Intip Rekomendasi Kanal Youtube Belajar Excel Gratis
YouTube I Foto: Unsplash

#FutureSkillGNFI

Goodmates pasti sudah tidak asing lagi dengan Excel. Excel yang merupakan bagian dari Microsoft Office ini, identik dengan pengolahan angka dan data. Terutama untuk Goodmates yang ingin membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa dan meringkas data. Sehingga, skill Excel merupakan salahsatu poin penting ketika melamar pekerjaan. Dilansir dari leapsurabaya, pekerjaan yang membutuhkan skill Excel yaitu :

  1. Bidang admin, terkait merapikan data stok barang masuk dan keluar untuk memberikan pandangan kira-kira barang mana yang memiliki potensi besar dalam penjualan.
  2. Bidang keuangan, terkait pencatatan transaksi, melakukan pembayaran, mengelola pemasukan, pengeluaran serta arus kas.
  3. Bidang personalia, terkait database karyawan, penghitungan absensi dan pencatatan slip gaji.
Ilustrasi I Foto: Unsplash

Dari ketiga bidang pekerjaan tersebut, ternyata ada beberapa keahlian dasar Excel yang harus dikuasai. Dilansir dari The Balance Careers, ada tiga keahlian yang harus dikuasai dalam aplikasi Excel:

  1. Pivot table, yang berkaitan dengan mengelola, mengurutkan dan menganalisis data.
  2. Rumus formula, dimulai dari yang sederhana termasuk VLOOKUP.
  3. Memperindah visual data, dengan berbagai format agar mudah dibaca
Ilustrasi I Foto: Unsplash

Dengan banyaknya kegunaan Excel, rumus yang dimasukkan juga beragam serta pentingnya dalam meniti karir. Kita yang awam akan Excel, sering bingung, belajar lewat mana ya? Mulai darimana belajarnya? Atau mungkin apakah harus mengeluarkan uang lebih untuk belajar? Jangan khawatir Goodmates! Kali ini Goodmates bisa belajar Excel gratis lewat YouTube lho! Berikut 5 rekomendasi kanal YouTube belajar Excel.

  1. Ignasius Ryan
Kanal YouTube Ignasius Ryan I Foto: Ignasius Ryan/YouTube

Dengan slogan “Buat Kerjaan Jadi Gampang.” Berbagai konten belajar Excel, mulai dari dasar hingga beberapa rumus yang berkaitan dengan pekerjaan dibahas tuntas disini. Serta dilengkapi dengan soal latihan dan e-book yang membuat GoodMates makin semangat belajar Excel. Selain itu, Ignasius juga membahas mengenai karir dan keuangan juga lho! Jangkauan pembelajaran Ignasius tidak hanya di youtube saja, GoodMates dapat menemukan Ignasius di instagram, tiktok dan telegram.

  1. Belajar Excel/Excelsense
Kanal YouTube Belajar Excel I Foto: Belajar Excel/YouTube

Sesuai dengan deskripsi kanal ini, “If We Could Help Thousand People, Why Just Dozens?” Belajar Excel membantu banyak orang dengan berbagai tips dan trik dalam menggunakan aplikasi Excel. Tak hanya itu, Belajar Excel juga mengadakan webinar juga lho! GoodMates bisa menemukan Belajar Excel di instagram dan telegram.

  1. Jendela Tutorial
Kanal YouTube Jendela Tutorial I Foto: Jendela Tutorial/YouTube

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, rasanya cocok untuk menggambarkan kanal ini. Dengan slogan “Kursus Komputer Online Terbaik.” Jendela Tutorial tidak hanya membahas Excel baik secara tutorial maupun pembahasan tes kerja saja, melainkan berbagai produk Microsoft juga dibahas disini, mulai dari Word, PowerPoint, Outlook dan OneNote. Jendela Tutorial juga tersedia di facebook, blogspot dan instagram.

  1. Komputer Mendoan
Kanal YouTube Komputer Mendoan I Foto: Komputer Mendoan/YouTube

Meskipun berfokus mengenai tutorial pengoperasian komputer dan android, pembahasan excel di kanal ini juga mendalam lho! Komputer Mendoan juga membahas berbagai tips memaksimalkan fungsi android layaknya laptop dan editing baik grafis maupun video.

  1. Isnaini Panglima
Kanal YouTube Isnaini Panglima I Foto: Isnaini Panglima/YouTube

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.” Kanal ini sangat bermanfaat untuk GoodMates yang mau belajar Excel. Dengan mengumpulkan lebih dari 24 juta viewers sejak tahun 2017, Isnaini tidak hanya membahas Excel saja, akan tetapi juga membahas pengoperasian laptop, Windows, Word, crypto serta yang tak kalah menarik yaitu prank aplikasi.

Nah, itulah 5 kanal youtube jago Excel yang bisa Goodmates akses secara gratis. Belajar Excel tidak bisa sekali dua kali saja. Akan tetapi berulang-ulang agar selalu ingat. Teori dan praktik harus berdampingan agar semakin terampil. Yuk coba ditonton dan tingkatkan kemampuan Excelmu!

Referensi: Kelasexcel I Thebalancecareers I Leapsurabaya

do what you love, love what you do <3