Keunikan Antropologi, Jurusan yang Sering Dikira Mempelajari Bintang
Ilustrasi│devran_topallar/Pixabay

Tidak seperti di SMA yang terbagi menjadi jurusan IPA, IPS, dan terkadang ada pula jurusan Bahasa, di dunia perkuliahan terdapat banyak sekali jurusan atau program studi.

Mulai dari yang paling umum seperti Ilmu Hukum dan Ilmu Komunikasi, hingga yang cukup asing seperti Ilmu Perpustakaan dan Antropologi. Nah, kali kita akan membahas tentang ilmu Antropologi, ilmu yang sering dikira mempelajari bintang.

Apa itu Antropologi?

Ilustrasi Tengkorak Manusia│MonicaVolpin/Pixabay

Antropologi pada dasarnya memiliki arti sebagai ilmu tentang manusia. Antropologi sendiri berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia, sedangkan logos berarti ilmu. Maka dari itu, pada dasarnya antropologi adalah ilmu tentang manusia.

Lantas apa yang dipelajari dari manusia? Banyak sekali! Antropologi mengkaji hampir seluruh aspek yang berkaitan dengan manusia. Mulai dari tingkah laku, pemikiran, hingga barang ciptaan manusia.

Yang dipelajari dalam antropologi sangat banyak sekali, mulai dari sistem ekonomi, hukum adat, agama, bahasa, hingga permuseuman. Bahkan, antropologi juga mengkaji tentang tubuh manusia, seperti bentuk wajah yang berbeda dari setiap ras, hingga evolusi yang terjadi pada manusia.

Jadi, selama disitu ada manusia, disitu pula ilmu antropologi ada. Jadi, jika Kamu mengambil jurusan ini saat kuliah, Kamu tidak akan bingung dalam membuat skripsi karena banyak fenomena di sekitarmu yang bisa Kamu teliti.

Siapa yang Cocok Masuk Jurusan Antropologi?

Dalam antropologi, Kamu akan sering mempelajari kebudayaan-kebudayaan manusia. Bagi Kamu yang tertarik dengan kebudayaan-kebudayaan lokal, Kamu akan sangat cocok untuk masuk di jurusan ini. Disini Kamu akan mempelajari tentang bagaimana sebuah kebudayaan terbentuk, dan kenapa kebudayaan tersebut dapat terbentuk. 

Jadi, misal Kamu tertarik dengan Reog Ponorogo, di sini Kamu akan mempelajari bagaimana Reog Ponorogo terbentuk, dan apa makna sebenarnya di balik Reog Ponorogo ini. Kamu mungkin juga sering berpikir, kenapa orang barat atau bule jauh lebih maju daripada orang Indonesia. Jika Kamu penasaran tentang hal ini, dan Kamu tertarik untuk mempelajari kenapa hal ini bisa terjadi, maka Kamu cocok sekali untuk masuk jurusan antropologi.

Apa Pekerjaan Seorang Lulusan Antropologi?

Ilustrasi│GAIMARD/Pixabay

Seorang lulusan antropologi akan memiliki kemampuan penelitian yang baik, mulai dari wawancara, observasi, hingga menyusun laporan penelitian. Biasanya, yang paling umum lulusan Antropologi akan menjadi seorang peneliti lapangan yang terjun ke masyarakat.

Selain peneliti lapangan, seorang lulusan antropologi juga bisa menjadi seorang dosen, kurator museum, wartawan, hingga pegawai negeri.  Namun, sebenarnya seorang lulusan antropologi tidak hanya terpaku pada pekerjaan-pekerjaan tersebut. Seorang lulusan antropologi bisa bekerja diluar beberapa pekerjaan tersebut, mengingat ruang lingkup antropologi yang cukup luas.

Kampus Mana Saja yang Memiliki Jurusan Antropologi?

Di Indonesia, jurusan antropologi bukanlah sebuah jurusan yang langka seperti jurusan astronomi yang hanya ada di ITB, dan jurusan teknik nuklir yang hanya ada di UGM. Jurusan antropologi bisa ditemukan di beberapa kampus di Indonesia.

Beberapa kampus yang memiliki jurusan antropologi adalah, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, dan masih banyak lagi.

Jadi, bagi Kamu yang ingin mempelajari antropologi, Kamu enggak perlu bingung lagi mau mengambil jurusan ini di mana. Jurusan ini tersebar di banyak kampus di Indonesia.

Referensi: RencanamuAkupintarLiputan6