Kamu Pencinta Korea? Yuk, Intip Beasiswa ke Korea!
Beasiswa ke Korea Selatan. | Sumber: Daniel Bernard/Unsplash

Mulai dari musiknya yang ear catchy, kumpulan drama dan filmnya yang tak kalah seru, street food-nya yang menggoda, serta gaya fesyennnya yang menarik, membahas mengenai Korea memang gak ada habisnya.

Apakah Kawan salah satu penggemar berbagai hal tentang Korea? Berbicara mengenai Korea, berikut ini terdapat beasiswa ke Korea Selatan yang dapat Kawan coba lo. Kapan lagi dapat berkesempatan mengunjungi Korea Selatan secara gratis dan mendapatkan banyak keuntungan?

Seperti belajar bahasa Korea, mengunjungi tempat wisata di Korea Selatan atau mungkin malah mengunjungi salah satu lokasi syuting drama Korea? Sstt.. kira-kira bisa bertemu dengan Oppa Korea juga gak ya?

Global Korea Scholarship (GKS) Program

Ilustrasi Korea Selatan. | Sumber: Bundo Kim/Unsplash
Ilustrasi Korea Selatan. | Sumber: Bundo Kim/Unsplash

Beasiswa penuh ini diselenggarakan oleh pemerintah Korea Selatan. Mengutip dari IND Beasiswa, dulunya juga dikenal dengan sebutan Korean Government Scholarship Program. Global Korea Scholarship diperuntukan untuk Kawan yang baru saja lulus dari SMA atau sederajat nih dan ingin melanjutkan kuliah pada jenjang pendidikan S1 di Korea Selatan.

Pendaftarannya sendiri dibagi menjadi dua jalur, yaitu jalur universitas (university track) dan jalur Kedutaan Besar Korea di Jakarta (embassy track). Nantinya beasiswa ini akan mencakup biaya perkuliahan, tiket pesawat pulang-pergi Indonesia-Korea, tunjangan hidup setiap bulannya, gratis training bahasa Korea selama 1 tahun sebelum perkuliahan, dan asuransi kesehatan setiap semester.

Pada tahun 2022, kuota beasiswa yang dibuka untuk jalur university track sebanyak 3 orang, sedangkan pada jalur embassy track dibuka untuk 5 orang. Beasiswa ini juga rutin dibuka setiap tahun, sehingga Kawan yang masih berada di bangku SMA baik kelas 10 maupun 11 dapat mulai mempersiapkan diri lo apabila tertarik berkuliah di Korea Selatan.

Beasiswa Korea National University of Arts (K’ARTS)

ilustrasi mahasiswa kesenian. | Sumber: Rahul Jain/Unsplash
ilustrasi mahasiswa kesenian. | Sumber: Rahul Jain/Unsplash

Kawan memiliki minat dan bakat pada bidang kesenian? Buat Kawan yang mengaku mempunyai jiwa kesenian yang tinggi, mungkin program Art Major Asian (AMA) adalah beasiswa yang tepat untukmu. Beasiswa ini dibuka untuk jenjang pendidikan S1 dan S2.

Universitas seni terkemuka di Korea Selatan ini menawarkan beberapa program studi, di antaranya Vocal Music, Instrumental Music, Composition, Conducting, Acting, Directing, Stage Design, Theatre Studies, Film Making, Broadcasting, Multimedia, dan masih banyak lagi! Cakupan beasiswanya juga memfasilitasi berbagai hal seperti biaya perkuliahan, tiket pesawat pulang-pergi, tunjangan bulanan, gratis pelatihan bahasa Korea, dan asuransi kesehatan.

Beasiswa Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

ilustrasi mahasiswa di bidang engineering. | Sumber:  Glenn Carstens-Peters/Unsplash
ilustrasi mahasiswa di bidang engineering. | Sumber: Glenn Carstens-Peters/Unsplash

Apabila Kawan lebih menyukai teknologi dan sains dibandingkan kesenian, mungkin beasiswa yang satu ini cocok untuk Kawan. Mengutip dari Kompas, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) berdiri sebagai universitas riset pertama di Korea. KAIST membuka program International Student Scholarship untuk Kawan yang merupakan lulusan SMA/Sederajat dan ingin melanjutkan kuliah pada jenjang pendidikan S1.

Beberapa program studi yang ditawarkan oleh KAIST di antaranya pada bidang bisnis, Engineering, Life Science & Bioengineering, dan Natural Sciences. Beasiswa oleh KAIST mencakup biaya perkuliahan, tunjangan hidup per bulan, dan asuransi kesehatan nasional.

Referensi: Kompas | IND Beasiswa | Kompas | IND Beasiswa