Deretan Kampus yang Menerima Mahasiswa Baru Jalur Hafiz Qur'an
Illustrasi kampus dengan jalur masuk Hafidz Quran | Foto: Unsplash

Pernahkah Goodmates membayangkan masuk perguruan tinggi melalui jalur Hafiz Qur'an? Faktanya, ada beberapa kampus di Indonesia, baik negeri maupun swasta yang memberikan kesempatan tersebut. Jika ingin masuk jalur ini, tentu ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi.

Persaingan masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta tidak pernah gagal menarik perhatian, khususnya bagi kamu yang akan melajurkan studi ke perguruan tinggi. Ketatnya proses masuk kampus membuat seluruh calon mahasiswa berusaha dan bersaing dengan orang lain.

Kemungkinan terburuknya, sebagian dari kamu yang sudah berjuang harus gagal dan menunda mimpi masuk ke perguruan tinggi impian. Di beberapa kampus, ada beberapa jalur masuk, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, hingga mandiri.

Akan tetapi, di tahun 2021 lalu ada kampus yang memberikan kesempatan masuk melalui jalur Hafiz Qur'an. Penasaran kampus mana saja? Berikut daftarnya!

1. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia | Foto: republika.co.id

Pertama ada Universitas Islam Indonesia. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1947 ini membuka jalur seleksi Penelusuran Hafiz Qur'an atau PHA. Seleksi PHA ini untuk siswa yang mampu menghafal Al-Qur'an minimal 10 juz.

Baca juga: Prodi Ilmu Perpustakaan: Sepi Peminat, Banyak Prospek Kerja

Pada 2021, Universitas Islam Indonesia membuka jalur masuk ini dengan persyaratan lulusan SMA/SMK/MA sederajat, kecuali lulusan pondok pesantren. Bagi lulusan pondok pesantren, boleh mendaftar PHA jika sudah mengikuti program pengabdian di pondok pesantren.

Bagi calon mahasiswa yang sudah berhasil lolos seleksi PHA, bukan berarti otomatis mendapat beasiswa Hafiz Al-Qur'an, melainkan ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga | Foto: akupintar.id

Selanjutnya ada Universitas Airlangga yang juga menjadi salah satu kampus memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk masuk melalui jalur Hafiz Qur'an. Kampus yang terletak di Surabaya ini memberikan kesempatan itu dalam jalur prestasi luar biasa SNMPTN.

Pendaftar boleh berasal dari SMA sederajat, baik yang berbasis agama maupun tidak. Uniknya, penerima jalur ini tidak ada batas tertentu dari pihak UNAIR, melainkan sesuai keputusan dan kebutuhan dari masing-masing fakultas.

Baca juga: 5 Kampus Swasta Indonesia yang Menyediakan Kelas Internasional

3. Universitas Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember | Foto: kompas.com

Kampus yang juga terletak di Surabaya ini membuka kesempatan masuk melalui jalur Hafiz Qur'an. Ya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember memberikan kesempatan itu melalui jalur prestasi kategori Tahfiz Al-Qur'an, SNMPTN, dan Mandiri.

Terkhusus jalur mandiri, pihak ITS biasanya mengenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi atau SPI. Kamu perlu menyertai sertifikat Tahfiz untuk bisa mendaftar melalui jalur ini. Jika bingung, kamu bisa langsung mengunjungi website kampus.

Baca juga: Ragam Organisasi Islam di Kampus yang Bisa Kamu Ikuti

4. Universitas Andalas

Universitas Andalas | Foto: katasumbar.com

Terakhir ada Universitas Andalas yang terletak di Kota Padang. Kampus ini tidak hanya membuka jalur mandiri berdasarkan kemampuan akademik, melainkan juga memberikan kesempatan masuk jalur mandiri dengan kategori SMBPU.

SMBPU adalah singkatan dari Seleksi Mandiri Berdasarkan Prestasi Unggul. Melalui seleksi, universitas akan mencari calon mahasiswa dari beragam minat dan bakat dengan memperhatikan kemampuan akademiknya.

Salah satu prestasi yang bisa masuk melalui jalur ini adalah prestasi di bidang keagamaan, seperti Hafiz Qur'an minimal 10 juz.

Nah, itulah beberapa kampus negeri maupun swasta di Indonesia yang memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi melalui prestasi Hafiz Qur'an. Selain kampus di atas, sebenarnya masih ada beberapa kampus lain yang memberikan kesempatan sama.

Meski berbeda dari jalur lainnya, tetapi hal itu bisa menjadi kesempatan untuk kamu. Bahkan, prestasi di bidang agama mampu memberikan kesempatan yang bagus dalam berbagai hal, termasuk kesempatan masuk perguruan tinggi.

Referensi: Tempo | Campusnesia