Kilas Balik: Hal-Hal Baik yang Viral di Indonesia Selama Tahun 2021
Adegan di Squid Game | Unsplash/Sung Jin Cho

Tanpa terasa, sudah menuju akhir tahun 2021, dan tahun baru 2022 tinggal menghitung hari. Rasanya, cepat sekali ya waktu berlalu, Kawan? Di rentang waktu tahun 2021, meski pandemi belum berakhir, ada juga hal-hal baik yang bisa kita syukuri. 

Misalnya seperti kasus harian COVID yang menurun, Indonesia menjadi juara Thomas Cup, Subway yang benar-benar dibuka di Jakarta, dan lain-lain. Jadi, meski ada beberapa hal yang mungkin terasa berat atau membuat sedih di tahun ini, masih ada hal-hal positif yang bisa disyukuri, bukan?

Berikut rangkuman beberapa topik berita baik yang ramai dan menjadi perhatian publik di sepanjang tahun 2021.

Mengalahkan China, Indonesia Juara Thomas Cup 2021

Jonathan Christie, Pebulu Tangkis Indonesia | Dok. BWF Badminton
Jonathan Christie, Pebulu Tangkis Indonesia | Dok. BWF Badminton

Bagi penggemar olahraga, terutama bulu tangkis, tentu tidak asing dengan berita ini. Indonesia merengkuh trofi Piala Thomas ke-14 setelah menang melawan China di final Thomas Cup 2021, Minggu (17/10/21) malam WIB. Jonatan Christie atau Jojo, menjadi pejuang terakhir yang mempersembahkan piala untuk Indonesia. 

Kita patut berbangga diri karena dengan penghargaan ini, Indonesia menjadi negara dengan koleksi Piala Thomas terbanyak berjumlah 14, diikuti oleh China di posisi kedua dengan 10 gelar. Wah, luar biasa sekali ya perjuangan atlet nasional kita?

Film ‘Yuni’ Hingga ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ yang Dapatkan Penghargaan Bergengsi di Luar Negeri

Pemain Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas | Dok. Palari Films
Pemain Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas | Dok. Palari Films

Di tengah pandemi selama tahun 2021, sineas Indonesia tidak berhenti menciptakan karya-karya terbaik mereka. Tak hanya mendapat apresiasi dan kebanggaan dari dalam negeri, sejumlah film lokal berhasil memperoleh penghargaan bergengsi tingkat internasional. Ada apa saja?

Ada film Yuni, garapan Kamila Andini, yang berhasil maju di ajang tertinggi film yaitu Oscar 2022. Film ini diumumkan oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia sebagai wakil untuk kategori The International Features Film Award. Tak hanya itu, film Yuni berhasil meraih penghargaan Platform Prize pada Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. Menampilkan karya dalam TIFF menjadi suatu dambaan bagi para sineas dunia, lho!

Selain Yuni, ada film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas yang belakangan ini viral di media sosial. Tidak hanya rilis perdana di Locarno Film Festival 2021, film ini berhasil memenangkan penghargaan utama dalam ajang tersebut. Lebih kerennya lagi, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas juga akan berpartisipasi di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021! Film adaptasi novel Eka Kurniawan ini masuk dalam sesi Contemporary World Cinema pada 9 - 18 September 2021. 

Selain dua film tadi, ada juga karya-karya lain dari sineas berbakat Indonesia. Film pendek Laut Memanggilku garapan Tumpal Tampubolon berhasil meraih penghargaan internasional. Film ini terpilih sebagai film pendek terbaik Sonje Award di Busan International Film Festival 2021 untuk kategori Film Pendek Korea dan Asia terbaik Wide Angle. 

Terakhir, film berjudul Before, Now & Then karya Kamila Andini, lolos seleksi untuk berpartisipasi dalam Asian Project Market (APM) 2021. APM sendiri  merupakan bagian dari Busan International Film Festival, yang menjadi platform untuk mempertemukan investor, produser, dan distributor film. 

