Lakukan 5 Rekomendasi Kegiatan Produktif Selama Bulan Ramadan
Ilustrasi kegiatan Ramadan | Foto: Abdullah Getaseh/Pexels

Bulan suci Ramadan merupakan momen yang penuh dengan rahmat dan berkah. Salah satu godaan yang kerap kali datang adalah rasa lapar, haus, serta lemas. Jika sudah begini, pasti ada saja alasan untuk bermalas-malasan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Padahal, banyak sekali kegiatan produktif yang masih bisa kamu jalankan selama berpuasa. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas bermanfaat ala GoodSide selama bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan.

1. Khatam Al-Qur'an

Ilustrasi khatam Alquran | Foto: MATAQ Darul Ulum/Unsplash

Aktivitas yang satu ini bukan hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang, tetapi juga bisa menambah pahalamu di bulan suci ini. Bagaimana tidak? Keutamaan membaca Al-Qur'an selama Ramadan adalah pahala berlipat ganda yang akan kamu terima.

Ramadan merupakan momen yang pas untuk memperdalam ilmu agama dengan mengaji serta khatam Al-Qur'an. Kamu dapat menargetkan seberapa banyak halaman yang harus kamu baca setiap harinya.

Tidak hanya sekadar membaca, jangan lupa juga untuk memahami makna dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika kesulitan, kamu bisa mencoba untuk baca Al-Qur'an sebelum dan sesudah salat agar bisa khatam.

Baca juga: Kiat Menjaga Kualitas Tidur Selama Berpuasa

2. Berolahraga

Ilustrasi berolahraga | Foto: Miguel Amutio/Unsplash

Puasa bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak berolahraga. Apalagi di bulan Ramadan, aktivitas fisik akan terasa lumayan menantang mengingat tubuh kamu menyimpan rendah energi.

Percayalah bahwa olahraga mampu menjaga mood tetap baik sehingga suasana hati akan selalu positif sampai jam buka puasa tiba. Selain itu, melakukannya secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tentukan jenis olahraga dengan santai dan ringan, seperti jogging, yoga, bersepeda, dan sejenisnya. Adapun waktu yang cocok berolahraga selama Ramadan, yakni setelah salat subuh, menjelang buka puasa, ataupun antara waktu salat tarawih dan sebelum tidur.

3. Belajar Memasak

Ilustrasi belajar memasak | Foto: Jason Brisco/Unsplash

Buat kamu yang senang dengan suasana dapur, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar masak. Tepatnya, cobalah resep baru yang sederhana dan tidak terlalu rumit untuk menghindari kegagalan.

Sekarang sudah banyak media untuk mencari aneka resep masakan menarik. Mulai dari website kuliner, acara televisi, media sosial, sampai aplikasi kumpulan resep seperti Cookpad.

Dengan belajar memasak, kamu dapat mengasah keterampilan dalam mengolah bahan sekaligus mendapatkan inspirasi untuk menu sahur dan buka puasa. Momen Ramadan bisa kamu manfaatkan pula untuk berkreasi membuat beragam kue kering sebagai sajian di hari raya nanti.

Baca juga: Jangan Lengah, Mari Tingkatkan Semangat Kerja Saat Puasa

4. Membaca Buku

Ilustrasi membaca buku | Foto: Clay Banks/Unsplash

Goodmates, masih bingung bagaimana caranya untuk tetap produktif selama Ramadan? Membaca buku adalah jawabannya. Meluangkan waktu untuk mencari bacaan yang informatif jelas mampu memperluas pengetahuanmu sekaligus membuat diri terasa santai.

Kamu boleh membaca kapan saja dan di mana saja. Pastikan pula kamu memilih tempat dan posisi yang nyaman untuk mendukung kenikmatan aktivitas ini.

Di samping buku fisik, ada pula buku online (e-book) legal yang dapat kamu baca melalui sejumlah layanan perpustakaan digital Indonesia. Kegiatan membaca akan terasa efektif tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli buku, maupun datang langsung ke perpustakaan.

Baca juga: Panduan Menu Sahur dan Buka Puasa yang Sehat dan Bergizi

5. Membereskan Rumah

Ilustrasi membereskan isi rumah | Foto: Volha Flaxec/Unsplash

Tidak perlu memandang gender untuk mulai membereskan seisi rumah. Baik laki-laki maupun perempuan mesti melakukannya demi kondisi rumah yang terlihat ‘baru’ dan lebih enak terpandang demi menyambut lebaran nantinya.

Mulailah dari area rumah yang terbilang lumayan berantakan terlebih dahulu. Sebab, tentu butuh waktu tidak sebentar untuk membersihkannya. Kalau masih mempunyai waktu luang, barulah beralih ke tempat yang sekiranya memerlukan usaha lebih ringan.

Selanjutnya, kamu bisa membereskan kamar. Misalnya dengan memisahkan pakaian yang tidak ingin kamu pakai, membereskan buku, sampai mengatur ulang dekorasi kamar.

Barang-barang yang menurutmu tidak lagi terpakai boleh kamu donasikan kepada mereka yang membutuhkan. Dengan begitu, aktivitas ini pun dapat membawa manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain.

Selain rekomendasi di atas, masih banyak lagi kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan. Dengan menyeimbangkan antara kegiatan produktif, ibadah, serta istirahat cukup, pastinya kamu bisa merasakan bulan suci Ramadan yang lebih bermakna.

Referensi:  Exabytes | Liputan 6 | Gojek