Melihat Deretan Jurusan Kuliah di Bidang Agama Islam
Illustrasi jurusan kuliah di bidang Agama Islam | Foto: Unsplash

Ada banyak jurusan di bidang Agama Islam yang tersebar di berbagai kampus dalam negeri. Biasanya, jurusan ini terdapat pada kampus-kampus dengan basis keagamaan. Seiring perkembangan, jurusan-jurusan ini pun mulai ramai peminatnya.

Beberapa kampus di Indonesia memang menyediakan beragam jenis jurusan yang bisa kamu pilih. Biasanya, orang-orang memilih disiplin ilmu yang memang banyak peminat seperti kedokteran, ilmu hukum, hingga ilmu komunikasi.

Akan tetapi, ada beberapa jenis jurusan yang memuat disiplin ilmu tentang Agama Islam. Memang bukan menjadi jurusan favorit bagi calon mahasiswa, tetapi jurusan ini juga memiliki peminat yang banyak. Selain karena ilmu, kualitas pendidikan juga menjadi salah satu faktor pendukung.

Jika kamu berminat untuk mendalami ilmu-ilmu tentang Islam, berikut beberapa jurusan kuliah di bidang Agama Islam yang bisa kamu pilih.

1. Jurusan Aqidah dan Filsafat Agama

Illustrasi jurusan Aqidah dan Filsafat Islam | Foto: Unsplash

Salah satu jurusan yang memuat disiplin ilmu tentang Agama Islam adalah jurusan Aqidah dan Filsafat Agama. Jurusan ini berfokus pada kajian-kajian pada ilmu Akidah dan Ilmu Filsafat untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi berbagai ahli bidang terkait.

Pada jurusan ini, menuntut mahasiswa untuk menguasai filsafat, tasawuf, akhlak, hingga pemikiran-pemikiran Islam klasik maupun kontemporer. Lulusan jurusan Aqidah dan Filsafat Agama memiliki prospek kerja sebagai pengajar, juru dakwah, peneliti, hingga konsultan keagamaan.

Baca juga: Ada dari Indonesia! Inilah 5 Universitas Islam Terbaik di Dunia

2. Jurusan Ilmu Hadis

Illustrasi jurusan Ilmu Hadis | Foto: Unsplash

Ilmu Hadis juga menjadi salah satu jurusan yang bisa kamu pilih di bidang Agama Islam. Jurusan ini mendorong mahasiswa untuk mampu menghayati nilai-nilai Al-Qur'an dan Hadis untuk bisa mereka implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beragam ilmu yang bisa kamu pelajari, mulai dari qowadul hadis, kajian teks hadis, ilmu maanil hadis, tahfidz hadis, hingga metodologi penelitian hadis. Lulusan jurusan kuliah ini bisa menjadi pengajar, konsultan agama, hingga peneliti di bidang Hadis.

3. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam

Illustrasi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam | Foto: Unsplash

Komunikasi Penyiaran Islam adalah salah satu jurusan dengan menggunakan disiplin ilmu Agama Islam. Sebenarnya, jurusan ini selayaknya jurusan ilmu komunikasi, tetapi berisikan nilai-nilai ajaran Agama Islam.

Di jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan bekal ilmu dan keterampilan di bidang komunikasi dan syiar Islam. Maka, ada beragam mata ajar di dalamnya. Tidak hanya tentang mendalami Al-Qur'an atau nilai agama, tetapi juga keterampilan komunikasi seperti jurnalistik dan penyiaran.

Baca juga: Lakukan 5 Rekomendasi Kegiatan Produktif Selama Bulan Ramadan

4. Jurusan Ekonomi Syariah

Illustrasi jurusan Ekonomi Syariah | Foto: Unsplash

Pada beberapa kampus, jurusan Ekonomi Syariah mempelajari tentang ilmu, teori, hingga sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tidak ada batasnya dalam perspektif agama Islam.

Mengingat, agama Islam sudah mengatur nilai dan hukum setiap kegiatan ekonomi, seperti jual-beli, utang-piutang, bagi hasil, simpan-pinjam, dan hal lainnya. Secara umum, hal yang kamu pelajari serupa dengan jurusan ekonomi.

Perbedaannya, ada jurusan ini menggunakan prinsip ekonomi dalam syariah Islam, yakni Al-Qur'an, Hadis, dan kaidah fikih lainnya.

Baca juga: Melihat Cara Ilmuwan Dunia Belajar, Bisa Kamu Contoh!

5. Jurusan Hukum Keluarga Islam

Illustrasi jurusan Hukum Keluarga Islam | Foto: Unsplash

Terakhir ada jrusan Hukum Keluarga Islam yang berfokus pada kegiatan-kegiatan pengembangan kajian hukum keluarga hingga peradilan Islam. Hal ini dalam rangka menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi hukum, akademisi, dan ahli di bidang-bidang terkait.

Maka, beberapa prospek kerja lulusan jurusan Hukum Keluarga Islam adalah sebagai praktisi hukum, administrator terkait keagamaan, hingga konselor keluarga Islam.

Nah, itu tadi beberapa jurusan yang menggunakan disiplin ilmu di bidang agama Islam. Jurusan-jurusan ini bisa kamu temui di beberapa kampus dalam negeri. Sebagian besar memang berada pada kampus-kampus yang berbasis agama Islam.

Referensi: Indonesia College | Aku Pintar