Menilik Sejarah dan Fakta 4 Kampus Tertua di Dunia
Illustrasi kampus tertua di dunia | Foto: Unsplash

Ada banyak kampus kenamaan di dunia dan sudah berdiri sejak lama. Sebagian di antaranya bahkan sangat tua melebihi perkiraan kita sekarang. Uniknya, kampus-kampus tersebut masih eksis hingga saat ini, bahkan menjadi salah satu kampus atau perguruan tinggi terbaik di dunia.

Seperti yang semua orang ketahui, masuk perguruan tinggi kenamaan menjadi mimpi sebagian besar lulusan SMA. Mereka berlomba-lomba untuk bisa masuk dan menempuh pendidikan di kampus favorit.

Namun di balik itu, terdapat sejarah dan fakta-fakta kampus-kampus tertua di dunia. Hal ini menjadi menarik mengingat tak banyak orang peka akan sejarah perkembangan kampus-kampus di dunia. Sebagian orang hanya berfokus pada nama besar dari kampus tersebut.

Oleh karena itu, berikut sejarah hingga fakta-fakta di balik 5 kampus tertua di dunia yang sayang jika kamu lewatkan.

1. Universitas Al Karaouine, Maroko (859 M)

Universitas Al Karauouine, Maroko | Foto: Liputan6.com

Pertama ada Universitas Al Karaouine, perguruan tinggi yang banyak orang mengakui sebagai kampus tertua di dunia. Universitas yang juga memiliki sebutan Al Quaraouiyine ini berdiri pada 859 Masehi di Kota Fez, Maroko.

Pada awalnya, kampus ini berdiri untuk kepentingan dan pengembangan ilmu alam. Akan tetapi pada 1957, mulai banyak perkembangan di jurusan-jurusan lain, seperti matematika hingga bahasa asing yang banyak orang memintainya.

Kampus ini juga menerima penghargaan Guinness Book of World Records sebagai perguruan tinggi negeri tertua dan masih beroperasi di dunia saat ini.

Baca juga: Unik! Kampus Luar Negeri Berikut Pernah Adakan Buka Puasa Bersama

2. Universitas Al Azhar, Mesir (970 M)

Universitas Al Azhar, Mesir | Foto: mediapakuan.pikiran-rakyat.com

Siapa tak tahu universitas ini? Universitas Al Azhar adalah perguruan tinggi yang terletak di Mesir. Awalnya, kampus ini merupakan pusat belajar nilai-nilai agama dan ilmu islam. Selain itu, kampus ini juga beroperasi sebagai madrasah sehingga menjadi ruang belajar agama.

Akan tetapi, seiring perkembangan waktu, Universitas Al Azhar mulai mengaplikasikan kurikulum modern dengan memberikan beragam mata ajar, mulai dari bisnis, ekonomi, sains, hingga teknik. Pada dasarnya, kampus ini sudah berdiri sejak 970 Masehi dan mulai banyak masyarakat akui pada 1961.

Baca juga: Dunia Butuh Orang Bermental Kuat, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Memilikinya

3. Universitas Bologna, Italia (1088 M)

Universitas Bologna, Italia | Foto: rencanamu.id

Ketiga ada Universitas Bologna sebagai salah satu perguruan tinggi kenamaan di dunia, khususnya di Eropa. Bahkan, perguruan tinggi yang terletak di Italia ini adalah universitas pertama berdiri di kawasan Eropa, tepatnya antara abad 12 hingga 13.

Tak heran, banyak pelajar dari penjuru Eropa yang menempuh pendidikan di kampus ini. Ilmu Sipil dan Hukum adalah jurusan yang paling populer. Saat ini, Universitas Bologna, Italia menerima kurang lebih 84.000 mahasiswa yang mengambil beragam jurusan.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Si Hobi Membaca

4. Universitas Oxford, Inggris (1096 M)

Universitas Oxford, Inggris | Foto: kreditpintar.com

Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Oxford. Ya, salah satu kampus paling terkenal di dunia ini adalah salah satu kampus tertua di dunia. Kampus ini sudah berdiri sejak 1096 Masehi dan masih eksis hingga saat ini.

Awalnya, proses pembelajaran berlangsung di kelas-kelas yang memanfaatkan gereja dan aula yang mereka sewa. Hingga pada akhirnya, Raja Henry II melarang warganya belajar di Prancis membuat Universitas Oxford menjadi berkembang pesat.

Lulusan kampus ini juga bukan orang biasa, ada banyak tokoh-tokoh yang lahir setelah menempuh pendidikan di kampus ini. Sebut saja C.S Lewis dan Oscar Wide.

Nah, itu tadi kampus-kampus tertua di dunia yang masih eksis hingga saat ini. Di balik sejarah yang panjang, ada fakta dan cerita yang melekat pada setiap kampus. Bertahannya kampus-kampus tersebut menandakan ilmu pengetahuan yang juga tidak ada habisnya.