Mengenal dan Melihat Keindahan Timor di Timur Indonesia
Peta Pulau Timor | Foto: Wikipedia

#FutureSkillsGNFI

Memiliki luas lebih dari tiga puluh ribu kilometer persegi, berbatasan langsung dengan Republik Demokratik Timor Leste, menjadi salah satu pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur, itulah Pulau Timor. Pulau Timor didiami oleh beberapa suku, diantaranya suku helong, suku tetun, suku boti, suku amanatun dan berbagai suku lainnya. Di pulau ini juga terdapat 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya.

Kawasan Pantai Kota Kupang | Foto: Cipta Karya PUPR

Mari mulai dengan kota Kupang. Kota Kupang merupakan Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dipimpin oleh seorang walikota, kota kupang merupakan satu-satunya Kota Madya di Nusa Tenggara Timur. Kota Kupang menjadi tempat beragam suku, etnis, dan budaya dari berbagai tempat di NTT berkumpul. Kota kupang adalah kota pesisir, sehingga tak heran jika kota kupang memiliki beragam wisata kuliner seafood. Berbagai kawasan di Kota Kupang mulai dibenahi oleh pemerintah saat ini mulai dari kawasan kota tua, kawasan pesisir, dan berbagai taman-taman kota. Semua ini dilakukan untuk memperindah kota kupang sebagai cerminan wajah Nusa Tenggara Timur. Bandar Udara El Tari dan Pelabuhan Tenau menjadi pintu masuk ke kota ini.

http://oesoko.desa.id
Tenun Ikat Insana, TTU | Foto: Oesoko.desa.id

Selain Kota Kupang, Pulau Timor juga memiliki beberapa kabupaten lain diantaranya Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kabupatan Belu, dan Kabupaten Malaka yang merupakan kabupaten termuda di NTT. Karakteristik budaya di Kupang, TTS, TTU, Belu, dan Malaka berbeda-beda. Mulai dari Motif pada kain Tenun, bahasa dan dialek yang digunakan, hingga jenis rumah adat juga sangat beragam. Meski sangat kaya akan budaya dan bahasa, ada cara mudah membedakan setiap orang yang berasal dari pulau Timor yakni lewat marga yang mereka gunakan di akhir nama mereka. Marga menjadi ciri khas. Setiap suku memiliki beberapa marga yang mewakili rumpun-rumpun keluarga tertentu.

Pos Lintas Batas Negara WINI | Foto: Cipta Karya PUPR

Kabupaten Kupang, TTS, dan TTU berbatasan langsung dengan Timor Leste. Wajah perbatasan Indonesia di Kabupaten ini sangat indah. Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang dibangun di perbatasan bukan saja menjadi kantor administratif tetapi juga menjadi tujuan wisata karena PLBN dibangun dengan sentuhan arsitektur budaya setempat. Beberapa PLBN dipulau Timor antara lain PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara, PLBN Motaain di Kabupaten Belu, dan PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka.

Pantai Kolbano (Kiri) & Pantai Oetune (Kanan) | Foto: Dokumentasi Pribadi

Wisata alamnya juga tak kalah menarik. Mulai dari pantai, pegunungan, air terjun, hingga cagar alam ada di Pulau Timor. Putihnya pasir dan birunya laut pantai tablolong, indahnya bebatuan pantai kolbano, hamparan pasir bak gurun Pantai oetune merupakan sedikit dari begitu banyak pantai di utara maupun selatan pulau Timor. Fatumnasi, sebuah tempat dengan keindahan gunung marmer dan hutan bonsai juga turut mempercantik pulau ini. Cagar alam gunung mutis dengan ketinggian 2.427 m diatas permukaan laut telah banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat. Cagar alam ini terkenal dengan panorama hutan hijaunya dan satwa endemik rusa timor. Air terjun oehala yang memiliki aliran air dari mata air di Gunung Mutis membuat air terjun ini jernih dan bersih. Pola bertingkat yang terbentuk secara alami membuat air terjun ini semakin indah.

Jagung menjadi salah satu makanan pokok masyarakat di Pulau Timor. Kekeringan yang sering terjadi di Pulau Timor memaksa masyarakat untuk memutar otak mencari jalan untuk dapat menyimpan makanan dalam waktu yang lama dan jagung adalah bahan makanan mudah diawetkan dengan berbagai teknik seperti dikeringkan, dan dapat diolah menjadi beragam makanan. Jagung bose adalah olahan jagung yang terkenal di Pulau Timor. Dengan kuah yang agak kental, tambahan beberapa jenis kacang, apalagi jika ditemani dengan olahan ikan atau daging, jagung bose menjadi olahan yang sangat nikmat.

Itulah secuil kisah Pulau Timor, masih sangat banyak yang dapat diexplore, jadi tunggu apalagi ? Pulau Timor menantimu Goodmates!!

Referensi: Website Pemerintah Kabupaten TTS | https://ttskab.go.id

Referensi: Website Pemerintah Kabupaten TTU | https://ttukab.go.id

Referensi: Website Pemerintah Kabupaten Kupang | https://kupangkab.go.id