Ketahui Kelebihan Bersekolah di Ikatan Dinas
Ikatan Dinas | Pendaftaranonline

Menginjak jenjang akhir Sekolah Menengah Atas (SMA), merencanakan jenjang studi selanjutnya merupakan hal yang banyak dipertimbangkan. Tidak hanya mempertimbangkan sesuai dengan minat bakat, mempertimbangkan sesuai dengan cita-cita kelak juga merupakan hal yang krusial.

Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak jenjang pendidikan yang dapat menjadi opsi bagi para calon mahasiswa seperti Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan juga Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Berbeda dengan PTN dan PTS, dilansir dari Aku Pintar, Perguruan Tinggi Kedinasan merupakan sekolah yang dikelola oleh instasi pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. PTK ini biasa juga disebut dengan sekolah Ikatan Dinas. Walaupun sedikit berbeda dengan PTN dan PTS pada umumnya, PTK sendiri cukup banyak dijadikan incaran oleh para calon mahasiswa.

Lantas apa yang membuat PTK menjadi sekolah yang banyak diminati? Berikut adalah kelebihan bersekolah di Ikatan Dinas.

Prospek Kerja Lebih Terjamin

Prospek Kerja | DDTCNews
Prospek Kerja | DDTCNews

Tidak sedikit calon mahasiswa mempertimbangkan jenjang pendidikan selanjutnya untuk mempermudah dirinya untuk mencari kerja. Dilansir dari Kompas, setelah lulus dari PTK atau Ikatan Dinas, ilmu yang Kawan dapatkan bisa langsung diaplikasikan di dunia kerja, khususnya di lembaga pemerintahan sebab seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa PTK sendiri merupakan sekolah yang dikelola oleh instansi pemerintah.

Bisa dikatakan bahwasannya Kawan kelak tidak perlu merasa pusing mencari kerja sebab dengan masuk ke PTK, prospek kerja Kawan akan lebih terjamin.

Menjadi Aparatur Sipil Negara

Aparatur Sipil Negara | Mami Kos
Aparatur Sipil Negara | Mami Kos

Salah satu alasan mengapa PTK menjadi salah satu sekolah yang banyak diminati calon mahasiswa adalah terjaminnya untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang dulu biasa disebut PNS. 

Tentu jika berbicara mengenai ASN, Kawan akan mendapatkan banyak manfaat kerja mengingat ASN merupakan tanggungan negara. Tentu Kawan mengetahui bahwasannya tes CPNS selalu memiliki banyak peminat, hal tersebut tentu karena banyaknya keuntungan menjadi seorang ASN dan salah satunya adalah gaji yang stabil.

Namun Kawan harus mengetahui bahwasannya tidak semua PTK memberikan jaminan menjadi ASN, maka dari itu Kawan juga harus memperhatikan PTK mana yang menjamin menjadi ASN.

Biaya Pendidikan yang Lebih Murah, Bahkan Ada yang Gratis

Biaya Pendidikan | IDN Times
Biaya Pendidikan | IDN Times

Tidak banyak orang tahu bahwasannya bersekolah di PTK memberikan manfaat dan salah satunya adalah pada pembiayaan sekolah. Jika dibandingkan dengan PTN dan PTS, PTK memiliki biaya pendidikan yang relatif murah dan bahkan ada yang gratis.

Namun kembali lagi bahwasannya tidak semua PTK memiliki fasilitas pembiayaan yang gratis, dilansir dari Stan Brain, PTK yang memiliki fasilitas pembiayaan pendidikan yang gratis adalah PKN Stan, Politeknik Statistika, IPDN, Polteknik Siber dan Sandi Negara, dan juga Poltekip dan Poltekim Catar Kemenkumham.

Jurusan yang Variatif

Jurusan Variatif | Rencanamu
Jurusan Variatif | Rencanamu

Sama halnya dengan PTN dan juga PTS, PTK juga memiliki jurusan yang variatif. Dimulai dari keuangan, statistika, hukum, dan bahkan ada juga PTK yang berhubungan dengan intel. Jadi Kawan dapat mencari PTK yang jurusannya sesuai dengan minat dan juga bakat.

Bagaimana Kawan? Dengan mengetahui kelebihan bersekolah di PTK atau Ikatan Dinas, apakah Kawan tertarik untuk mendaftar di PTK? Jika memang begitu, harus Kawan pahami bahwasannya pendaftaran di PTK memiliki seleksi yang berbeda dengan PTN dan juga PTS. Maka dari itu, Kawan harus mempersiapkan diri ya!

Referensi: Aku Pintar | Kompas | Stan Brain