Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kamu si Hobi Membaca
Buku bacaan | Foto: Pexels

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang sering hampir semua orang lakukan. Dengan membaca, kita dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, meningkatkan kualitas memori, hingga dapat mengurangi stres.

Kegiatan ini menjadi hobi bagi sebagian orang. Dari membaca, banyak kegunaan lain yang bisa kamu dapatkan. Bagi kamu yang suka membaca, berikut ada beberapa jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilustrasi perpustakaan | Foto: Pexels

Perpustakaan merupakan tempat yang tidak asing lagi, terutama bagi kamu yang hobi membaca. Tahukah kamu kalau ternyata ilmu yang ada di perpustakaan juga jadi sebuah jurusan di perkuliahan?

Dalam ilmu perpustakaan, kamu akan belajar bagaimana cara mengarsipkan dokumen, menyimpan buku dan dokumen, dan mengelola informasi dengan sistem tertentu guna mempermudah pengunjung perpustakan.

Kamu juga akan belajar bagaimana cara mengomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti buku hingga media digital. Ilmu perpustakaan juga akan mempelajari dasar-dasar teknologi dan sistem informasi.

Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai katalogisasi, hubungan masyarakat, dan tentunya kearsipan. Setelah lulus, kamu berpeluang untuk bekerja sebagai staf administrasi, Pegawai Negeri Sipil (PNS), kurator, hingga peneliti.

Baca juga: Dunia Butuh Orang Bermental Kuat, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Memilikinya

2. Jurusan Sejarah

Ilustrasi patung bersejarah | Foto: Pexels

Selain membaca, kamu yang suka menganalisis mengenai suatu fenomena akan merasa cocok masuk jurusan ini. Jurusan sejarah tidak sebatas mempelajari sejarah Indonesia, tapi juga sejarah dunia.

Kamu juga akan mempelajari tentang berbagai konteks dalam sejarah, seperti budaya, ekonomi, politik, militer, seni, hingga agama. Banyaknya konteks dan bidang yang harus kamu pelajari, menuntut kamu untuk membaca banyak literatur dan referensi.

Oleh karena itu, buat kamu yang gemar membaca, jurusan sejarah ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu coba. Jurusan sejarah tidak hanya mempelajari konteks seluas ini, tapi ada juga jurusan sejarah yang berfokus pada satu bidang tertentu.

Bahasa yang ada dalam jurusan ini adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, hingga bahasa Belanda. Wah! Menarik banget, ya, Goodmates? Prospek kerja yang bisa kamu miliki adalah menjadi dosen atau guru, jurnalis, analisis perbankan, dan juga peneliti.

Baca juga: Prodi Ilmu Perpustakaan, Sepi Peminat Banyak Prospek Kerja

3. Jurusan Sastra

Ilustrasi tulisan | Foto: Pexels

Mendengar kata sastra, yang muncul di kepala adalah hal yang menyangkut mengenai kebudayaan dan bahasa. Tiga aspek utama dalam jurusan ini adalah bahasa, sastra, dan budaya.

Jika kamu masuk ke jurusan ini, kamu memiliki kesempatan untuk membaca banyak novel, cerpen, puisi, naskah drama, dan produk kebudayaan, dan sastra lainnya. Selain minat kuat dalam membaca, kamu juga akan memiliki kemampuan analisis yang tinggi dan kritis dalam menilai sebuah bahan bacaan.

Kamu juga akan menjumpai mata kuliah mengenai kesusastraan, linguistik, hingga bahasa asing dan bahasa kuno di beberapa perguruan tinggi. Ada berbagai jenis jurusan sastra, seperti Sastra Indonesia, Sastra Jepang, Sastra Belanda, Sastra Prancis, dan masih banyak lagi.

Menjadi lulusan sastra sama dengan membuka banyak peluang kerja. Sastra juga mempelajari mengenai bahasa dan budaya. Kamu bisa berkesempatan menjadi jurnalis, copywriter, guru atau dosen, dan penyiar.

Baca juga: Daftar Beasiswa untuk Mahasiswa S1, D3, dan D4 Indonesia 2022

4. Jurusan Ilmu Hukum

Ilustrasi palu hakim | Foto: Pexels

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jurusan yang satu ini. Jurusan yang satu ini terkenal dengan orang-orang yang pandai berbicara.

Selain butuh kepandaian berbicara, tentunya kemampuan membaca dan menganalisis juga perlu di jurusan ini. Di sini, kamu akan belajar mengenai perundang-undangan, termasuk hukum dasar hingga hukum internasional.

Butuh pula wawasan dan pandangan yang luas mengenai sebuah isu untuk memudahkan menganalisis. Untuk itu, membaca pastinya sudah menjadi rutinitas pembelajaran jurusan ini.

Menjadi lulusan jurusan hukum, tidak hanya bisa menjadi pengacara saja. Ada banyak prospek kerja lainnya yang bisa kamu tekuni, seperti notaris, konsultan, sampai legal officer.

5. Jurusan Jurnalistik

Ilustrasi wartawan melakukan wawancara | Foto: Pexels

Di jurusan ini tentunya kamu akan mempelajari soal ilmu jurnalistik secara lebih mendalam. Jurusan jurnalistik juga akan membedah satu-satu mengenai berbagai jenis jurnalisme, seperti jurnalisme olahraga, entertainment journalism, reporting on science and technology, dan lainnya.

Tentunya, menjadi seorang calon jurnalis mengharuskan kamu memiliki kemampuan memahami informasi mulai dari level kata hingga konteks atau diskursus. Kamu juga harus memiliki perspektif yang luas mengenai suatu fenomena. Kedua hal dasar tersebut tentunya membutuhkan minat membaca.

Prospek kerja yang ada juga tidak hanya menjadi seorang reporter ataupun news anchor saja. Lulusan jurusan jurnalistik juga bisa menempuh karier di lembaga pemerintahan, seperti Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), dan Lembaga Sensor Film (LSF).

Itu tadi beberapa jurusan yang cocok untuk kamu dengan memiliki hobi membaca. Kalau kamu mau ambil jurusan yang mana, nih, Goodmates? 

Referensi: Kaldera news | Rencanamu | Okezone