Melihat Kecerdasan Buatan yang Ada Dalam Kehidupan Sehari-hari
Kecerdasan Buatan dalam Kehidupan Sehari-hari | Foto: Pexels

Teknologi yang semakin canggih membuat beragam aktivitas manusia menjadi mudah. Salah satu contonya seberapa sering manusia berinteraksi dengan gadget-nya. Tanpa kita sadari, teknologi kecerdasan buatan sudah ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jika Goodmates berpikir bahwa kecerdasan buatan tidak ada dalam kehidupan sehari-hari, itu salah besar. Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) merupakan sistem komputer mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Artikel ini akan membahas beberapa contoh kecerdasan buatan yang tanpa kita sadar terdapat dalam kehidupan sehari-hari.

1. Asisten Suara Digital

Menggunakan asisten suara digital | Foto: Pexels/Karolina

Biasa kita kenal dengan sebutan asisten virtual cerdas, alat ini adalah perangkat lunak yang berguna untuk melakukan tugas berdasarkan perintah verbal yang dari ucapan. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan pada asisten digital dan menggunakan teknologi ini untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Misalnya memutar lagu atau menelepon seseorang lewat perintah suara, bahkan membantu mencarikan informasi tentang sesuatu. Jika berbicara tentang digital assistant, yang terbayang di benak kita adalah Siri hasil pengembangan oleh Apple dan Google Assistant hasil produk dari Google. Asisten suara digital memang menjadi salah satu kecerdasan buatan yang bermanfaat bagi kehidupan.

Baca juga: Cari Tahu Ragam Jenis Smartphone dan Perbedaannya

2. Membuka Smartphone Menggunakan Face ID

Membuka smartphone dengan Face ID | Foto: Pexels/Karolina

 Mengecek smartphone sudah menjadi rutinitas setelah bangun tidur bagi beberapa orang. Entah untuk mengecek waktu atau notifikasi dari media sosial. Sebagian besar kehidupan digital orang-orang tersimpan di smartphone dan informasi tersebut penting untuk kita lindungi.

Face ID merevolusi pengesahan menggunakan pengenalan wajah. Face ID menyediakan pengesahan secara aman karena adanya sistem kamera modern, dengan teknologi canggih untuk memetakan geometri wajah secara akurat.

Teknologi ini terancang untuk melindungi dari pemalsuan. Face ID dapat mengenali pemilik smartphone saat posisi mata terbuka. Hal ini mempersulit orang yang akan membuka kunci perangkat pemilik tanpa sepengetahuan pemilik (seperti saat tidur).

3. Pemanfaatan E-Commerce

Foto produk untuk e-commerce | Foto: Pexels/Mark Production

Kecerdasan buatan memiliki peran penting terhadap kemajuan bisnis daring. Hal tersebut bisa terlihat ari penerapannya di semua platform e-commerce terkenal. Penggunaan kecerdasan buatan di bisnis daring dapat bermanfaat untuk berbagai hal.

Baca juga: Mengenal Konsep Green Building dan Penerapannya di Indonesia

Salah satunya fitur RFQ (A Request For Quotation) yang akan memberikan pemberitahuan pada konsumen yang sedang mencari suatu barang. Dengan begitu, konsumen mudah dalam menemukan barang. Selanjutnya dalam sistem pembayaran. Pembayaran yang menggunakan QR code, kini sudah banyak kita gunakan dan merupakan hasil dari pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan.

4. Layanan Perbankan

Kartu bank | Foto: Pixabay

Era digital mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan. Bank juga mulai memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Tercermin dari penggunaan online mobile banking dalam negeri yang telah meningkat.

Dengan banyaknya permintaan ini, kita berharap bank juga mampu mengimbangi dengan layanan yang cepat, praktis, biaya murah, dan kemudahan akses di mana pun dan kapan pun.

Baca juga: Terapkan Metode Segitiga Frientimacy Agar Persahabatan Lebih Erat

5. Implementasi Search Engine

Search engine Google | Foto: Pixabay

Saat Goodmates menuliskan kata kunci pada mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, dari kata kunci tersebut dapat mengarahkan ke beberapa referensi tulisan atau konten yang sesuai kata kunci. Di sinilah fungsi AI pada sistem search engine tersebut mempelajari kebiasaan para penggunanya. Kemudian, akan mengarahkan para penggunanya ke berita, tulisan, artikel, atau informasi yang sesuai dengan kebiasaan pengguna tersebut.

Itulah beberapa contoh kecerdasan buatan yang selalu menemani keseharian Goodmates. Tentunya, dengan adanya mesin kecerdasan buatan ini dapat mempermudah aktivitas Goodmates dari mulai bangun tidur sampai menjelang tidur lagi. Bahkan, kehadirannya membuat waktu lebih menjadi efektif dan efisien.