Ide Kegiatan Sosial Komunitas Selama Bulan Suci Ramadan
Illustrasi kegiatan sosial komunitas selama Ramadan | Foto: Unsplash

Ramadan adalah bulan yang tepat bagi siapapun berbagi kebahagiaan, khususnya kepada orang-orang yang membutuhkan. Termasuk komunitas, bulan Ramadan adalah momen bagi setiap anggota untuk berbagi dengan beragam kegiatan sosial.

Salah satu hal yang menarik dari sebuah komunitas adalah wujud kepedulian terhadap sesama. Sangat banyak komunitas yang mencerminkan bentuk gotong royong dan saling membantu sesama manusia.

Di bulan Ramadan ini menjadi momen yang pas untuk menumbuhkan sikap itu kembali. Tidak melulu soal uang dan benda material, komunitas juga bisa menyumbangkan tenaga dan pikiran yang mereka kemas dalam kegiatan-kegiatan sosial yang menarik.

Penasaran apa saja yang bisa kamu dan komunitas lakukan selama bulan Ramadan, khususnya di bidang kegiatan sosial? Berikut beberapa ide kegiatan yang bisa kamu dan komunitas lakukan.

1. Membagikan Takjil Gratis

Illustrasi kegiatan sosial membagikan takjil gratis | Foto: Unsplash

Membagikan takjil gratis di jalan adalah salah satu bentuk kegiatan sosial yang bisa kamu dan komunitas lakukan. Kegiatan ini terkesan mainstream atau sangat awan orang-orang lakukan selama bulan puasa, khususnya di Indonesia.

Mengingat, aktivitas masyarakat yang begitu padat membuat mereka tak jarang harus berbuka di jalan. Agar mereka tidak kesusahan, komunitas bisa mengambil peran untuk berbagi keberkahan dengan membagikan takjil kepada mereka yang sedang berada di jalan.

Baca juga: Cari Tahu Aktivitas di Rumah yang Bisa Tingkatkan Skill Kamu

2. Membersihkan Musala atau Masjid

Illustrasi kegiatan sosial membersihkan Musala atau Masjid | Foto: Unsplash

Berbagi tidak hanya seputar uang dan materi, melainkan juga usaha dan tenaga. Jika kamu belum mampu melakukan kegiatan sosial yang cenderung menghabiskan biaya tinggi, kamu bisa melakukan kegiatan lain, seperti membersihkan musala atau masjid.

Tentu kegiatan ini lebih ramah biaya, bahkan hampir tidak mengeluarkan uang sedikit pun. Meski demikian, dampak yang bisa orang lain rasakan tetap besar. Kamu bisa mengagendakan secara rutin bersama komunitas untuk membersihkan musala maupun masjid di sekitar.

Baca juga: Unik! Kampus Luar Negeri Berikut Pernah Adakan Buka Puasa Bersama

3. Membersihkan Tempat Pemakaman Umum

Illustrasi kegiatan sosial membersihkan tempat pemakaman umum | Foto: Unsplash

Selain membersihkan musala dan masjid, kamu juga bisa melakukan kegiatan sosial dengan membersihkan tempat pemakaman umum (TPU). Kegiatan ini terbilang unik mengingat tidak banyak orang maupun komunitas yang melakukan ini.

Meski demikian, bukan berarti membersihkan tempat pemakaman umum adalah kegiatan yang remeh. Banyak makam yang tidak bersih karena sudah lama tidak ada orang yang ziarah. Lagipula, sembari membersihkan, kamu juga bisa sekaligus mengirim doa.

Baca juga: Antara Desa dan Teknologi, Sejauh Mana Perkembangannya?

4. Mengajar Ngaji Anak-Anak

Illustrasi kegiatan sosial mengajar ngaji anak-anak | Foto: Unsplash

Kamu juga bisa melakukan kegiatan sosial berupa mengajar mengaji pada anak-anak. Kegiatan ini juga tidak menghabiskan biaya yang tinggi, mengingat kamu tidak perlu menyiapkan apapun untuk melakukan kegiatan ini.

Biasanya, menjelang azan magrib, akan ada banyak anak-anak berkumpul di musala maupun masjid untuk mengaji. Nah, kamu bisa membantu mereka belajar mengaji serta berbagi ilmu terutama terkait bidang agama.

Selain membantu belajar mengaji, kamu juga bisa menceritakan kisah-kisah nabi, maupun cerita inspiratif lainnya. Maka, kamu bisa membantu memotivasi anak-anak tersebut. Berbagi ilmu juga sangat baik untuk kamu dan komunitas lakukan selama bulan suci Ramadan.

Kegiatan di atas tidak hanya berlangsung satu hari saja. Banyak orang di luar sana yang masih perlu bantuan kamu, baik berupa materi maupun jasa. Betapa bahagianya orang-orang di sekitar jika kamu secara konsisten berbagi kebahagiaan dalam bentuk kegiatan sosial.

Nah, itu beberapa kegiatan sosial yang bisa kamu dan komunitas lakukan selama bulan Ramadan. Akan lebih baik jika kamu dan komunitas mampu melakukannya secara konsisten dan berkelanjutan.