Kembangkan Imajinasi Bersama Kampung Dongeng
Kampung Dongeng | Popmama

Mengembangkan imajinasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Terlebih lagi anak-anak yang saat ini justru membutuhkan pelatihan pengembangan imajinasi untuk melatih pemikirannya.

Mengembangkan imajinasi itu memiliki banyak manfaat, lho. Beberapa di antaranya terhindar dari stress berlebih sehingga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental. Selain itu juga otak akan lebih fresh sehingga dapat memproses informasi lebih baik.

Ada banyak cara untuk mengembangkan imajinasi, salah satunya adalah membaca cerita ringan seperti dongeng. Jika kamu terlalu malas untuk melakukannya, mungkin mengikuti Kampung Dongeng bisa jadi solusinya.

Resah akan lingkungan pembelajaran anak yang kurang menyenangkan

Awam Prakoso | Riri
Awam Prakoso | Riri

Mari berkenalan dengan Komunitas Kampung Dongeng. Komunitas yang dibangun oleh Awam Prakoso ini disebut sebagai komunitas mendongeng terbesar di Indonesia. Dikutip dari Sultan TV, Kampung Dongeng terbentuk atas keresahan Awam akan anak-anak Indonesia.

Awam berpikir bahwa anak-anak Indonesia masih belum memiliki ruang edukasi yang menyenangkan dan juga mudah dipahami. Hingga akhirnya, Kampung Dongeng ini pun terbentuk pada tahun 2009 dengan relawan yang masih sedikit.

Walau demikian, Awam tidak menyerah untuk terus mengembangkan Kampung Dongeng agar tujuannya tercapai. Dilansir dari situs resmi Kampung Dongeng, Awam kerap berkeliling ke berbagai daerah di tanah air untuk bertemu anak-anak kecil dan membacakan dongeng.

Tidak hanya anak-anak, Awam juga sengaja bertemu dengan orang tua dan juga guru untuk memberikan pelatihan teknik mendongeng dengan alasan dirinya tidak akan bisa terus melakukannya sendiri.

Mendapat atensi publik

Kampung Dongeng | Komunita.ID
Kampung Dongeng | Komunita.ID

Aksi Awam dalam memperkenalkan dongeng pada anak-anak ternyata berhasil mendapat atensi publik. Pihak Kampung Dongeng dikutip dari Berita Baik menyatakan bahwa ada banyak orang dari berbagai latar belakang pekerjaan berbeda berhasil bergabung dengan Kampung Dongeng.

Dimulai dari guru, lulusan pertanian, pengusaha, ustaz, ustazah, bidan, hingga mahasiswa tertarik untuk menjadi bagian dari Kampung Dongeng. Bahkan saat ini komunitas telah bersinergi dengan pemerintah seperti Perpustakaan Kemendikbud, Dikjen Paud-Dikmas Kemendikbud, dan juga kementrian.

10 tahun mengembangkan Kampung Dongeng, hingga saat ini Kampung Dongeng telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Bali, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Aceh, dan berbagai daerah lainnya. Namun, untuk pusatnya sendiri berada di Jalan Musyawarah, Ciputat, Tanggerang Selatan, Banten.

Program beragam dan miliki ciri khas masing-masing

Program di Kampung Dongeng | Tanggerang Ekspres
Program di Kampung Dongeng | Tanggerang Ekspres

Sampai saat ini, Kampung Dongeng telah membentuk banyak program untuk menceritakan dongeng yang menarik perhatian anak-anak. Beberapa di antaranya:

Kampung Dongeng Pekan Ceria

Acara ini diadakan setiap hari Minggu di tempat yang sudah ditentukan secara permanen. Tidak hanya mendongeng, Pekan Ceria ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk unjuk bakat, permainan, dan juga membuat kerajinan kreativitas.

Kampung Dongeng Keliling Kampung

Berbeda dengan Pekan Ceria, Kampung Dongeng Keliling Kampung merupakan salah satu program unik dari Kampung Dongeng. Sesuai dengan namanya, Kampung Dongeng akan berkeliling kampung, setelahnya segera menggelar tiker dan menyalakan sound system dan mengajak anak-anak untuk berkumpul.

Hal yang menarik dari program ini adalah kehadiran Kampung Dongeng yang tidak diundang oleh siapapun, jadi mereka asal datang untuk mendongengkan cerita yang hebat.

Kampung Dongeng Pelosok Negeri

Kegiatan ini dilakukan oleh para relawan tidak hanya membacakan dongeng, tetapi juga memberikan pelatihan teknik kepada pendidik dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya di kota besar, tetapi juga relawan akan datang blusukan ke daerah perbatasan.

Kampung Dongeng Peduli Sesama

Dengan tujuan menumbuhkan keceriaan pada anak. Program ini dikhususkan dengan relawan datang ke rumah sakit, panti asuhan, atau tempat yang tengah terjadi bencana alam. Mereka datang secara rutin untuk membacakan dongeng anak-anak.

Kemah Dongeng

Program ini merupakan program pelatihan berbasis camping selama tiga hari bagi para peserta yang mengikuti pelatihan. Program ini biasa diadakan selama tiga bulan sekali di lokasi yang berbeda.

Field Trip di Kampung Dongeng

Tidak hanya relawan yang datang, anak-anak juga bisa singgah di Saung Kampung Dongeng. Mereka bisa datang untuk mendapatkan sajian dongeng atau membuat prakarya.

Bagaimana Goodmates, tertarik untuk bisa menjadi relawan dari Kampung Dongeng? Jika kamu berminat, kamu bisa kunjungi situs resmi Kampung Dongeng, kampungdongeng.com

Referensi: Sultan TV | Berita Baik | Kampung Dongeng