Karang Potong Ocean View, Wisata Baru Cianjur yang Viral di  Tiktok
Pemandangan Pantai Karang Potong dari atas | Instagram/@karangpotongoceanview

Ingin merasakan liburan ke pantai dengan pemandangan indah ala-ala Santorini? Kawan tidak perlu jauh-jauh pergi ke Yunani, lho. Berlokasi di Cianjur Selatan, destinasi wisata yang belum genap satu tahun ini menawarkan pengalaman yang tidak kalah menarik.

Belum banyak diketahui masyarakat, berbagai pesona objek wisata di Cianjur memang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu wisata yang belakangan ini ramai di Tiktok adalah Karang Potong Ocean View. 

Berlokasi di Saganten, Sindangbarang, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Karang Potong Ocean View menjadi ramai dibicarakan di media sosial karena keindahannya. 

Tak hanya seperti Santorini, wisata satu ini disebut-sebut juga mirip dengan suasana Pulau Bali. Beberapa waktu lalu, Karang Potong Ocean View sempat ditutup untuk pembangunan. Namun sejak pertengahan Oktober, destinasi ini kembali dibuka dan siap untuk dikunjungi orang umum.

Apa saja Pesona Karang Potong Ocean View?

Spot foto jaring | Instagram/@karangpotongoceanview
Spot foto jaring | Instagram/@karangpotongoceanview

Pantai Karang Potong menyediakan berbagai spot-spot menarik bagi pengunjung, dengan pemandangan alam yang langsung menghadap pantai. Hamparan laut biru jernih yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia juga menjadi salah satu daya tarik utama. 

Meski tidak diperbolehkan untuk bermain langsung di pinggir pantai karena ombak yang besar, terutama saat pasang, pengunjung bisa dipuaskan dengan berbagai spot estetik untuk foto-foto cantik. Beberapa spot yang menjadi favorit pengunjung di antaranya seperti Candy Tone Neon Flex, gerbang Torii Jepang, balon udara, bangunan ala-ala Colloseum Roma, saung unik, spot jaring, dan lain-lain. 

Setelah puas berfoto, Kawan dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam menjelang petang. Biasanya, sambil duduk-duduk santai menikmati deburan ombak atau hidangan dari restoran di atas tebing. Wah, sangat romantis ya suasananya?

Bagaimana fasilitas dan penginapan yang tersedia?

Wisata Karang Potong Ocean View | Instagram/@karangpotongoceanview
Wisata Karang Potong Ocean View | Instagram/@karangpotongoceanview

Selain pesona pemandangan yang menyegarkan mata, pengunjung tidak perlu khawatir karena fasilitas pendukung yang tersedia juga sangat lengkap. Seperti wifi, mushola, area parkir yang luas, toilet umum, taman, restoran, arena bermain anak, dan glam camp

Jadi, bagi pengunjung yang sudah puas berkeliling, bisa langsung beristirahat dan menikmati berbagai makanan ringan yang tersedia di tenant khusus. Protokol kesehatan diterapkan dengan cukup ketat di tempat ini, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan dengan nyaman dan aman. 

Meski pengelola belum menyediakan penginapan khusus, ada beragam pilihan tempat menginap yang disediakan oleh penduduk sekitar. Misalnya Penginapan Alviena yang berlokasi di Desa Saganten, memiliki fasilitas seperti AC, TV, dan lain-lain seharga Rp250.000 per malam.

PAda juga Penginapan Srikandi di perbatasan Cidaun dan Sindangbarang, Desa Sukapura. Penginapan ini juga memiliki fasilitas kamar lengkap dengan pemandangan langsung menghadap laut, harganya berkisar dari Rp150.000-Rp900.000. Jarak kedua penginapan ini cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar 6-10 menit dari Pantai Karang Potong. 

Harga tiket masuk, jam buka, dan lokasi

Pantai Karang Potong buka sampai malam hari | Instagram/@karangpotongoceanview
Pantai Karang Potong buka sampai malam hari | Instagram/@karangpotongoceanview

Jika berminat mengunjungi Karang Potong Ocean View, Kawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 di hari biasa dan Rp20.000 saat akhir pekan. Khusus anak-anak yang ingin bermain di wahana anak, ada tambahan biaya Rp30.000. Lalu, untuk parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi adalah Rp5.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat. Cukup terjangkau, bukan?

Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 09.000 WIB sampai 21.00 WIB. Namun, sebaiknya Kawan mengunjungi Karang Potong Ocean View di antara pukul empat hingga enam sore saat matahari tidak begitu terik, udaranya juga lebih sejuk. 

Karang Potong Ocean View berada di Desa Mekarlaksana, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Untuk menempuh lokasi objek wisata ini, pengunjung bisa menempuh jarak 115 km dari Cianjur Kota, dengan waktu kurang lebih 4 jam.

Bagi yang berangkat dari daerah Bandung, sebaiknya memilih jalan Ciwidey, Naringgul, sampai ke Sindangbarang. Lalu dari arah Garut bisa mengambil selatan Cidaun, dan untuk arah Jakarta sekitar bisa mengambil jalan Cianjur Kota menuju Cianjur Selatan. 

Selain kendaraan pribadi, Kawan bisa menggunakan jasa kendaraan umum. Ada elf jurusan Cianjur-Sindangbarang yang dapat mengantarkan pengunjung dari Terminal Pasir Hayam Cianjur menuju Terminal Sindangbarang. Kisaran harganya Rp20.000-Rp50.000 per orang. 

Meski jalannya cukup jauh, tidak perlu khawatir akan merasa bosan. Pasalnya, Kawan akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan perkebunan teh yang hijau menyegarkan. 

Nah, bagaimana, sudah ada rencana untuk berwisata ke Karang Potong Ocean View belum?

Referensi: Brisik.id | Djava Today