Kenali Manfaat Menanam Pohon Di Sekitar Rumah
Menanam Pohon | Foto: Unsplash

Menanam pohon di sekitar rumah adalah salah satu solusi dari berbagai permasalahan lingkungan yang dialami saat ini. Hal yang paling sederhana dialami adalah kualitas udara yang buruk, terutama di daerah perkotaan. Ini diakibatkan oleh polusi udara kendaraan bermotor, industri, hingga penebangan hutan yang memperburuk kualitas udara.

Selain permasalahan udara, ada beragam permasalahan-permasalahan yang merugikan, seperti cuaca ekstrem, perubahan iklim, dan hilangnya ekosistem di sekitar. Tentu jika ini terus dibiarkan dan tidak ditanggulangi, dampak yang berpotensi timbul akan semakin besar. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penanaman pohon di sekitar rumah.

Menanam pohon tidak hanya sekadar untuk menambah kesejukan dan mempercantik pekarangan rumah, tetapi memiliki dampak yang jauh lebih luas. Hal ini disebabkan fungsi pohon sangat vital dalam kehidupan, baik bagi lingkungan maupun sesama makhluk hidup.

Oleh karena itu, menjaga dan menanam pohon merupakan salah langkah penting untuk menjaga kelangsungan hidup. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat menanam pohon di sekitar rumah yang baik bagi kehidupan.

Menanam pohon untuk memperbaiki kualitas udara

Menanam Pohon Memperbaiki Udara | Foto: Unsplash

Menanam pohon adalah salah satu solusi untuk memperbaiki kualitas udara. Pada tahun 2020, Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan kualitas udara paling buruk berdasarkan Indeks Kualitas Udara (AQI). Tentu dengan buruknya kualitas udara akan berdampak negatif pada kesehatan, salah satunya terjadinya gangguan pernapasan.

Menanam pohon sejak awal dimulai dari sekitar rumah akan membantu memperbaiki kualitas udara lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan pohon mengurangi polusi dan mampu menghilangkan emisi bahan bakar fosil dari atmosfer.

Sebuah penelitian tahun 2013 dari University of Lancaster di Inggris menyampaikan bahwa pohon-pohon mampu mengurangi polusi udara di gedung-gedung sekitar hingga 50 persen.

Ekosistem satwa liar

Menanam Pohon Menjaga Ekosistem | Foto: Unsplash

Adanya pohon di sekitar rumah juga membantu menjaga ekosistem. Hal ini karena pohon tersebut akan menjadi habitat dari hewan-hewan liar, seperti burung, tupai, lebah, kupu-kupu, dan satwa lain. Dengan menanam pohon, kamu juga akan membantu kelangsungan hidup satwa liar tersebut.

Selain itu, menanam pohon juga akan memberikan bahan makanan bagi hewan-hewan liar tersebut. Ini akan membantu rantai ekosistem lingkungan agar tidak terputus. Adanya pohon juga akan menarik penyerbuk seperti lebah, yang akan membantu ekosistem global.

Menanam pohon untuk melawan perubahan iklim

Perubahan Iklim | Foto: Unsplash

Menanam pohon juga menjadi salah satu solusi untuk melawan perubahan iklim. Saat ini, banyak dikampanyekan untuk mendaur ulang dan mengurangi jejak karbon. Namun, hal tersebut belum cukup untuk melawan perubahan iklim.

Adanya pohon adalah salah satu bagian penting yang bisa melawan perubahan iklim. Ini disebabkan karena pohon melakukan fotosintesis. Pohon akan menyerap karbon dioksida yang berbahaya, menghilangkan, menyimpan karbon, dan melepaskan oksigen kembali ke udara. Hal ini juga akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Mencegah erosi tanah

Ilustrasi Pencegahan Erosi | Foto: Unsplash

Adanya pohon juga akan membantu untuk mencegah erosi. Hal ini diakibatkan karena daun dan ranting pohon membantu menahan hujan yang turun. Akar pohon juga berperan penting dalam menahan tanah di tempatnya, sekaligus mendorong air meresap ke dalam tanah daripada mengalir.

Adanya pohon juga mampu mencegah terjadinya banjir. Ketika terjadi hujan lebat dan air tidak menyerap ke dalam tanah, hal tersebut berpotensi menimbulkan banjir. Dengan adanya pohon, akan membantu mendorong air untuk meresap ke dalam tanah untuk mencegah terjadinya banjir.

Nah, dengan menanam pohon mulai dari sekitar rumah, kamu dapat membantu untuk menjaga bumi dari berbagai ancaman. Ada berbagai macam jenis pohon atau tumbuhan yang bisa menjadi pilihan kamu untuk ditanam disekitar rumah. Jadi, yuk tanam pohon untuk menyelamatkan bumi, Goodmates!

Referensi: Kompas | IDN Times | IQ Air