Jangan Sepelekan! Ini Dia Frekuensi Waktu Mengganti Peralatan Sehari-Hari
Ilustrasi ruang tamu I Foto: Unsplash

#FutureSkillsGNFI

Ketika Goodmates sudah selesai membersihkan rumah, mulai dari mengelap perabotan rumah, menyapu dan mengepel, apa yang diharapkan oleh Goodmates? Kebersihan yang terjaga? Kenyamanan? Atau jangka panjangnya agar anggota keluarga terhindar dari berbagai virus dan penyakit? Pastinya Goodmates ingin semua manfaat tersebut dapat dirasakan sehingga energi positif selalu hadir di rumah. Namun, apakah dengan hanya membersihkan rumah, rumah sudah benar-benar bersih?

Ilustrasi I Foto: Pixabay
Ilustrasi I Foto: Pixabay

Ternyata beberapa barang di rumah memiliki frekuensi tertentu untuk diganti. Bila barang tidak segera diganti atau telah melewati masanya, virus, bakteri dan kuman berbahaya akan menyerang anggota keluarga kita. Dilansir dari Thesun dalam Liputan6, menurut ahli bakteria dari Inggris, Matthew Barbour, menginformasikan bahwa perlu perhatian lebih untuk mengganti perabotan kamar mandi agar terhindar dari berbagai macam bakteri.

Langsung saja, berikut ini peralatan rumah dan frekuensi penggantiannya!

  1. Selimut
Ilustrasi I Foto: Unsplash
Ilustrasi I Foto: Unsplash

Dilansir dari womensday dalam Fimela, mengganti peralatan tidur tepat waktu bisa mengurangi kuman dan bakteri di tempat tidur sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur. Untuk selimut sendiri, Goodmates dapat mengganti selimut maksimal 6 bulan serta melakukan pencucian dengan frekuensi 2-3 hari sekali atau setidaknya 1 minggu sekali.

2. Handuk

Ilustrasi I Foto: Unsplash
Ilustrasi I Foto: Unsplash

Handuk yang sering digunakan untuk membersihkan dan mengeringkan tubuh. Tanpa disadari handuk juga bisa menjadi sarang berkembang kuman dan tempat penularan berbagai jenis penyakit kulit seperti kudis dan kurap. Jika handuk digunakan terlalu lama dan jarang dicuci akan meningkatkan risiko Goodmates terkena berbagai penyakit. Cuci handuk setiap 3 hari sekali dan jemur hingga kering. Hindari juga menggunakan handuk bergantian meskipun sesama anggota keluarga. Goodmates bisa mengakalinya dengan menggunakan warna atau corak berbeda untuk setiap anggota keluarga.

3. Sikat Gigi

Ilustrasi I Foto: Unsplash
Ilustrasi I Foto: Unsplash

Kesehatan gigi bergantung pada rutinitas seseorang membersihkannya. Terdengar sepele, tapi plak yang memenuhi gigi bisa menjadi sarang kuman yang menyerang kesehatan gigi bahkan jangka panjangnya bisa mempengaruhi organ lainnya. Aktivitas sikat gigi memang menyehatkan, akan tetapi aktivitas ini bisa jadi menjadi sarang penyakit bila jarang mengganti sikat gigi. Dilansir dari Halodoc, satu sikat gigi bisa dihinggapi kurang lebih 10 juta kuman dan bakteri. Goodmates dapat mengganti sikat gigi kurang lebih setiap 3 bulan sekali. Ciri-ciri umum yang dapat Goodmates lihat adalah perubahan bulu sikat gigi yang menjadi usang. Jangan sampai lupa mengganti sikat gigi agar tidak menjadi tempat berkembangbiak mikroorganisme.

4. Sisir

Ilustrasi I Foto: Unsplash
Ilustrasi I Foto: Unsplash

Sisir yang kita gunakan secara rutin ternyata menjadi sarang ketombe dan banyak bakteri. Sehingga berbagai masalah timbul pada rambut kita akibat sisir. Goodmates dapat membersihkan sebulan sekali dengan cara membuang terlebih dahulu rambut yang menempel dan merendam dengan sampo yang Goodmates biasa gunakan. Selain itu jangan lupa setiap 6-12 bulan sekali, Goodmates harus mengganti sisir yang lama. Dilansir dari The Right Hairstyle dalam Grid, menurut Ghanima Abdullah, seorang hair expert, tanda-tanda sisir harus diganti yaitu ruas-ruasnya banyak yang patah dan tidak bisa lagi dibersihkan.

5. Celana Dalam

Ilustrasi I Foto: Pixabay
Ilustrasi I Foto: Pixabay

Jika Goodmates gampang berkeringat, justru ketika merasa sudah lembab, cepat-cepat ganti. Celana dalam yang lembab dan tidak segera diganti dapat membuat sarang penyakit dan menyebabkan iritasi. Selain sering mengganti celana dalam setiap aktivitas berlebih, jangan lupa mengganti celana dalam yang telah usang atau yang telah bertahun-tahun dipakai. Gantilah koleksi celana dalam setiap 6-12 bulan sekali.

Nah, itu dia beberapa peralatan sehari-hari yang wajib diperhatikan frekuensi baik penggantian maupun pencuciannya. Jangan sampai rumah yang kita tinggali malah menjadi sarang penyakit akibat peralatan sehari-hari yang jarang kita ganti. Kira-kira menurut Goodmates peralatan sehari-hari apalagi ya yang perlu diperhatikan frekuensi penggantiannya?

Referensi: Liputan6 I Halodoc I Halodoc I Fimela I Alodokter I Electroluxattackcare I Grid

do what you love, love what you do <3