Jenis-Jenis Lensa Pada Kamera dan Fungsinya
Ilustrasi│SplitShire/Pixabay

Dalam dunia fotografi, terdapat banyak sekali pilihan jenis lensa kamera. Ada lensa yang kecil, hingga ada lensa yang sangat panjang seperti teleskop. Bentuk dari lensa-lensa kamera yang berbeda-beda ini berdasarkan pada ukuran focal length yang dimiliki lensa, ada yang ukurannya 14mm, 35mm bahkan hingga 1000mm. 

Setiap ukuran focal length akan mempengaruhi hasil gambar yang didapatkan. Maka dari itu, setiap jenis lensa memiliki kegunaannya masing, sesuai dengan kondisi dan objek apa yang ingin difoto. Jadi, jika kamu ingin memfoto sebuah pemandangan, maka kamu harus menggunakan lensa yang cocok untuk memfoto pemandangan, begitu juga jika kamu ingin memfoto bintang, makanan, atau bahkan foto potret.

Nah, disini kita akan membahas apa saja jenis lensa pada kamera, dan untuk kondisi apa saja lensa itu digunakan. Bagi kamu yang ingin belajar fotografi, kamu wajib membaca artikel ini sampai akhir!

Lensa Fisheye atau Ultra Wide Angle

Ilustrasi│Ales Krivec/Unsplash

Lensa yang pertama adalah lensa ultra wide angle. Seperti namanya, lensa ini menghasilkan gambar dengan angle yang sangat luas, dan mirip seperti gambar yang dihasilkan kamera action seperti GoPro.

Lensa jenis ini memiliki ukuran focal length antara 8-14mm. Lensa ini cocok digunakan untuk fotografi di dalam ruangan yang kecil dan pemandangan alam. Dengan angle yang sangat luas, lensa ini bisa menangkap seluruh objek di dalam ruangan yang kecil tanpa terpotong.

Lensa Wide Angle

Mirip dengan Lensa Ultra Wide, lensa jenis ini juga dapat menghasilkan gambar dengan angle yang luas, hanya saja tidak seluas lensa ultra wide yang membuat hasil gambarnya terlihat cembung. Lensa wide angle dapat memotret gambar dengan sudut yang luas, tapi kualitas gambar masih terjaga dengan baik.

Lensa jenis ini biasanya memiliki ukuran focal length sebesar 14-35mm. Lensa wide angle sangat cocok bagi kamu yang suka memotret pemandangan. Lensa ini juga salah satu lensa yang menjadi favorit fotografer profesional, karena kemampuannya untuk memotret pemandangan yang sangat baik.

Lensa Telephoto

Ilustrasi│hashan/Pixabay

Lensa telephoto memiliki ukuran focal length yang besar, cocok digunakan untuk memotret objek yang jauh. Hanya saja lensa jenis ini cukup mahal, ukurannya juga besar dan berat, sehingga membutuhkan tripod untuk menopangnya.

Lensa jenis ini memiliki ukuran focal length diatas 100mm, bahkan ada yang lebih dari 1000mm. Lensa jenis ini biasanya digunakan untuk sport photography, seperti memotret pemain sepakbola di lapangan. 

Selain untuk sport photography, lensa ini juga bisa digunakan untuk memotret hewan di alam terbuka (wildlife photography) ,dan bahkan bisa digunakan untuk memotret bulan. Meski kebanyakan digunakan untuk memotret objek jarak jauh, lensa telephoto juga masih sangat bagus jika digunakan untuk foto portrait,

Lensa Makro

Ilustrasi│JillWellington/Pixabay

 

Lensa jenis ini didesain untuk bisa fokus terhadap objek yang sangat dekat. Fungsinya jelas untuk fotografi makro, yaitu untuk memotret objek-objek kecil dengan detail yang baik. Lensa ini biasanya memiliki ukuran focal length sebesar 35-200mm.

Lensa Zoom

Lensa zoom adalah lensa yang paling umum, dan bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin mendalami dunia fotografi. Lensa ini memiliki focal length yang bisa diubah-ubah, sehingga memungkinkan kamu untuk memotret foto secara close up atau juga memotret objek dengan jarak yang jauh.

Karena memiliki focal length yang dapat diubah-ubah, kamu bisa menggunakan lensa ini di segala situasi, kamu tinggal mengganti focal length sesuai dengan situasi yang ada. Lensa zoom yang cukup populer adalah lensa dengan focal length 70-200mm

Lensa Fix

Ilustrasi│Dave Craige/Pixabay

Lensa fix adalah lensa yang ukuran focal lengthnya tetap dan tidak bisa diubah, sehingga kamu juga tidak bisa zoom in dan zoom out menggunakan lensa ini. Namun, yang menjadi keunggulan lensa jenis ini, gambar yang dihasilkan jauh lebih baik dan detail, dan juga lebih ringan karena ukurannya yang compact.

Karena lensa ini hanya memiliki satu ukuran focal length, maka kamu harus tahu pada situasi apa kamu bisa menggunakan lensa tersebut. Namun, bagi kamu yang baru belajar fotografi, Lensa Fix dengan focal length 50mm bisa menjadi pilihan yang cocok karena cukup baik digunakan di beberapa situasi, seperti untuk portrait, indoor, street atau bahkan landscape.

Nah itu dia beberapa jenis lensa yang ada pada kamera. Untuk kamu yang baru ingin belajar fotografi, kamu bisa menggunakan lensa kit atau lensa bawaan kamera. Jika kamu sudah mulai menguasai teknik fotografi, kamu bisa mulai membeli lensa sesuai dengan kebutuhan kamu.

Referensi : PhotoguardColeClassroomNikonUSA