Kegiatan Produktif yang Bisa Bikin Mahasiswa Glow Up
Mahasiswa produktif | Foto: Andrea Piacquadio

#FutureSkillsGNFI

Pada selasa (29/03) lalu, terdapat 120.643 siswa lulus SNMPTN dan otomatis sudah menjadi calon mahasiswa/ Untuk Goodmates yang belum lolos, kamu masih punya kesempatan pada jalur lainnya, seperti SBMPTN dan jalur mandiri.

Sebagai calon mahasiswa atau mahasiswa baru, Goodmates harus mempersiapkan banyak hal untuk memulai dunia baru. Perguruan tinggi tempat kamu akan menempuh pendidikan sebagai mahasiswa, pasti sangat berbeda saat di bangku SMA. 

Hal ini memerlukan persiapan yang lebih seperti persiapan mental, tekad untuk hidup mandiri, serta uang ekstra untuk menunjang kehidupan sebagai anak kos. Di tengah kesibukan kuliah, penting bagi Goodmates untuk mengatur strategi.

Daripada menjadi mahasiswa gabut, ada baiknya kamu mengikuti berbagai kegiatan produktif. Berikut ada beberapa kegiatan yang kamu bisa lakukan agar menjadi mahasiswa Glow up.

1. Mengatur Waktu dengan Baik

Ilustrasi manajemen waktu | Foto: Pexels

Mampu mengatur waktu berdasarkan kegiatan yang menjadi prioritas sangat berpengaruh terhadap peningkatan prestasi. Sebagai mahasiswa, Goodmates bukan hanya belajar atau sekadar melakukan praktikum di laboratorium saja, lo.

Namun, kamu juga adakalanya aktif mengikuti kegiatan di kampus. Biasanya, kegiatan atau organisasi sebagai kegiatan nonakademik. Waktu yang kamu gunakan harus seimbang agar menghasilkan nilai dan prestasi baik secara akademik maupun nonakademik.

Ada beberapa macam teknik yang bisa kamu coba dalam mengatur waktu menjadi lebih bermanfaat dan makin produktif. Kamu bisa gunakan beberapa teknik manajemen waktu, seperti teknik pomodoro, teknik eat that frog, dan eisenhower decision matrix.

Baca juga: Cara Cermat Atur Keuangan Anti Boros

2. Mengikuti Lomba

Ilustrasi diskusi | Foto: Pexels

Buat Goodmates yang ingin meraih prestasi lebih baik lagi, mengikuti perlombaan menjadi salah satu hal yang wajib kamu coba, nih. Perlombaan yang ada juga sangat beragam, mulai dari perlombaan tingkat fakultas maupun universitas.

Silakan pilih bidang sesuai minat kamu. Bisa olahraga, e-sport, seni, atau akademik. Perlombaan dari universitas lain juga banyak jenisnya, seperti literature review, esai ilmiah, dan karya tulis ilmiah juga bisa kamu ikuti. 

Selain menambah prestasi dan pengalaman, mengikuti lomba juga salah satu cara mahasiswa bisa menghasilkan uang, setidaknya menambah uang jajan. Banyak lomba gratis kok saat ini. Hal itu menjadi hal dasar mengapa mengikuti lomba ini sangat menguntungkan buat mahasiswa agar bisa glow-up.

Baca juga: Gagal SNMPTN? Berikut Tips untuk Belajar UTBK

3. Membuat Catatan Keuangan

Ilustrasi arus keuangan | Foto: Pexels

Terakhir yang tak kalah penting bagi para mahasiswa terutama anak kos adalah mengatur keuangan. Mengatur keuangan di sini berguna untuk menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran Goodmates.

Tujuannya sebagai evaluasi kita ke depannya. Misalnya dalam bulan ini, Goodmates menang dari beberapa lomba sebelumnya, hasil uangnya bisa kamu akumulasikan.

Kemudian, pengeluaran kebutuhan sekunder kamu juga buat dalam semacam catatan. Lalu pada akhir bulan, coba bandingkan jika pengeluran kamu lebih besar, mungkin kamu terlalu boros. Maka, bulan berikutnya bisa lebih mempertimbangkan kebutuhan yang memang perlu saja.

Baca juga: Melihat Komunitas Mahasiswa Kece Ikatan Alumni Pimnas

Sebenarnya, untuk menjadi mahasiswa glow-up tidak hanya cara di atas saja. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan dan magang di beberapa perusahaan untuk mengasah skill yang kamu punya. Dengan begitu, CV kamu akan mulai terisi dengan berbagai pengalaman.

Itu dia beberapa cara yang bisa Goodmates terapkan sebagai mahasiswa dan juga yang masih calon mahasiswa. Cara ini memungkinkan kamu menjadi mahasiwa glow-up dari segi prestasi akademik dan non-akademik. Selamat mencoba, Goodmates!

Referensi: KompasBTP