah satu kopi favorit pecinta kopi pahit.

Tidak hanya terkenal di Indonesia, Kopi Temanggung juga terkenal dan digemari di negara-negara Eropa, Timur Tengah dan Amerika Selatan.

Kopi Rangsang Meranti

Kopi Rangsang Meranti adalah jenis kopi liberika yang berasal dari Provinsi Riau, Sumatera. Kualitas kopi jenis ini tidak perlu ditanyakan, bahkan kopi jenis ini dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI.

Kopi Rangsang Meranti memiliki cita rasa yang unik, yaitu memiliki rasa perpaduan coklat dan nangka yang khas. Karena kualitasnya, kopi ini memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Kopi Rangsang Meranti juga telah diekspor ke Malaysia dan Singapura.

Kopi Java Ijen Raung

Kopi Java Ijen Raung adalah kopi yang berasal dari Bondowoso, Jawa Timur. Kopi ini sangat digemari di luar negeri dan memiliki jumlah ekspor yang sangat besar. Kopi jenis ini memiliki cita rasa yang khas dengan sedikit rasa pedas dan memiliki aroma bunga hutan. Selain itu, kopi ini memiliki sedikit tingkat keasaman, dan rasa asamnya cenderung terasa seperti asam jawa.

Kopi Wamena

Jenis kopi yang terakhir adalah Kopi Wamena. Kopi jenis ini ditanam di dataran tinggi pegunungan Jayawijaya Papua. Kopi ini diolah menggunakan alat-alat tradisional dan tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. 

Kopi ini memiliki cita rasa yang khas yaitu perpaduan antara aroma coklat dan floral, dengan sedikit rasa asam.

Itu dia beberapa jenis kopi lokal yang terkenal di Indonesia. Nah, buat kamu yang ngaku pecinta kopi, udah coba kopi yang mana aja nih?

Referensi: IDN TimesTaman Delta99.co