Jurusan di Stanford University Beserta Fasilitas yang Perlu Diketahui
Stanford University | Unsplash - Jorge Fernandez

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

Siapa yang tidak mengenal Stanford University? Perguruan tinggi yang dilansir dari Kata Data ini berhasil menyabet juara tiga dengan kategori universitas terbaik di dunia versi QS World Ranking 2022 ini menjadi salah satu universitas yang diminati oleh kawula muda tidak hanya di Indonesia namun di dunia. Bahkan artis cantik dan pintar Maudy Ayunda saja pernah bersekolah, dan bahkan lulus di Standford University.

Dilansir dari situs resmi Stanford University, perguruan tinggi yang berlokasi di Stanford, California ini memiliki tujuh departemen dan juga 32 program Interdisipliner. Sama seperti pendidikan di dalam negeri pada umumnya, dalam departemen terdapat jurusan-jurusan lain, pun dengan fasilitas yang memadai.

Departemen dan Jurusan di Stanford University

Business Departement

Sama seperti beberapa departemen di perguruan tinggi di Indonesia, Stanford juga memiliki departemen Bisnis dengan jurusan yang sama. Dimana jika Kawan memutuskan untuk masuk ke departemen tersebut, Kawan akan belajar mengenai marketing, ekonomi, akutansi, dan lainnya. 

Earth Departement

Berbeda dari yang lain, Stanford memiliki Earth Departement yang dimana di dalamnya terdapat jurusan Earth System Science, Earth, Energy, & Environmental Science, Energy Resources Engineering Departement, Geological Science Departement, dan Geophysics Departement. 

Dengan mottonya ‘What Makes Stanford Earths Better’, jurusan ini diluncurkan bagi Kawan yang senang meneliti hal yang berkaitan dengan lingkungan bumi dan geofisika. Selain itu, Stanford sendiri meneliti tentang iklim, bencana alam, keamanan makanan dan minuman, dan lainnya. 

Prospek kerja yang diberikan sangatlah beragam, Kawan dapat menjadi Climate Scientist, Oceanographer, Corporate Sustainability Officer, Environmental Engineer, dan lainnya.

Education Departement

Untuk Kawan yang memiliki minat di bidang edukasi dan ingin mendaftarkan S1, S2, ataupun S3 di Standford, Stanford sangatlah terbuka. Setiap jenjangnya memiliki kurikulum yang berbeda dan dapat Kawan sesuaikan dengan minat yang dimiliki.

Tidak hanya memiliki kurikulum yang berkenaan dengan mata pelajaran tertentu, namun Stanford memberikan kurikulum lebih dan salah satunya adalah konsentrasi mengenai kepemimpinan dalam pendidikan, pembuat kurikulum, dan lainnya.

Siapa tahu setelah Kawan lulus dari Stanford, Kawan dapat menjadi Menteri Pendidikan selanjutnya.

Engineering Departement

Departemen teknik tentu tidak akan pernah luput dari banyaknya perguruan tinggi dan salah satunya adalah Stanford University. Departemen ini pun memiliki banyak jurusan seperti Aeronautics & Astronautics Departement, Bioengineering Departement, Chemical Engineering, Civil & Enviromental Departement, Computer Science Departement, dan masih banyak lagi.

Jika Kawan memiliki ketertarikan dalam dunia teknik seperti membuat pesawat, meneliti hal yang berhubungan dengan kimia, obat-obatan, dan lainnya, departemen ini patut Kawan ‘teliti’.

Humanities and Sciences Department

Departemen ini memiliki banyak jurusan sebab penyatuan antara ilmu sosial dan ilmu sains. Kawan yang memiliki minat pada ilmu sosial seperti bahasa, sejarah, sosiologi, ataupun ilmu sains seperti biologi, statistik, matematika, dan lainnya. Mungkin akan cocok dengan departemen ini.

Ada begitu banyak jurusan di dalamnya, beberapa diantarnya adalah Antropologi, Budaya Iberian dan Amerika Latin, Psikologi, Musik, Agama, Sejarah, dan lainnya. Jika di Indonesia, mungkin departemen ini merupakan persatuan antara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan juga Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB).

Law Departement

Calon hakim, jaksa, notaris, dan lainnya yang berkaitan dengan hukum wajib merapat! Sebab Stanford juga memiliki departemen hukum dengan jurusan yang sama. Stanford Law Student (SLS) memberikan banyak fasilitas dalam pembelajaran mereka.

Tidak hanya diberikan komunitas yang meransang jiwa sosial, namun juga cara belajar yang unik dengan mengenai berbagai peraturan hukum tidak hanya pada lingkup Amerika saja namun di berbagai negara.

Hal tersebut akan membuka pemikiran mengenai banyaknya hukum dan implementasinya, dan Kawan tidak akan merasa bosan mempelajarinya.

Medicine Departement

Departemen medis ini hampir sama dengan fakultas kedokteran yang dimiliki oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Jurusan yang diberikan pun sangat beragam, ada sekitar 31 jurusan yang dapat Kawan pilih.

Beberapa diantaranya adalah Surgery Departement, Dermatology Departement, Neurosurgery Departement, Medicine Departement, Microbiology & Immune Departement, dan lainnya. Bagi calon dokter atau yang memiliki minat besar pada dunia kesehatan, Stanford dapat menjadi pertimbangan.

Fasilitas yang ditawarkan di Stanford University

Tidak hanya pembelajaran, fasilitas juga menjadi salah satu pertimbangan bagi para calon mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di universitas pilihannya. Begitu juga dengan Stanford University.

Perguruan tinggi bergengsi ini memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan dan tentunya akan membuat Kawan ngiler, apa saja ya?

Health Care

Stanford sendiri memiliki dua klinik yang dapat dinikmati, klinik tersebut bernama ‘Stanford Health Care’ dan juga ‘Stanford Children’s Health’. Fasilitas kesehatan tersebut terbuka untuk umum.

Tidak hanya diberikan fasilitas kesehatan, Stanford juga menggunakan ‘klinik’nya untuk melakukan penelitian, salah satu penelitian yang dilakukan adalah Nasal Spray Vaccine yang dibuat pada masa pandemi. 

Campus Life

Jika belajar menjadi hal dapat menjenuhkan, maka Kawan wajib mengikuti ‘UKM’ versi Stanford. Mereka memiliki banyak komunitas yang dapat diikuti seperti komunitas seni, olahraga, dan lainnya.

Safety & Support

Di Stanford, Kawan tidak perlu khawatir mengenai keamanan saat mengenyam pendidikan di sana. Sebab pihak kampus telah memberikan perlindungan dari kejahatan seperti kekerasan seksual, diskriminasi, keamanan publik, dan lainnya.

Karir

Tidak hanya belajar, Stanford juga dapat memberikan masukan mengenai prospek kerja yang berhubungan dengan jurusan yang Kawan tekuni sehingga Kawan tidak merasa bingung saat akan mencari kerja.

 

Bagaimana Kawan? Apakah dengan informasi yang sudah tersaji di atas, Kawan semakin mantap untuk memasukan Stanford University sebagai universitas impian? Good luck!

Referensi:  Kata Data | Stanford Official Website