Menakjubkan! Para Peneliti Ciptakan Kamera Seukuran Butiran Garam
Kamera kecil berukuran sebutir garam | Foto: Uniersity of Princeton/Kumparan

Teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Terlebih kala pandemi, banyak orang yang bergantung dengan teknologi untuk melakukan aktivitasnya. Seiring kemajuan zaman, kini hadir sebuah kamera super canggih. Salah satunya ada kamera berukuran kecil seperti butiran garam.

Seperti yang kita ketahui, kamera berguna untuk mengambil foto atau merekam video. Alat satu ini umumnya lengkap dengan lensa. Melalui sebuah penelitian, para peneliti berhasil menciptakan kamera seukuran sebutir garam degan fungsi yang sama. 

Cara Kerja Kamera Seukuran Garam

ilustrasi hasil gambar dari kamera kecil berukuran sebutir garam | Foto:  Universitas Princeton/Reportase News
Hasil gambar dari kamera kecil berukuran sebutir garam | Foto: Universitas Princeton/Reportase News

Awalnya, para peneliti dari Princeton University dan University of Washington melakukan riset. Meski ukurannya begitu kecil seperti satu butir garam, tetapi kemampuan yang ada pada kamera ini cukup mengagumkan.

Mengutip indozone, kamera dapat bekerja layaknya sensor kamera. Teknologi yang ada pada kamera dapat menerima cahaya yang membuatnya mampu mengambil gambar. Meski awalnya gambar yang tertangkap tidak memiliki ukuran yang bagus, hal ini teratasi dengan bantuan teknologi AI (Artificial Intelligence).

Baca juga: Hal Penting Saat Simpan Kamera Supaya Awet

Penelitian pun terus berlanjut. Para peneliti berusaha untuk menambah kualitas dari teknologi kamera kecil berukuran sebutir garam ini. Mereka menggunakan sebuah elemen yang bernama metasurface, sebagai film tipis yang mampu membiaskan cahaya ke arah yang sesuai.

Dengan menghadirkan desain tubes yang inovatif beserta algoritma pemrosesan sinyal yang baik, metasurface mampu menangkap foto lengkap dengan warna yang cukup akurat. Tentu saja berbeda dengan kamera biasa yang pada umumnya menggunakan lensa kaca melengkung atau plastik. Kamera ini mengandalkan teknologi metasurface inovatif dengan lebar setengah milimeter serupa chip komputer.

Kamera satu ini memiliki 1,6 juta pos miskroskopis yang berfungsi seperti antena optik. Setiap pos memiliki geometri uniknya masing-masing. Algoritma pembelajaran mesin kemudian menggunakan interaksi gabungan pos dengan cahaya, yang berguna membuat gambar berkualitas tinggi.

Baca juga: Kenali Deretan Komunitas Fotografi Berbasis Kamera Ponsel

Seperti penjelasan oleh blackxperience, gambar yang ada bahkan jauh lebih tajam daripada dengan sensor kecil lainnya. Pada pengujian tersebut, tim menunjukkan sensor baru menangkap gambar berukuran 720 x 820 piksel dalam warna penuh.

Kamera menangkap panjang gelombang antara 400 dan 700 milimeter dalam cahaya alami dengan resolusi spasial 214 pasang garis per milimeter. Bidang pandangnya mencapai 40 derajat dengan aperture dua. Menurut para peneliti, bidikan ini setara dengan bidikan yang tertangkap oleh lensa kamera majemuk konvensional.

Fungsi Kamera Seukuran Butir Garam

Hasil jepretan kamera super kecil | Foto: University of Princeton

Kamera ini menggunakan bahan silicon nitrat untuk membuatnya. Untuk menemukan bahan silicon nitrat sendiri tidak terlalu sulit. Dengan begitu, kamera dapat terproduksi secara massal dengan harga yang lebih murah daripada dengan kamera konvensional.

Lalu untuk struktur nano, permukaannya dapat terproduksi menggunakan litografi ultraviolet dalam. Teknik tersebut sudah pernah ada untuk membuat semikonduktor.

Baca juga: Nostalgia Deretan Aturan Kocak Game Winning Eleven

Tujuan hadirnya kamera dengan ukuran yang sangat kecil menyerupai sebutir garam ini untuk membantu kebutuhan medis seperti robot. Nantinya, kamera tersebut mampu memantau bagian organ dalam manusia ketika melakukan diagnosa penyakit atau perawatan yang sedang berjalan.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamera ini bisa bermanfaat untuk melapisi permukaan apapun. Misalnya saja dengan kamera ini, kamu tidak lagi memerlukan tiga kamera di belakang ponsel.

Cukup menggunakan ribuan sensor yang melapisi belakang ponsel, kamu akan memiliki satu kamera raksasa dengan resolusi yang tinggi. Sebenarnya, kamera seukuran butir garam ini bisa memiliki banyak fungsi. Apakah Goodmats tertarik untuk mencobanya?

Referensi: Indozone | Daily Spin | Bisnis | Blackxperience.com