Kiat Menjadi Alpha Woman, Wanita Tangguh dan Penuh Percaya Diri
Tammy, karakter alpha woman di serial "Search: WWW" | Foto: Mommies Daily

Apakah Goodmates pernah memiliki keinginan untuk menjadi seorang alpha woman? Alpha woman atau alpha female adalah sebutan bagi wanita yang pemberani, superior, dan cenderung memiliki status yang mencolok di lingkungan sekitarnya.

Goodmates bisa melihat contohnya pada karakter drama Korea seperti Jo Yi Seo di "Itaewon Class" atau Katniss Everdeen di serial "The Hunger Games". Alpha woman berani mendobrak tatanan sosial yang cenderung terdominasi oleh laki-laki.

Alpha woman hadir sebagai sosok yang selalu berani menyuarakan hak dan kepentingannya. Ingin menjadi seperti itu? Berikut beberapa kiat atau tips yang bisa Goodmates lakukan untuk menjadi alpha woman.

1. Memiliki Kecerdasan Emosional

Alpha woman terlihat tenang karena punya kecerdasan emosional | Foto: John Paul Duhan/Pexels

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengolah dan mengendalikan emosi. Seorang alpha woman tidak hanya cerdas secara wawasan, tetapi juga mampu mengatur emosinya dengan baik.

Baca juga: Komunitas Haenyeo, Wanita Penyelam Laut dari Pulau Jeju

Dengan kecerdasan emosional, alpha woman tidak akan mudah terpengaruh pada kondisi yang tengah terjadi di hidupnya. Ini akan menjadikannya tangguh dan mampu pada setiap tantangan sebagai sarana untuk membuka jalan baru, guna menggapai keinginannya.

Untuk melatih kecerdasan emosional, Goodmates bisa meluangkan waktu mengenali diri sendiri, mengembangkan rasa empati, dan belajar berkomunikasi dengan baik. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti membaca buku dan menulis jurnal harian.

2. Selalu Ingin Belajar

Alpha woman selalu tertarik mempelajari hal baru | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Bagi alpha woman, tidak ada kata berhenti untuk mempelajari hal-hal baru. Mereka selalu ingin meningkatkan kemampuan yang sudah ada atau mempelajari hal lain yang menarik perhatian. Mereka juga tidak ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli.

Dengan sifat ini, waktu luang menjadi hal berharga. Apalagi di era modern, ada banyak sarana yang bisa kamu manfaatkan untuk upgrade diri menjadi lebih mahir dalam bidang tertentu, seperti mendaftar kursus atau mengikuti webinar.

Sifat haus pengetahuan ini bisa Goodmates tiru dengan menentukan passion yang ada dan membuat target pencapaian tertentu secara konsisten. Tidak harus sesuatu yang besar, misalnya menyelesaikan membaca buku dalam seminggu.

Baca juga: Artis Berprestasi, Ini Dia Tips Belajar Efektif Ala Maudy Ayunda

3. Memiliki Kepercayaan Diri Tinggi

Jarang insecure, alpha woman memiliki kepercayaan diri tinggi | Foto: Dana Tentis/Pexels

Alpha woman tahu kualitas yang ada pada dirinya sehingga mereka jarang merasa insecure. Sebaliknya, mereka terkenal memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Hal itulah yang membuat alpha woman sering menjadi pusat perhatian.

Kepercayaan diri seperti ini bisa Goodmates dapatkan bila memahami dengan baik tujuan dan cita-cita. Dengan begitu, Goodmates akan fokus mencapai segala tujuan tersebut sehingga tak punya waktu untuk memikirkan hal tidak perlu.

Selain itu, Goodmates juga bisa belajar mencintai diri sendiri. Seseorang yang mencintai dirinya sendiri akan percaya pada kapabilitas diri sehingga tidak akan mudah merasa insecure.

Baca juga: 4 Beasiswa Ini Khusus Wanita, Apa Saja?

4. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Alpha woman punya jiwa kepemimpinan yang baik | Foto: mentatdgt/Pexels

Memiliki kepribadian yang kuat, alpha woman sering menjadi pemimpin baik dalam komunitas atau bahkan perusahaan. Mereka juga beruntung dengan sifat alamiah wanita yang mampu mengenali emosi orang lain dengan lebih baik.

Dalam kelompok, alpha woman seperti konduktor pada sebuah pertunjukan musik. Mereka mampu menciptakan harmoni pada komunitas tersebut. Dengan kecerdasan emosional yang ada, mereka dapat merangkul anggota lain dengan hangat tanpa harus kehilangan wibawa.

Kemampuan seperti ini biasanya terjadi secara alamiah. Namun, Goodmates juga bisa melatihnya dengan belajar menjadi pemimpin yang baik. Misalnya berani menyuarakan pendapat dan menjadi pendengar yang baik bagi orang lain.

5. Memiliki Sifat Ambisius

Alpha woman cenderung ambisius dan pantang menyerah | Foto: Christina Morillo/Pexels

Ambisius rasanya menjadi hal yang mencolok dalam diri alpha woman. Sifat ini juga yang membuat mereka terlihat lebih kuat dan selalu pantang menyerah.

Mereka cenderung tidak puas dengan pencapaian yang sudah ada sehingga terus mencari tantangan dan kesempatan baru. Sebagian besar, alpha woman merasa bahwa mereka bisa meraih apapun dengan kerja keras.

Meski sangat ambisius, alpha woman tetap membutuhkan dukungan dari orang lain. Bahkan, dukungan emosional dari orang-orang terdekat merupakan salah satu faktor terbesar bagi kesuksan mereka.

Itulah kiat untuk memiliki kepribadian keren seperti alpha woman. Selain alpha, ada jenis sebutan lain untuk wanita, yaitu beta dan omega. Semuanya sama-sama keren karena yang terpenting adalah berani untuk menjadi diri sendiri.