Jejaring Craft: Komunitas Belajar Handycraft Ramah Lingkungan
Ilustrasi kerajinan tangan| Foto: Pexels

Menjelang Idul Fitri, banyak dari kita yang sudah mulai memikirkan tentang banyak hal yang berhubungan dengan lebaran. Mulai dari pakaian, makanan, hingga hadiah apa yang mau diberikan kepada orang tersayang. Banyak dari kita yang ingin menjadikan Idul Fitri sebagai perayaan yang bisa merekatkan tali persaudaraan.

Salah satu hadiah yang bisa diberikan kepada orang terkasih adalah barang buatan tangan sendiri atau handmade gift seperti aksesoris buatan sendiri. Hadiah dari buatan tangan sendiri akan terasa lebih tulus dan juga akan memberikan kesan yang berarti bagi orang-orang terdekat.

Jika kamu ingin belajar untuk membuat kerajinan tangan untuk hadiah Idul Fitri sekaligus ingin berkoneksi dengan para penekun kerajinan tangan, kamu perlu tahu lebih lanjut soal komunitas yang satu ini, Goodmates!

Berawal dari hobi

Kegiatan workshop Jejaring Craft | Foto: Jejaring Craft

Jejaring Craft merupakan sebuah komunitas kerajinan tangan dengan basis di daerah Bekasi. Komunitas sekaligus UMKM ini sudah berdiri sejak 2017 lalu dan terdiri atas 5 founder. Awalnya, sebelum terbentuk Jejaring Craft, para founder bertemu di sebuah komunitas kerajinan tangan, Bekasi Craft.

Berawal dari hobi yang sama, kelima founder yakni Erwina, Dyah, Edita, Riri, dan Lita, akhirnya mengembangkan sebuah jejaring yang berfokus pada pelatihan dalam ilmu kerajinan tangan. 

Baca juga: Hindari boros menjelang Idul Fitri, ini dia tips cegah compulsive buying behaviour

Setelah menekuni hobi, kelima founder akhirnya sepakat untuk membuat sebuah komunitas yang berfokus pada pelatihan kerajinan tangan. Para founder sekaligus mentor Jejaring Craft juga memiliki kemampuan tersendiri di beberapa bidang kerajinan tangan, seperti macrame, decoupage, hingga menjahit.

Lebih dari komunitas

Jejaring Craft bersama peserta workshop | Foto: Jejaring Craft

Selain menjadi komunitas pembelajaran, Jejaring Craft juga merupakan sebuah UMKM. “Kami merupakan UMKM yang memang bukan hanya fokus ke pelatihan. Tetapi kami juga melakukan produksi yang lebih kepada kerajinan ramah lingkungan,” ujar Edita, salah satu founder dari Jejaring Craft.

Di dalam Jejaring Craft, terdapat beberapa UMKM yang tergabung di dalamnya. UMKM tersebut tidak lain adalah milik para founder Jejaring Craft.

Bekerja sama dengan Jejaring Craft, beberapa UMKM yang terdiri dari ‘Wiena Craft’, ‘Edith’s House’, ‘Rita Collection’, dan ‘Hydra Living’, juga ikut menjual produk kerajinan tangan mereka.

Saat ini, Jejaring Craft berfokus untuk membangun bisnis UMKM dengan berkolaborasi bersama 4 UMKM tersebut. Para founder juga tengah belajar merintis bisnis UMKM masing-masing dengan saling berbagi pengalaman di antara mereka.

Mengajar SLB hingga kolaborasi dengan Uniqlo

Kegiatan workshop Jejaring Craft di Jakarta Creative Hub | Foto: Dokumentasi pribadi Jejaring Craft

Sebelum pandemi, Jejaring Craft aktif dalam berbagai kegiatan. Salah satunya memberikan pelatihan dan pengajaran kepada beberapa SMK di Jakarta dan Sekolah Luar Biasa. Jejaring Craft juga aktif dalam menjalin kerja sama dengan Jakarta Creative Hub, dengan mengadakan pelatihan offline di co-working space tersebut.

Baca juga: Mengatasi krisis seperempat abad dengan metode SMART

Selain itu, Jejaring Craft juga berkesempatan untuk bergabung dalam event yang diselenggarakan oleh Uniqlo, yaitu ‘Neighborhood’. Event ini merupakan upaya Uniqlo untuk mendukung UMKM masyarakat yang terdampak pandemi.

Rita Collection, Edith’s House, dan Wiena Craft merupakan 3 UMKM terpilih yang menjadi perwakilan Jejaring Craft. Produk ketiga UMKM tersebut akan dipajang di dalam sebuah etalase yang akan dipamerkan di Uniqlo Grand Metropolitan Bekasi.

Semasa pandemi, kegiatan luring Jejaring Craft menjadi terbatas. Tetapi, Jejaring Craft tetap mengadakan kelas online pada masa awal pandemi. Kelas ini diadakan setiap bulannya dengan topik yang berbeda di setiap pertemuannya dan diikuti oleh 15-20 orang per kelasnya.

Keberlanjutan mereka

Jejaring Craft dalam acara Jakarta Fashion Show | Foto: Dokumentasi pribadi Jejaring Craft

Pada masa pandemi dan pasca pandemi, Jejaring Craft masih tetap menjalankan kegiatan mereka sama seperti sebelum pandemi. Bahkan, pelatihan dan workshop mereka dapat diikuti oleh orang-orang di luar Jabodetabek. Jejaring Craft saat ini sudah memiliki anggota hingga ke daerah Batam dan Kalimantan.

Jejaring Craft juga memiliki grup di media sosial WhatsApp yang berisikan anggota kelas pelatihan mereka. Para anggota kelas atau yang dikenal sebagai Sahabat Craft tergabung dalam sebuah grup WhatsApp untuk saling berkomunikasi dan bertukar ilmu mengenai kerajinan tangan.

Untuk menjaga keakraban Jejaring Craft dengan para pengikut mereka di Instagram, Jejaring Craft juga mengadakan siaran langsung (live) melalui Instagram. Hal ini bertujuan untuk memberikan kabar terbaru mengenai Jejaring Craft kepada para pengikut mereka.

Saat ini, Jejaring Craft sedang berfokus untuk membangun bisnis UMKM dan berkolaborasi dengan beberapa event terkait dengan produk-produk ramah lingkungan. Jejaring Craft juga mulai merambah ke dunia fesyen dan pernah mengikuti beberapa event fesyen ternama seperti Jakarta Fashion Week dan Bogor Fashion Week.