Jangan Sampai Salah, Simak Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat
Universitas Brawijaya, salah satu kampus dalam negeri. | Foto: dok. UBTV/Detik

Umumnya setelah menamatkan pendidikan di jenjang sekolah menengah atas, kebanyakan orang memiliki mimpi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Memilih jurusan perkuliahan dapat dibilang merupakan momen yang penuh kembimbangan.

Sebab, masa menjalani masa perkuliahan dapat dibilang cukup lama. Memakan waktu 3 hingga 4 tahun lebih. Kini masa pendaftaran perkuliahan melalui jalur SNMPTN dan UTBK-SBMPTN sudah cukup dekat.

Pendaftaran SNMPTN  akan mulai dilaksanakan pada 14 hingga 28 Februari 2022. Kemudian, pendaftaran UTBK-SBMPTN mulai dilaksanakan pada 23 Maret hingga 15 April 2022.

Selain perlu memahami setiap jalur pendaftaran perkuliahan dan menyiapkan berbagai persiapan yang dibutuhkan. Kamu yang duduk dibangku kelas 12 SMA juga perlu memahami kiat-kiat memilih jurusan perkuliahan berikut ini.

Cara memilih jurusan kuliah

memilih jurusan perkuliahan membutuhkan pertimbangan yang matang. | Foto: Kompas/SCHMU.ID
memilih jurusan perkuliahan membutuhkan pertimbangan yang matang. | Foto: Kompas/SCHMU.ID

Memilih jurusan perkuliahan dapat ditentukan dari minat dan bakat yang kamu miliki. Melansir dari Best Colleges, sebuah studi menemukan bahwa seorang siswa dapat memiliki performa lebih baik di pendidikan saat mereka dapat fokus pada bidang yang mereka minati.

Menemukan minat kesukaan kita mungkin tak mudah. Salah satu caranya kamu dapat mencoba tes kepribadian untuk menemukan minat yang kamu punya. Cara lainnya jangan pernah berhenti mencoba sesuatu yang baru.

Kamu dapat melakukan eksplorasi dengan mencoba berbagai hal yang membuatmu penasaran. Hal ini dapat membantu kamu untuk menemukan minat dirimu. Entah mengikuti kegiatan relawan, mengikuti komunitas atau klub tertentu, mengikuti kursus dan lain sebagainya.

Mengenal diri sendiri memang menjadi salah satu kunci untuk menemukan minat dan bakat. Kamu perlu memahami keterampilan atau bakat alami yang kamu punya. Dengan mengetahui bakat natural yang kamu punya, dapat menjadi acuan untuk memilih jurusan perkuliahan yang masih berhubungan. Kamu juga dapat memilih jurusan perkuliahan yang bermanfaat untuk membangun kemampuan baru.

Cara lainnya dapat dilakukan dengan menentukan prioritas. Sebagian orang mengejar jurusan perkuliahan tertentu berdasarkan potensi gaji dan luasnya lapangan pekerjaan. Ada juga yang memilih jurusan perkuliahannya karena menyukai atau sangat ahli pada bidang tersebut. Sebelum memilih jurusan perkuliahan, kamu mungkin ingin memetakan terlebih dahulu di mana prioritas yang kamu tetapkan.

Mendengar pendapat orang lain juga dapat membantu. Biasanya ketika berada di penghujung tahun sekolah menengah atas, pihak bimbingan konseling sekolah akan mengadakan sesi konsultasi bagi siswa yang butuh diskusi untuk memilih jurusan perkuliahan.

Manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik. Umumnya bimbingan konseling sekolah sudah berpengalaman menangani kasus serupa bertahun-tahun lamanya, kamu mungkin dapat mempertimbangkan saran dari mereka.

Terakhir, jangan lupa lakukan riset mendalam. Mengingat masa perkuliahan tidak sebentar, kamu mungkin akan sangat ingin melakukan pertimbangan yang matang. Kamu dapat melakukan riset mengenai kampus yang akan dipilih. 

Beberapa hal lain yang dapat kamu pertimbangan seperti jarak kampus dengan tempat tinggal, bagaimana lingkungan dan budaya di kampus dan sekitarnya, berapa biaya pendidikan yang akan diperlukan, serta berbagai fasilitas yang ditawarkan. Semoga berhasil, Goodmates!

Referensi: Best Colleges | USNews | Kontan | Suara