Keren! Jepang Luncurkan Transportasi Umum Dual-Mode Vehicle
Dual Vehicle Jepang | Asahi

Jepang tidak pernah habis menciptakan teknologi yang menarik. Inovasi-inovasi yang diberikan kerap menjadi tren tidak hanya di negeri itu sendiri, tapi juga mancanegara.  Satu lagi inovasi teknologi dari Jepang, mereka akan meluncurkan transportasi umum "Dual Vehicle" yang nantinya dapat beroperasi di jalanan maupun di rel kereta.

Keberadaan "Dual Vehicle" diklaim menjadi yang pertama di dunia. Bayangkan, deh. Kamu bisa menaiki bus sekaligus kereta dengan DMV ini. Hal tersebut juga menjadi salah satu tujuan Asa Coast Railway Company selaku pengembang project DMV.

Mereka berharap kendaraan ini dapat memudahkan orang-orang agar tidak perlu berpindah transportasi.  Dikutip dari Japan Times, transportasi umum 'serba bisa' satu ini telah diluncurkan pada Sabtu, 25 Desember 2021.

Dimodifikasi dari minibus, ciptakan pengalaman menaiki transportasi menarik 

Japanese Dual Vehicle | Autojosh
Japanese Dual Vehicle | Autojosh

Project DMV yang satu ini sebenarnya pernah diluncurkan pada tahun 2002 dengan tujuan ingin memberikan pengalaman yang menarik bagi para penumpang. Namun sayangnya, DMV hanya bertahan sampai 2015 sebab keterbatasan dana.

Namun sekarang, DMV kembali dibangkitkan tepat di Hari Natal 2021 dengan memuat 21 orang di dalamnya. Dilansir dari Reuters, CEO Asa Coast Railway Company, Shigeki Miura berharap peluncurkan DMV ini dapat memberikan manfaat bagi para penduduk kota kecil seperti Kaiyo yang kebanyakan penduduknya adalah lansia. 

Tidak hanya itu, Miura pun berharap bahwa perusahaan transportasi lokal juga bisa mendapatkan manfaat atau profit dari keberadaan DMV ini. Transportasi DMV ini dapat melaju dalam kecepatan 60 kilometer di rel kereta dan 100 kilometer di jalanan beraspal. Mekanisme DMV sendiri sangatlah unik, di jalan raya DMV terlihat seperti minibus yang bisa dilihat di jalanan.

Namun, setelah sampai rel kereta ban yang biasa digunakan di jalan raya akan naik dan roda besi turun menyesuaikan dengan medan rel kereta. Butuh waktu sekitar 15 detik untuk mengubah ban jalan raya dengan roda khusus di rel kereta.

Dikutip dari Sindo, direncanakan DMV ini akan beroperasi sekitar 10 kilometer dengan rute Stasiun Awa-Kainan dan Stasiun Kannoura di Toyo. Sementara untuk mode bus, kendaraan akan melaju ke Tanjung Muroto, Prefektur Kochi, dan wisata lainnya.

Dengan adanya transportasi DMV ini, Asa Coast Railway Company juga berharap dapat menarik perhatian para wisatawan mancanegara dan turut mengundang mereka untuk merasakan DMV pertama di dunia.

Gimana Goodmates, semakin tertarik untuk mencoba DMV pertama di dunia? Segera catat di wishlist kamu pada saat berkunjung ke negara matahari terbit ini, ya! Jangan lupa untuk mencari informasi lebih lanjut agar tidak tersesat nantinya.

Referensi: Japan Times | Reuters | NHK | Sindo