Kenikmatan Ngopi di Angkringan, Tiada Duanya!
Ilustrasi Angkringan│@angkringan.arjuna/Instagram

Bagi sebagian orang, angkringan mungkin erat hubungannya dengan makanan murah di Jogja. Tapi jangan salah, angkringan sebenarnya tidak hanya bisa ditemui di Jogja saja, angkringan kini bahkan bisa ditemukan di wilayah Jabodetabek.

Meski angkringan sudah menjamur hingga Jabodetabek, keberadaan angkringan memang tidak bisa dipisahkan dari wilayah Jawa. Angkringan sendiri memang banyak ditemukan di daerah Jawa, seperti di Jogja, Jawa Tengah, dan sebagian wilayah Jawa Timur.

Angkringan erat hubungannya dengan kesederhanaannya, tempatnya yang berada di pinggir jalan, dan makanan murahnya. Tapi jangan salah, justru kesederhanaan ini yang membuat angkringan unik dan memiliki suasana tersendiri jika kita ngopi di angkringan.

Sempatkan Diri Untuk Ngopi di Angkringan 

Jika Kamu sedang berlibur di daerah-daerah Jawa seperti Jogja dan Jawa Tengah, ada baiknya untuk menyempatkan diri merasakan ngopi di angkringan terdekat. Apalagi bagi Kamu yang berasal dari daerah yang tidak ada angkringan, Kamu wajib merasakan ngopi sebelum kembali ke daerah asalmu.

Jika Kamu belum pernah merasakan ngopi di Angkringan, sangat disarankan untuk mencobanya selagi Kamu berlibur di daerah seperti Jogja, Solo, dan Semarang. Pengalaman ngopi di Angkringan itu unik dan tidak ada duanya.

Bahkan banyak wisatawan lokal dari luar daerah yang rela jauh-jauh berkunjung ke Jogja untuk merasakan angkringan yang otentik. Bahkan sekarang angkringan menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja.

Menu yang Beragar dan Harga Ramah di Kantong

Ilustrasi Sundukan│@streetfoodmadiun/Instagram

Terdapat berbagai macam makanan dan minuman yang dijual di angkringan. Tapi jangan harap angkringan menyajikan makanan ala restoran, makanan dan minuman yang disediakan di angkringan biasanya adalah jajanan berupa gorengan, nasi kucing, makanan ringan, dan minuman kemasan.

Harga minuman di angkringan biasanya dijual mulai dari Rp2.000 hingga Rp10.000, tergantung minuman kemasan apa yang Kamu pesan. Untuk jajanannya pun juga sangat murah, mulai dari Rp500 hingga Rp3.000 saja.

Bagi Kamu yang dilanda kelaparan, angkringan biasanya juga menyediakan nasi kucing yang dihargai mulai dari Rp2.500 saja. Selain itu juga ada sundukan, yang menjadi ciri khas angkringan. Lebih dari itu, bagi Kamu yang merokok, angkringan biasanya juga menyediakan rokok eceran.

Suasana Ngopi di Angkringan yang Murah tapi Tidak Murahan

Ilustrasi Suasana di Angkringan│@angkringan.arjuna/Instagram

Angkringan biasanya identik dengan jam operasionalnya yang buka dari sore hari hingga malam hari. Angkringan kebanyakan juga buka di pinggir jalan yang cukup ramai, jarang ditemukan angkringan yang membuka lapak di daerah terpencil seperti di dalam gang.

Perpaduan ngopi di malam hari, sambil melihat orang-orang berlalu lalang di jalanan adalah sebuah suasana yang unik dan tidak bisa dirasakan jika Kamu ngopi di Starbucks. Selain itu jajanan tradisional khas angkringan yang menjadi ciri khas angkringan juga bisa menjadi teman ngopi yang sempurna buat Kamu. 

Mungkin pengalaman inilah yang dicari wisatawan yang rela jauh-jauh ke Jogja untuk merasakan nikmatnya ngopi di angkringan. Ngopi di angkringan yang identik dengan gerobaknya, serta ditemani secangkir wedang hangat khas angkringan, sebuah nikmat yang tidak ada duanya!

Referensi: VOIKompasKagama