Jelajah Keindahan Wisata Bawah Laut Indonesia dengan Olahraga Diving
Ilustrasi diving di bawah laut Indonesia | Foto: Sebastian Pena Lambarri/Unsplash

Berwisata ke alam bebas menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu libur. Apalagi saat pandemi, semakin banyak orang yang mencari tempat wisata dengan konsep outdoor atau semi-outdoor. Salah satu rekomendasinya, kamu bisa mencoba diving di lautan Indonesia.

Keindahan alam yang dimiliki negara Indonesia sendiri tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi, hingga hamparan pantai yang indah semuanya tersedia di tanah air.

Kekayaan laut yang luar biasa juga dimiliki oleh Indonesia. Dengan koleksi terumbu karang dan berbagai macam hewan laut, menyusuri keberagaman laut Indonesia dapat menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Rekomendasi lokasi diving di Indonesia

Kalau kamu ingin merasakan pengalaman diving sambil menelusuri pemandangan alam bawah laut yang indah, beruntung karena Indonesia memiliki banyak sekali lokasi diving yang menakjubkan. Salah satunya berada di Maluku Utara, tepatnya di Pulau Morotai yang berada di ujung utara Pulau Halmahera.

Selain akan disuguhkan oleh keindahan alam bawah laut yang memanjakan mata, jika beruntung kamu dapat berjumpa dengan hiu sirip hitam saat diving. Tidak hanya terumbu karangnya yang cantik, Pulau Morotai juga kaya akan sejarah.

Salah satu spot diving-nya memiliki bangkai pesawat tempur peninggalan Perang Dunia II yang tenggelam pada kedalaman 40 meter. Siapa yang tak kenal dengan keindahan Kepulauan Raja Ampat?

scuba diving di Raja Ampat, salah satu lokasi diving di Indonesia. | Foto:  Be Free Tour
Scuba diving di Raja Ampat, salah satu lokasi diving di Indonesia | Foto:  Be Free Tour

Dilansir dari IDN Times, pulau yang berada di Papua Barat ini bahkan sudah sering masuk ke dalam daftar tempat diving terbaik. Tidak mengherankan kalau pesonanya telah mendunia, Raja Ampat memiliki banyak spot diving yang siap memberikan pengalaman tak terlupakan.

Beberapa spot diving terbaik milik Raja Ampat, merangkum dari Indonesia Travel di antaranya adalah Cross Wreck. Pada spot satu ini kamu bisa melihat sebuah bangkai kapal milik Angkatan Laut Jepang yang tenggelam pada masa Perang Dunia II. Selain itu, tentunya kamu akan dibuat terpesona dengan beragam jenis ikan di sekitar kapal.

Kemudian spot Blue Magic. Nama ini mewakili keindahan air lautnya yang berwarna biru menawan. Perpaduan air laut berwarna biru ini semakin cantik dengan dilengkapi terumbu karang dan keragaman biota laut lainnya. Sama seperti di Pulau Morotai, apabila beruntung kamu juga dapat bertemu dengan hiu sirip hitam, grey reef atau mantas.

Kamu merupakan pemula dalam kegiatan diving? menurut Indonesia Travel, banyak yang menyarankan penyelam pemula untuk mencoba spot Selat Dampier. Spot ini disebut-sebut juga merupakan tempat singgah bagi paus, lumba-lumba dan duyung. Spot diving lainnya yang tak kalah indah berada di Batu Lima, Pulau Misool, Tanjung Kri, The Passage, dan Arborek.

Kalau kamu bermukim di sekitar daerah Jakarta dan ingin mencoba lokasi diving yang tidak terlalu jauh, kawasan Kepulauan Seribu tempatnya. Dilansir dari Tokopedia, Kepulauan Seribu memiliki beberapa spot diving yang tergolong cocok untuk dicoba bagi pemula. Di antaranya Gosong Balik Layar, Gosong Sepa, Melinjo, Pulau Matahari, Pulau Putri dan masih banyak lagi.

Manfaat diving bagi kesehatan

Bukan sekadar menyelam dan berenang saja, kegiatan diving memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Merangkum penjelasan oleh Kompas, terdapat perbedaan antara jenis freediving dengan scuba diving yang perlu kamu tahu.

Scuba diving merupakan kegiatan menyelam yang dibantu dengan menggunakan alat scuba (self-contained underwater breathing apparatus). Sedangkan freediving adalah kegiatan menyelam dengan menggunakan satu nafas tanpa bantuan alat.

Nah, merangkum penjelasan oleh Master Live Abroads, scuba diving dapat meningkatkan emotional well being. Pernahkah kamu melihat sebuah akuarium yang dipenuhi ikan kemudian merasakan perasaan lebih rileks? Sekarang bayangkan jika kamu dapat menikmati langsung berada bersebelahan dengan para ikan dan terumbu karang, seolah-olah masuk ke dalam suatu akuarium yang sangat besar.

Pada masa seperti ini, memiliki pikiran yang tenang sangat membantu untuk menjaga keadaan mental tetap positif dan mengurangi perasaan depresi. Salah satunya melalui kegiatan menyelam yang dapat membantu menghilangkan stres. Teknik bernafas yang digunakan saat menyelam juga disebutkan mirip seperti teknik pernafasan saat kita melakukan meditasi.

Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot yang kamu miliki. Saat berada di bawah air, seluruh otot tubuh akan bekerja secara bersamaan dan cenderung bekerja lebih banyak karena hambatan air. Keadaan ini membutuhkan oksigen untuk melakukannya. Sehingga pembuluh darah akan terbuka untuk membawa oksigen itu ke otot. 

Hal ini memberikan scuba diving manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan darah. Bahkan, sebuah penelitian menunjukan mereka yang menyelam secara teratur cenderung tidak rentan terhadap stroke dan serangan jantung. Bagaimana Goodmates? Tertarik untuk mencoba olahraga diving?

Referensi: Indonesia Travel | IDN Times | Kompas | Tokopedia | Master Live Abroads