5 Kafe Unik Berikan Nuansa Liburan di Pantai
Kafe dengan konsep pantai | Foto: Marriot

Suka berburu kafe unik dengan konsep menarik? Kafe-kafe berikut cocok untuk kamu singgahi. Berbeda dari yang lain, kafe ini mengusung konsep pantai sehingga membuat pengunjung berasa sedang liburan.

Pantai memang menjadi tujuan wisata favorit banyak orang. Selain bisa menikmati deburan ombak dan pemandangan laut, pantai punya banyak destinasi wisata menarik. Sayangnya, tidak semua orang tinggal di daerah yang berdekatan dengan pantai.

Beberapa orang bahkan harus membuat perencanaan jauh-jauh hari jika ingin berkunjung ke pantai. Jika kamu seseorang yang tinggal di tengah-tengah perkotaan dan ingin sejenak merasakan suasana pantai, beberapa rekomendasi kafe dengan konsep pantai ini dapat memenuhi keinginan tersebut.

1. Trouit Cafe, Bandung

salah satu kafe dengan konsep pantai di Trourit Cafe, Bandung | Foto: Trouit
Salah satu kafe dengan konsep pantai di Trourit Cafe, Bandung | Foto: Trouit

Kota Bandung terkenal memiliki suasana sejuk dan wisata kulinernya yang banyak jadi favorit masyarakat. Namun, meski memiliki banyak destinasi wisata alamnya, salah satu sudut di Kota Bandung justru menyimpan ‘pantai’.

Lebih tepatnya Trouit Cafe Bandung dengan mengusung konsep pantai. Dengan hamparan pasir putih, bangku dan kursi yang terbuat dari kayu, serta pepohonan berhasil menciptakan suasana ala beach club di Bali. Melalui dekorasinya, kafe ini juga memberikan kesan ramah lingkungan.

Baca juga: Sayangi Bumi, Intip Kafe dengan Konsep Ramah Lingkungan

Kafe ini cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Terdapat banyak spot foto yang instagramable yang bisa kamu manfaatkan untuk mengabadikan momen selama di sana.

Makanan dan minuman yang ada juga bervariasi. Kamu dapat memesan berbagai macam pilihan minuman yang memberikan kesan tropical vibes, agar semakin menambah kesegaran.

2. Sun Date Moon, Bandung

salah satu kafe dengan konsep pantai di Sun Date Moon Cafe, Bandung | Foto: Instagram @duniakulinerbdg/IDNWisata
salah satu kafe dengan konsep pantai di Sun Date Moon Cafe, Bandung | Foto: Instagram @duniakulinerbdg/IDNWisata

Masih di daerah Kota Bandung, terdapat Sun Date Moon yang tak kalah aesthetic dan instagramable. Sama-sama mengusung tema pantai, kafe ini juga lengkap dengan hamparan pasir putih dan pepohonan.

Menariknya lagi, terdapat sebuah sudut kolam kecil serupa air laut bersanding dengan hamparan pasir. Menjadikan kesan berlibur di ‘pantai' terasa semakin nyata.

Sun Date Moon terdiri dari dua lantai dan memiliki area outdoor serta semi-outdoor. Jika kamu khawatir terkena sinar matahari langsung atau berteduh dari hujan, tenang saja karena Sun Date Moon menyediakan area tempat duduk lengkap dengan atap.

Baca juga: Cocok untuk Bersantai, Ketahui 3 Kafe Semi-Outdoor di Bandung

Nama kafe ini memiliki makna yang berhubungan dengan konsep desain interiornya. Mengutip penjelasan dari Instagram @sundatemoon.bdg, Sun mewakili Middle East sedangkan Moon mewakili Greek. Keduanya menyatu oleh samudera yang membuat tempat ini terasa seperti pesisir pantai Eropa.

Salah satu spot lainnya yang tak kalah menarik adalah area masuk. Ada patung jari-jari telapak tangan, serta patung seperti sesosok wanita yang menyilangkan tangan mengenakan kacamata besar.

3. Hey! Beach, Tangerang

kafe dengan konsep pantai di Hey! Beach, Tangerang | Foto: Instagram @infotangerang.id/brisik.id
kafe dengan konsep pantai di Hey! Beach, Tangerang | Foto: Instagram @deeasari/IDNTimes

Dari Kota Bandung kita singgah ke Tangerang. Sesuai namanya, Hey! Beach sama-sama mengusung konsep pantai untuk kafenya. Mirip seperti kedua kafe sebelumnya, Hey! Beach juga menghadirkan hamparan pasir putih di seluruh bagian bawah kafe.

Desain interiornya terhias oleh ornamen bertema pantai seperti jerami-jerami dan kursi juga meja yang terbuat dari kayu. Untuk semakin menghidupkan nuansa ala pantai di Bali, Hey! Beach juga menawarkan berbagai macam jenis masakan laut (seafood), seperti lobster, kepiting, dan calamari.

Baca juga: Selain Pantai Kuta, Nusa Penida juga Punya Pantai yang Indah

Selain itu, juga terdapat makanan khas Bali, seperti nasi ayam betutu. Jangan lupakan berbagai macam minumannya yang manis dan menyegarkan agar semakin melengkapi pengalamanmu berlibur ke ‘pantai’.

Saat ini, Hey! Beach memiliki 3 cabang. Di antaranya ada Hey! Beach cabang Pluit, Jakarta Utara, Alam Sutera di Tangerang, serta yang terbaru berada di Muara Karang.

4. Ciater Beach, Tangerang

kafe dengan konsep pantai di Ciater Beach, Tangerang | Foto: Instagram @infotangerang.id/brisik.id
kafe dengan konsep pantai di Ciater Beach, Tangerang | Foto: Instagram @infotangerang.id/brisik.id

Sama-sama berada di Tangerang, suasana di Ciater Beach tak kalah ciamik dengan ketiga kafe lainnya. Kafe yang baru buka pada November 2021 lalu ini juga memanfaatkan hamparan pasir putih untuk membangun vibes ala pantai di Bali.

Desain interiornya lengkap dengan pepohonan kelapa, bangunan dengan atap jerami, papan selancar, kursi santai, bahkan payung dengan motif kotak hitam-putih. Menu yang ada juga ala pantai, seperti crispy crabs, mojito peach, hingga rujak. Cocok untuk memberikan sensasi yang menyegarkan persis seperti sedang berlibur di pantai.

Referensi: Liburan Yuk Media Indonesia | Kompas