Ketahui Jenis dan Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022
Beasiswa LPDP | Sumber: YouTube LPDP RI

Scholarship hunter mari merapat! Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menjadi mimpi bagi kebanyakan orang. Masuk ke perguruan tinggi dapat melalui berbagai jalur, salah satunya melalui jalur beasiswa.

Banyak beasiswa yang menawarkan keuntungan menjadi daya tarik sendiri bagi para pemburu beasiswa. Tidak hanya bantuan finansial, beasiswa-beasiswa ini biasanya juga memberikan pelatihan dan pendampingan yang bermanfaat untuk mengembangkan soft skill maupun hard skill penerima beasiswa.

Salah satu beasiswa yang memiliki banyak peminat adalah beasiswa LPDP. Beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Bagi Goodmates yang tertarik mencoba mendaftar beasiswa LPDP, perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis-jenis beasiswa serta syarat dan ketentuan yang dimiliki.

Jenis beasiswa LPDP dan syarat pendaftarannya

Resume atau CV merupakan salah satu berkas persyaratan beasiswa LPDP. | Sumber: Bram Naus/Unsplash
Ilustrasi Letter of Acceptance, LoA merupakan salah satu berkas persyaratan beasiswa LPDP | Sumber: Bram Naus/Unsplash

Melansir dari CNN Indonesia, terdapat tiga jenis beasiswa yang disediakan oleh LPDP. pertama merupakan program beasiswa afirmasi yang ditujukan untuk peserta dengan kriteria tertentu.

Di antaranya peserta tinggal di daerah afirmasi, yaitu wilayah yang masuk ke dalam kategori 3T (terdepan, terpencil, tertinggal), memiliki kebutuhan khusus atau difabel, dan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau merupakan penerima bidik misi saat menempuh S1 dulu.

Jenis kedua merupakan beasiswa targeted. Beasiswa ini diperuntukan untuk Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI atau POLRI yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi pada program magister (S2) atau Doktor (S3). Beasiswa ini juga diperuntukan bagi para pelaku usaha atau orang-orang yang bergerak di bidang kewirausahaan dan akan meneruskan kuliah program magister ke luar negeri.

Terakhir merupakan jenis beasiswa reguler. Program reguler diperuntukan bagi siapa saja yang ingin meneruskan pendidikan magister atau doktoral. Jenis ini memiliki peminat yang paling banyak. Tidak terbatas seperti jenis sebelumnya yang diperuntukan bagi para pelaku bidang kewirausahaan, beasiswa jenis reguler dibuka untuk semua subjek.

Setiap jenis beasiswa memiliki ketentuan dan syarat yang berbeda. Apabila ingin mendaftar beasiswa ini, kamu dapat mengunjungi situs resmi beasiswa LPDP untuk mempertimbangkan jenis beasiswa apa yang bisa kamu ikuti dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Bacalah dengan cermat dan teliti agar tidak ada berkas yang terlewat.

Merangkum penjelasan oleh Suara.com, umumnya dokumen yang perlu disiapkan ketika mendaftar seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah S1 atau S2 yang telah dilegalisir atau transkrip nilai S1 atau S2 yang telah dilegalisir. Kemudian, sertifikat kemampuan bahasa asing, setiap jenis beasiswa memiliki ketentuan nilai minimum IPK begitu pula skor untuk tes kemampuan bahasa Inggris.

Pendaftar juga perlu menyiapkan Letter of Acceptance Unconditional, surat pernyataan bermaterai sesuai dengan format LDP, surat rekomendasi dari akademisi atau atasan di tempat kerja. Bagi yang telah bekerja perlu mencantumkan surat izin mengikuti seleksi dari perusahaan atau instansi tempat bekerja.

Bagi Goodmates yang berminat mendaftar beasiswa LPDP tahun 2022, selamat mencoba dan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan! Semoga berhasil, ya.

Referensi: Lembaga Pengelola Dana Pendidikan | CNN Indonesia | Suara.com