Kiat Fokus Belajar dan Produktif Meski Sedang Berpuasa Ramadan
Tips produktif belajar selama Ramadan | Foto: Monstera/Pexels

Bulan Ramadan 2022 datang di tengah tahun akademik yang sedang berlangsung. Pasti banyak dari Goodmates yang baru saja selesai atau bahkan sedang menempuh ujian tengah semester saat bulan suci tiba.

Ssaat berpuasa, menahan lapar dan haus sudah menjadi kewajiban. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa, hal ini bisa jadi masalah. Rasa lapar yang berlebihan bisa membuat tubuh lemas dan sulit fokus di hari-hari awal berpuasa sebelum nanti jadi terbiasa.

Bila Goodmates khawatir kehilangan fokus belajar selama berpuasa, dalam artikel ini GoodSide akan memberi beberapa tips. Kiat ini bisa membantu menjaga tingkat fokus dan semangat belajar Goodmates meski tengah menjalankan ibadah puasa.

1. Membuat Strategi dan Target Belajar

Bulan puasa adalah momen yang tepat untuk mulai menyusun strategi belajar | Foto: Pew Nguyen/Pexels

Salah satu kunci memiliki fokus tingkat tinggi adalah mengetahui target yang ingin kamu capai. Sebelum bulan puasa tiba, ada baiknya Goodmates membuat target nilai atau pencapaian di setiap mata kuliah atau pelajaran.

Saat ini, Goodmates sedikit banyak pasti sudah mengetahui faktor apa yang menjadi penilaian. Misalnya, ada dosen yang mengambil nilai sebanyak 50 persen dari tugas presentasi dan 25 persen dari makalah. Dari informasi tersebut, Goodmates bisa menyusun strategi dan skala prioritas.

Baca juga: Belajar Kembangkan Hidup dari Filosofi Kaizen Ala Orang Jepang

Cara ini juga bisa membantu Goodmates untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Maka, Goodmates bisa mencapai target dengan usaha yang lebih santai. Sisa waktu yang ada bisa Goodmates pakai untuk ibadah dan istirahat.

2. Atur Waktu Tidur, Manfaatkan Waktu Sahur

Pastikan memiliki waktu tidur yang cukup agar tetap produktif saat puasa | Foto: Emma Filer/Pexels

Sebagian orang yang berpuasa mengalami perubahan dalam pola tidurnya karena harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Bila Goodmates merasakan hal yang sama, penting untuk mengatur pola tidur selama bulan puasa.

Pastikan Goodmates mendapat waktu tidur yang cukup. Selain itu, konsumsi makanan bergizi saat sahur, seperti telur yang mengandung omega 3 sehingga baik untuk otak. Jangan lupa minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Setelah sahur, Goodmates bisa menggunakan waktu yang ada untuk belajar. Waktu sehabis suhur sangat efektif untuk memahami materi tertentu karena kondisi otak yang masih fresh.

3. Tulis Agenda Harian

Menulis agenda harian dapat membantu meningkatkan fokus | Foto: Suzy Hazelwood/Pexels

Untuk mencegah rasa malas yang menghalangi Goodmates untuk produktif, buatlah agenda secara rutin setiap harinya. Selama bulan puasa, Goodmates tentu memiliki setidaknya dua macam target, yaitu target ibadah dan target akademik.

Baca juga: Tak Hanya Harry Potter, 5 Film Ini Bisa jadi Sarana Belajar Aksen British

Pisah keduanya dalam kolom yang berbeda di buku agenda atau aplikasi catatan digital milik Goodmates. Bila perlu, tambahkan alokasi waktu untuk setiap kegiatan dan alasan mengapa Goodmates harus melakukannya. Beri tanda checklist bila sudah selesai mengerjakan aktivitas tersebut.

Dengan membuat agenda harian, Goodmates akan tahu apa saja kegiatan yang perlu kamu lakukan. Maka, akan menjadi penyemangat untuk tetap produktif meski sedang berpuasa.

4. Mengurangi Distraksi

Menonton film terlalu lama bisa merusak produktivitas | Foto: Ron Lach/Pexels

Padatnya kegiatan selama bulan puasa membutuhkan manajemen waktu yang baik. Namun, semuanya akan bubar jalan jika Goodmates terdistraksi oleh banyak hal, seperti media sosial atau maraton series kesukaan hingga lupa waktu.

Baca juga: Segudang Manfaat Mengikuti Program Bootcamp

Untuk mengatasi hal ini, batasi atau bahkan hilangkanlah distraksi tersebut. Misalnya dengan menonaktifkan notifikasi media sosial, mengatur batas waktu menggunakan smartphone, atau membatasi tontonan selama bulan puasa.

Mengubah kebiasaan dan menerapkan batasan dari hal yang kita sukai memang sulit. Namun, selalu ingat bahwa melakukan yang terbaik dalam belajar maupun ibadah puasa akan membuat Goodmates mendapat reward yang lebih besar dan jangka panjang.

Demikian beberapa kiat yang GoodSide rekomendasikan untuk membantu tetap fokus belajar dan produktif selama bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi. Selamat menyambut bulan suci Ramadan bagi Goodmates yang menjalankan.

Referensi: Muslim Matters | Kumparan