Jatuh Cinta dengan Teman Sekantor? Lakukan Hal Ini agar Tetap Profesional!
Ilustrasi Jatuh Cinta dengan Teman Sekantor | Foto: Pexels.com/Gustavo Fring

Jatuh cinta dengan lawan jenis merupakan hal yang sangat manusiawi. Jodoh pun sejatinya bisa datang dari mana saja dan kapan saja, tak terkecuali di lingkungan kerja sendiri. Dilansir dari laman TotalJobs, bahwa rata-rata orang yang menemukan pasangannya di tempat kerja ada sebanyak 22% dan angka ini bukanlah jumlah yang sedikit.

Melihat kondisi tersebut, rupanya tak sedikit pula yang masih kesulitan untuk menjaga antara profesionalitas dengan asmara mereka. Menjalin sebuah hubungan dengan rekan kerja memanglah tidak mudah. Tentu saja ada beberapa konsekuensi yang akan diterima nantinya. Jangan sampai produktifitas kerja kamu menurun karena terlalu sibuk menjalin hubungan dengan “si dia” di tempat kerja. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar profesionalitas dan hubungan asmara dapat terjaga dengan baik.

  1. Kurangi Interaksi Personal di Tempat Kerja
Ilustrasi kurangi interaksi personal
Pexels.com/KarolinaGrabowska

Meskipun kamu memiliki hubungan dan komunikasi yang sangat erat dengan pasangan, bukan berarti kamu bisa terus-terusan bermesraan dan ngobrol urusan pribadi di kantor ya, Goodmates! Kamu harus tetap mengetahui batasan, karena kamu berhadapan dengan rekan kerja yang lain dikantor. Jika kamu tidak bisa menjaga batasan di kantor, hal tersebut bisa membuatmu terlihat tidak professional bahkan bisa pula membuat orang-orang disekitarmu menjadi tidak nyaman. Jika sudah berada di luar jam kantor, baru deh kamu boleh mengekspresikan rasa sayangmu ke pasangan.

  1. Membuktikan dengan Prestasi Kerja
Ilustrasi membuktikan dengan prestasi kerja
Pexels.com/AnnaShvets

Memiliki hubungan asmara dengan rekan kerja sebenarnya tidak masalah, asalkan kamu bisa menjaga profesionalime kerja. Memang tidaklah mudah, pasti akan ada omongan di belakang dari pihak lainnya. Sekalipun sebenarnya kamu sudah berusaha untuk bersikap profesional. Namun jika memang hal ini terjadi, kamu harus tetap fokus terhadap pekerjaanmu dan buktikan kepada mereka dengan prestasi yang kamu peroleh.

  1. Membedakan Antara Masalah Pribadi dengan Pekerjaan
Ilustrasi bedakan antara masalah pribadi dengan pekerjaan
Pexels.com/KindelMedia

Hal ini tentu saja berat bagi siapapun. Namun jika mau berusaha dan diniatkan pada tujuan utama, pasti bisa kita lewati. Sebesar apapun masalah kamu terhadap pasanganmu, ketika sudah memasuki lingkungan kerja dan jam kerja, sebisa mungkin bersikap professional. Buang jauh-jauh rasa emosionalmu yang menghubungkan dengan masalah pribadi. Kita tidak bisa untuk mengikuti emosi, karena kita memiliki tujuan untuk berprestasi dalam pekerjaan. Jika memang ada masalah, sebisa mungkin diselesaikan pada saat di luar jam kantor.

  1. Memperbanyak Interaksi dengan Rekan Kerja
Ilustrasi memperbanyak interaksi dengan rekan kerja
Pexels.com/AlexanderSuhorucov

Memiliki kekasih di lingkungan kantor bukan berarti menutup akses untuk bersosialisasi dengan teman kerja lainnya ya, Goodmates! Kita harus tetap bersikap netral kepada siapapun dan memperluas komunikasi dengan rekan kerja lainnya agar memudahkan pekerjaan dan update dengan informasi baru terkait dengan pekerjaan. Tujuannya adalah untuk bisa menjaga kestabilan emosi dan tidak menjadi bahan gunjingan di kantor.

Jika hal itu terjadi, banyak hal yang bisa merugikan diri sendiri seperti misalnya kondisi mental yang bisa saja menurun sehingga mempengaruhi performa kerja di kantor. Jadikan prestasimu di kantor sebagai bukti bahwa kamu tetap professional sebagai karyawan, sama seperti karyawan pada umumnya.

Jika memang kamu terlibat kisah asmara dengan teman satu kantor, kamu bisa memulai batasan-batasan tertentu dengan cara tersebut agar bisa membedakan perasaan dengan profesionalitas kerja. Jangan sampai kamu tidak ada batasan di lingkungan kantor ya. Karena, hal itu bisa menimbulkan lingkungan kerja yang toxic bagi diri sendiri dan karyawan lainnya!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Glints | Kumparan

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.