Keren! 15 Kampus Indonesia Masuk Dalam Kampus Terbaik Versi AD Scientific Index 2022
Kampus Terbaik Versi AD Scientific 2022 | Kagama

Siapa di antara Goodmates sini yang masih bingung menentukan kampus yang tepat untuk jenjang pendidikan ke depan? Jangan khawatir, sebab Goodside akan memberikan informasi mengenai kampus atau universitas terbaik versi AD Scientific Index. Nantinya daftar ini dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk mempertimbangkan jenjang pendidikanmu kelak.

Dilansir dari detik, penilaian versi AD Scientific Index ini didasari oleh reputasi ilmuwan dari masing-masing universitas. Wah, kalau sudah menyangkut ilmuwan tentu akademiknya sudah tidak diragukan lagi ya?

Kira-kira Goodmates bisa tebak universitas apa saja yang masuk ke dalam daftarnya? Berikut informasinya ditulis dari situs resmi AD Scientific Index 2022.

15 kampus terbaik versi AD Scientific Index 2022

AD Scientific Index 2022 | Kontan
AD Scientific Index 2022 | Kontan

Dikutip dari Kompas, penilaian yang dilakukan oleh pihak AD Scientific Index mengacu pada performa dan produktivitas yang diperlihatkan dari total nilai h-index yang terdapat pada Google Schoolar.

Bagi Goodmates yang belum mengenal Google Schoolar, situs ini merupakan situs milik Google yang menjadi 'harta karun' bagi para mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir,. Tepatnya, Google Schoolar merupakan wadah publikasi karya ilmiah baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam Google Schoolar, kamu bisa mencari jurnal atau skripsi yang lama maupun terbaru sebagai referensi tugas kelak. Jika sudah mengenal Google Schoolar, tentu Goodmates memahami bahwasannya aktivitas akademik yang diperlihatkan dalam performa dan produktivitas sangatlah luar biasa. 

Tidak hanya itu, AD Scientific Index juga menilai berdasarkan banyaknya peneliti yang berjasa dan berkinerja baik di kampus tersebut.

Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tidak mengenal kampus yang satu ini? Kampus yang dikenal sebagai UGM ini tidak hanya disebut sebagai kampus dengan lingkungan yang mendukung prestasi para mahasiswa, tetapi juga sistem pendidikan yang hebat. Tidak heran jika UGM masuk sebagai raja peringkat pertama universitas terbaik versi AD Scientific Index 2022.

Ilmuwan terbaik yang ditulis oleh AD Scientific Index adalah Sutrisno Hadi yang ternyata berhasil juga menduduki peringkat 5 ilmuwan terbaik di Indonesia. Ada 4317 di antara 168200 ilmuwan yang tersebar di Asia.

Universitas Islam Negeri UIN Syarif Hidayatullah

Peringkat selanjutnya merupakan universitas islam yang berlokasi di Jakarta, yaitu UIN Syarif Hidayatullah. Kampus ini berhasil mengalahkan 740 universitas di Indonesia dengan menduduki peringkat dua sebagai universitas terbaik versi AD Sceintific Index.

Sementara itu ilmuwan terbaik yang dinobatkan oleh AD Scientific Index adalah Azyumardi Azra yang memiliki keahlian pada bidang sejarah, filosofi, dan teologi. Azyumardi berhasil menempati rangking 6 di Indonesia dan 4544 di Asia.

Universitas Indonesia

Kampus kuning Depok, Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas yang reputasinya sudah tidak lagi diragukan. Tidak hanya dikenal oleh seluruh penduduk di Indonesia, UI juga dikenal oleh orang asing juga, lo. Bahkan dalam versi AD Scientific Index 2022, UI berhasil menduduki peringkat tiga sebagai universitas terbaik. 

Ilmuwan terbaik yang dimiliki Universitas Indonesia adalah David Maxwell yang menduduki peringkat 22 di antara 11618 ilmuwan di Indonesia. Sementara untuk peringkat se-Asia, David menduduki peringkat 8846.

Universitas Padjajaran

Peringkat selanjutnya kita berpindah ke kampus yang berlokasi di Jatinangor dan Bandung, Universitas Padjajaran. Kampus yang akrab disebut Unpad ini juga menjadi salah satu kampus yang banyak diincar oleh calon mahasiswa sebab sistem pendidikan serta beberapa hal menarik lainnya seperti toga khasnya.

Unpad berhasil menduduki peringkat 4 sebagai universitas terbaik versi AD Scientific Index 2022. Sementara ilmuwan terbaik milik Unpad jatuh pada Bachti Alisjahbana yang merupakan sosok yang ahli pada bidang kesehatan, sains, dan penyakit menular. Bachti telah mencapai peringkat 15 sebagai ilmuwan terbaik se-Indonesia dan 7737 se-Asia.

Sementara itu terdapat kampus-kampus lain baik negeri maupun swasta yang berhasil menjadi universitas terbaik versi AD Scientific Index 2022 sebagai berikut.

5. Institut Teknologi Bandung
6. Universitas Diponegoro
7. Universitas Mercu Buana
8. Universitas Katolik Widya Mandala
9. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
10. IPB University
11. Universitas Brawijaya
12. Universitas Trisakti
13. Universitas Sebelas Maret
14. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
15. Universitas Sumatera Utara

Nah, di atas merupakan 15 universitas terbaik veri AD Scientific Index tahun 2022. Tentunya, setiap universitas memiliki keistimewaannya sendiri dan salah satunya adalah mengacu pada kriteria ilmuwan yang satu ini. Sekarang Goodmates sudah tidak perlu bingung lagi menentukan kampus yang sesuai dengan kehendakmu.

Referensi: Kompas | Detik | AD Scientific Index 2022