Kabar Gembira! 3 Program Studi Universitas Jember Raih Akreditasi Internasional
Ilustrasi│Vasily Koloda/Unsplash

Kabar gembira dari salah satu universitas yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Tiga program studi Universitas Jember baru saja meraih akreditasi internasional. Tiga program studi yang mendapatkan akreditasi internasional ini adalah program Studi Agribisnis, Program Studi Agroteknologi dari Fakultas Pertanian, dan Program Studi Pendidikan Biologi dari Fakultas Ilmu Pendidikan.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna dalam pidatonya di acara wisuda periode II tahun akademik 2021/2022.  Acara tersebut digelar secara luring terbatas di auditorium Universitas Jember, pada Sabtu, 18 Desember 2021 lalu.

Akreditasi internasional ini diberikan oleh lembaga akreditasi asal Jerman, Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik atau disingkat ASIIN. ASIIN sendiri adalah lembaga akreditasi internasional yang memberikan akreditasi di bidang ilmu rekayasa, sains, pertanian, biologi, dan matematika. 

Iwan Taruna, dalam pidatonya menyampaikan bahwa keberhasilan mendapatkan akreditasi internasional ini diharapkan dapat menginspirasi, serta memacu program studi lain untuk meraih prestasi serupa.

Universitas Jember | Foto: mamikos

Dilansir dari web Universitas Jember, Iwan Taruna berpesan kepada semua program studi yang sudah mendapatkan akreditasi A untuk mempertahankan pencapaiannya. Kemudian, memulai langkah untuk mendapatkan akreditasi internasional. Dalam pidatonya, Iwan Taruna menyampaikan bahwa Universitas Jember akan berusaha untuk mendapatkan akreditasi internasional di setiap tahunnya.

“Adanya akreditasi internasional akan menambah rekognisi bagi lulusan kita”, pesan Iwan Taruna.

Pada acara wisuda tersebut, Iwan Taruna berpesan kepada para wisudawan untuk tetap kuat dan pantang menyerah dalam menghadapi situasi pandemi yang masih belum membaik hingga saat ini. Pada acara wisuda periode II tahun akademik 2021/2022 tersebut, Iwan Taruna mewisuda sejumlah 899 lulusan Universitas Jember. 

Pada wisuda periode II tahun akademik 2021/2022 tersebut, Dita Wulan Lestari, SP., dari program studi agribisnis meraih IPK tertinggi pada jenjang sarjana dengan IPK 3,97. Kemudian dari jenjang diploma, Desy Anggraini, AMd.Kep., dari Program Studi Diploma Keperawatan meraih IPK tertinggi dengan IPK 3,90. Capaian tiga program studi dari Universitas Jember ini menambah daftar banyaknya program studi terakreditasi internasional yang ada di Indonesia. 

Selain Universitas Jember, sudah banyak kampus di Indonesia yang mendapatkan akreditasi internasional terlebih dahulu. Di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan masih banyak lagi kampus di Indonesia yang memiliki program studi terakreditasi internasional.

Kabar baik ini tidak hanya memacu semangat para sivitas akademika dari Universitas Jember saja, tapi juga memacu sivitas akademika dari kampus-kampus lain untuk meraih pencapaian.

Referensi: UnejKabarjatimKompas