Bosan Saat Libur Semester? Yuk, Pilihlah 12 Kegiatan Positif untuk Mahasiswa Ini!
Ilustrasi | Foto: We Heart It

Hal yang menyenangkan bukan jika seorang mahasiswa mendengar kabar libur telah tiba. Pada semester genap mahasiswa akan mendapatkan libur yang cukup panjang biasanya dalam kurun waktu 2 – 3 bulan lamanya. Selama libur mungkin sebagian mahasiswa ada yang bermalas-malasan, ada yang berdiam dirumah hanya bermain gadget dan scroll social media sampai bosan, ada juga yang pergi berlibur bersama orang tua ataupun teman.

Sebenarnya banyak sekali kegiatan positif yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengisi libur semester, diantaranya:

  1. Kerja part-time

Kegiatan positif yang dapat GoodMates coba adalah kerja part-time. Jangan khawatir, di era seperti sekarang ini banyak sekali café yang menyediakan part-time. Peluang ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa. Dengan mengikuti part-time seseorang akan mendapatkan uang saku, menambah pengalaman baru, dan bisa merasakan dunia kerja yang sesungguhnya.

2. Kegiatan kursus

Peluang lain yang dapat GoodMates manfaatkan adalah mengikuti kegiatan kursus. Sangat beragam kursus yang dapat dicoba seperti kursus masak, kursus belajar menyetir mobil, kursus make up, kursus modeling, dan masih banyak lagi. Ketika mengambil kursus GoodMates dapat menyesuaikan dengan keinginan yang dipilih.

3. Mempelajari bahasa asing

Selama libur semester GoodMates dapat meluangkan dan memanfaatkan waktu yang banyak ini dengan mempelajari bahasa asing. GoodMates bisa belajar baik melalui youtube ataupun kelas online rasanya tidak ada alasan untuk tidak belajar dari sekarang karena, banyak kemudahan yang diberikan. Di era modern seperti ini bahasa inggris telah menjadi bahasa internasional otomatis diseluruh penjuru dunia menggunakan bahasa tersebut.

Hal yang perlu diketahui bahwa saat ini banyak perusahaan yang mengkhususkan ketika seseorang ingin melamar pekerjaan ditempat tersebut kualifikasi yang dibutuhkan pasti harus bisa menguasai bahasa asing. Maka dari itu, bahasa inggris penting sekali dipelajari dan dipraktikkan oleh mahasiwa dalam berkomunikasi.

4. Traveling

Ketika merasa penat pasti GoodMates butuh healing. Tidak ada salahnya jika GoodMates pergi ke alam seperti pantai, berkemah, dan mendaki gunung. Disana seseorang akan merasakan ketenangan, yang tadinya suasana hati yang sedang tidak baik menjadi normal kembali, dan juga mengurasi stress. Pada saat libur semester GoodMates dapat membuat rencana destinasi wisata yang ingin dikunjungi, tidak lupa juga menyiapkan mulai dari budget yang dikeluarkan, barang bawaan yang dibutuhkan, dan mengetahui kondisi cuaca pada saat hendak berpergian.

5. Membiasakan scripting

Setiap hari GoodMates dapat membiasakan menulis mengenai goals yang ingin dicapai. Dalam scripting kuncinya adalah harus yakin bahwa segala sesuatu yang ditulis akan menjadi kenyataan. GoodMates mulai konsisten menulis walaupun hanya 1 – 3 halaman.

Ketika memulai scripting GoodMates hanya perlu menyediakan satu bolpoin dan buku. Hindari menulis mengenai kesedihan tetapi, GoodMates harus fokus pada impian, rencana kedepannya, dan segala keinginan yang akan diraih. Intinya fokus kepada hal hal yang membuat bahagia dan bersyukur.

6. Menjadi volunteer

Program volunteer beragam bidangnya mulai dari lingkungan, pendidikan, kesehatan dan masih banyak lagi. Dengan mengikuti kegiatan volunteer seorang mahasiswa dapat terhubung dengan banyak orang yang berbeda daerah dan latar belakangnya, saling membantu satu sama lain, lebih peka terhadap lingkungan, memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim, dan juga akan mendapatkan sertifikat setelah kegiatan volunteer berakhir.

7. Magang

Banyak perusahaan yang membuka internship bagi mahasiswa tentunya kesempatan ini jangan sampai dilewatkan karena, dengan magang seorang mahasiswa dapat menambah relasi, ilmu baru, meningkatkan soft skill dan hard skill. Apabila dilihat di social media mengenai tawaran magang ada yang dilakukan secara work from home maupun work from office tergantung perusahaan.

8. Mengikuti webinar

Ketika membuka social media seperti TikTok dan Instagram banyak akun mengenai event webinar yang dapat GoodMates ikuti. Selain biaya pendaftarannya yang gratis GoodMates juga akan mendapatkan banyak ilmu yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari. Event webinar yang dapat diikuti mulai dari bisnis, kesehatan mental, personal branding, keagamaan, dan masih banyak lagi.

9. Membaca buku

Menghabiskan waktu luang dengan membaca buku tentunya GoodMates akan menambah wawasan dan pengetahuan, melatih keterampilan dalam menganalisa, mempunyai pemikiran yang luas. Rekomendasi buku-buku yang bagus dan menarik dengan sangat mudah bisa GoodMates temukan diberbagai social media.

10. Menghabiskan waktu bersama keluarga

Bagi sebagian mahasiswa dari luar kota ini merupakan moment yang paling ditunggu dimana selama libur semester mereka akan pulang ke kampung halaman dan menghabiskan waktu disana bersama keluarga. Salah satu kegiatan bersama keluarga yang dapat dilakukan seperti barbeque, berbagi pengalaman cerita satu sama lainnya, jalan-jalan, dan menonton film.

11. Mempelajari dan menghafal juz Al-Quran

Bagi GoodMates yang muslim, menghafal Al-Quran dapat menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat dan mendapatkan pahala. Dengan menghafal surah yang ada di Al-Quran menjadikan seseorang selalu dekat dengan Allah, di akhirat akan diberi syafaat, masuk kedalam golongan yang mengagungkan Allah, dan akan mendapatkan kedudukan derajat yang tinggi.

12. Membuka usaha

Tidak ada salahnya selama libur semester GoodMates mencoba membuka usaha misalnya berjualan online, jasa fotografi, jasa membuat desain, dan sebagainya. Ketika membuka usaha kuncinya jangan takut gagal dan harus yakin bahwa banyak pelanggan yang akan membeli atau menggunakan jasa dari yang diberikan.

Referensi : karirlab.co | idntimes.com