Jenuh dengan Pekerjaan? Jangan Resign Dulu, Lakukan Hal Ini!
Ilustrasi Capek Kerja | Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menjalani aktivitas kerja setiap hari ditambah dengan tugas yang tak kunjung usai tentu saja membuat jiwa dan raga terasa lelah. Kelelahan yang dirasakan dapat memicu rasa jenuh dan menghilangkan gairah untuk melakukan pekerjaan. Akibatnya, hasil dari pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak optimal.

Jika hal ini dibiarkan terjadi, rasa jenuh tersebut dapat memicu hasrat untuk melakukan pengunduran diri atau resign. Hal itu terjadi, semata karena ingin mendapatkan pekerjaan yang baru dan yang lebih baik. Apalagi jika diiming-imingi bahwa pekerjaan dengan posisi serupa di perusahaan lain, penghasilannya bisa lebih tinggi dengan beban kerja yang rendah.

Namun, ada baiknya untuk tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Kamu bisa memikirkannya matang-matang tentang kekurangan dan kelebihan jika kamu melakukan resign. Lagipula, resign bukanlah sebuah solusi untuk mengatasi rasa jenuh dalam pekerjaan. Coba lakukan beberapa cara untuk mengatasi rasa jenuh seperti hal berikut ini :

  1. Tidak Ada Salahnya untuk Cuti, kan?
Ilustrasi traveling
Pexels.com/VictorFreitas

Manfaatkan fasilitas yang kamu dapatkan dari kantor, seperti cuti tahunan. Coba diingat-ingat, kapan terakhir kali kamu mengambil cuti? Mungkin selama ini kamu jarang mengambil jatah cuti saking sibuknya kerjaan di kantor. Jangan sampai kamu terjebak dalam pekerjaan yang padat tiada henti. Karena sampai kapan pun, pekerjaan tidak ada hentinya.

Maka dari itu, penting sekali untuk rehat sejenak dengan memanfaatkan jatah cuti tahunan kamu, lho! Kamu bisa memanfaatkan untuk traveling atau sekadar istirahat di rumah saja tanpa harus memikirkan pekerjaan. Kalau kata anak zaman sekarang sih me time. Energimu memang perlu di refresh supaya bisa semangat kerja lagi dan melakukan setiap pekerjaan dengan hasil yang optimal!

  1. Butuh Tantangan? Lakukan!
Ilustrasi butuh tantangan
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Bisa jadi rasa jenuh kamu muncul karena menghadapi ritme kerja yang itu-itu saja. Sehingga, kamu mulai merasa bosan dengan situasi dan menginginkan tantangan dalam pekerjaan. Jika memang hal ini menjadi alasanmu, kamu boleh kok untuk meminta tugas lainnya yang lebih challenging pada atasanmu. Kamu tidak perlu takut untuk memintanya. Jika kamu merasa sungkan karena takut dianggap cari muka, kamu bisa mengajak atasanmu untuk berbicara empat mata.

  1. Tetapkan, Apa Targetmu?!
Ilustrasi target
Pexels.com/PolinaZimmerman

Menetapkan target menjadi salah satu pemicu agar kita selalu semangat dalam bekerja. Jangan pernah ragu dalam menetapkan target, sekalipun itu adalah capaian yang cukup tinggi. Namun, dalam menentukan target tetap harus dilakukan secara logis dan sesuai dengan kapasitasmu ya, Goodmates! Sebisa mungkin hindari hal yang dapat memicu rasa bosan ketika kamu bekerja untuk mencapai target tersebut. Jangan sampai malah membebani pikiranmu.

  1. Lakukanlah Kegiatan Menyenangkan
Ilustrasi kegiatan menyenangkan
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Tidak ada salahnya untuk menyelingi kegiatan yang menyenangkan di tengah sibuknya rutinitas pekerjaan. Sebenarnya, banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk santai sejenak. Kamu bisa bekerja sambil mendengarkan musik atau podcast yang selalu bikin kamu happy saat mendengarkannya. Atau bisa juga untuk memesan cemilan atau kopi melalui aplikasi online agar lebih enjoy saat melakukan pekerjaan. Buatlah situasi dan suasana kerjamu senyaman mungkin agar tidak mudah merasa bosan dan jangan terlalu tegang, guys!

  1. Tak Ada Salahanya Ubah Layout Meja Kerja!
Ilustrasi layout meja kerja
Pexels.com/DeepuBlyer

Cara satu ini tak jarang dilakuan oleh para pekerja nih, Goodmates! Karena salah satu hal yang bisa mempengaruhi seseorang menjadi bosan adalah spot kerja yang terlihat itu-itu saja. Nah, kamu bisa mengubah set meja kerjamu semenarik mungkin agar tidak bosan. Misalnya, kamu bisa meletakkan beberapa diecast atau miniature tokoh di meja kerjamu. Bisa juga menempelkan foto atau poster kecil di kubikal kerjamu. Hal ini akan terasa memuaskan jika kamu bisa menikmati pekerjaanmu setelah mengubah set meja kerja.

  1. Curhat ke Rekan Kerja yang dipercaya
Ilustrasi curhat ke rekan kerja
Pexels.com/Nappy

Hal ini juga sering dilakukan oleh para pekerja pada umumnya. Karena, sosok yang lebih memahami rutinitas kita sehari-hari adalah rekan kerja kita. Jadi tidak ada salahnya untuk bercerita tentang kejenuhan yang dirasakan selama ini pada rekan kerja kita. Karena, dengan bercerita aka nada diskusi untuk menemukan solusi yang tepat. Eiits, tapi ingat ya Goodmates! Bercerita juga harus ada batasannya. Jangan sampai terlarut dalam keluhan, sehingga bisa menjadi boomerang bagi dirimu. Karena, tidak semua rekan kerja itu mau mendengarkan keluh kesahmu. Penting untuk diingat, sebelum bercerita, kamu bisa memilih rekan mana yang paling kamu percaya untuk berkeluh kesah.

Nah, beberapa poin tersebut bisa kamu coba untuk mengusir rasa jenuhmu dalam menjalani rutinitas pekerjaan. Kamu bisa memulainya dari hal yang paling memungkinkan atau paling mudah untuk dilakukan ya, Goodmates! Goodluck!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Workerspedia | Suara | Magdalene

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.