Kasus Harian Menurun dan Tingkat Vaksin Tinggi, Indonesia Raih Penghargaan

Covid di Indonesia | Dok. Mufid Majnun
Covid di Indonesia | Unsplash/Mufid Majnun

Berita baik terakhir yang viral di 2021 adalah Indonesia meraih rangking pertama dalam hal pemulihan dan penanggulangan Covid-1 di Asia Tenggara, lho! Rangking ini berdasarkan penilaian situs media asal Jepang, Nikkei Asia di bagian Nikkei Recovery Index pada Jumat (5/11/2021). Di tingkat dunia, Indonesia ada di posisi ke-54 bersama Meksiko, Yordania, dan Korea Selatan. 

Berbagai pihak ikut berbangga dan menilai bahwa peningkatan ini sangat signifikan. Penilaian ini membuktikan bahwa Indonesia membaik dari segi angka infeksi yang rendah, tingkat vaksinasi lebih tinggi, dan disiplin penerapan pembatasan sosial. Tentu, faktor-faktor yang berkontribusi dalam upaya menurunkan angka infeksi virus corona di Indonesia di antaranya karena upaya percepatan vaksinasi nasional dan faktor pembatasan sosial serta kegiatan masyarakat yang terus digalakkan pemerintah. 

BTS Meal, Antrian Ramai Sampai Galang Dana Ratusan Juta dari ARMY Indonesia

Gerai McD di Indonesia | Unsplash/Visual Karsa
Gerai McD di Indonesia | Unsplash/Visual Karsa

Beralih ke topik makanan yang viral di tahun 2021, nih. Hampir setiap tahun, pasti ada hidangan tertentu yang menjadi tren, entah karena rasa, harga, atau makna dan kaitannya dengan acara tertentu. 

Kawan masih ingat euforia BTS Meal, bukan? Beberapa waktu lalu tepatnya pada Juni 2021, Indonesia dihebohkan dengan tren membeli sepaket hidangan McD yang berkolaborasi dengan boyband dari Korea, BTS. Menu berisi McNugget, kentang goreng, minuman soda, dan saus khusus ini  memiliki bungkus serba ungu yang identik dengan BTS. Produk yang terbatas ini menyedot perhatian ARMY Indonesia, sehingga melibatkan ribuan ojol. Pasalnya, menu BTS Meal memang hanya bisa dipesan secara drive thru dan delivery untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

Dalam beberapa hari, outlet McD yang menyediakan menu BTS Meal kebanjiran order, baik dari ojol maupun pembeli yang mengantri langsung. Meski awalnya cukup memicu "perdebatan" mengenai resiko penyebaran virus di tengah antrian, ada sisi positif yang bisa diambil yaitu kebaikan dan kerjasama dari para penggemar BTS di Indonesia. Pada Rabu (9/6/21), akun @armyindonesiaa2 mengungkapkan bahwa mereka berhasil mengumpulkan donasi sejumlah lebih dari Rp80.099.923 dalam waktu 24 jam!

Bahkan, setelah penggalangan dana dilakukan selama enam hari, total dana yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 262 juta. Lalu, komunitas ARMY Indonesia memberikan tip sebesar Rp 159 juta untuk sekitar 35.000 mitra driver Gojek yang telah mengantarkan paket menu BTS Meal melalui GoFood. Tip ini sendiri merupakan hasil penggalangan dana melalui platform kitabisa.com/armyindoberbagi dan kitabisa.com/annivbtsarmyberbagi.

Terlepas dari persoalan antrian ramai, kita bisa melihat besarnya kekuatan sebuah komunitas, nih. Dengan gerakan yang solid, komunitas apapun itu diharapkan bisa menggerakkan dan menghasilkan sesuatu, sehingga memberi manfaat bagi orang lain.

Tren Makanan Lain yang Viral Seperti Subway, Croffle, dan Permen Dalgona

Sandwich Subway yang Viral di Indonesia | Unsplash/Raphael Nogueira
Sandwich Subway yang Viral di Indonesia | Unsplash/Raphael Nogueira

Masih soal makanan, tren satu ini memang banyak terjadi pada tahun 2021. Subway, sebuah gerai sandwich yang terkenal di dunia akhirnya benar-benar membuka cabang di Indonesia! Pada 2020 lalu, warganet sempat digemparkan dengan kemunculan Instagram Subway Indonesia. Sayangnya, akun instagram ini terkonfirmasi sebagai buatan orang iseng saja, sehingga banyak yang merasa terkena prank dan kecewa. 

Namun akhirnya, pada Jumat (15/10/21), gerai Subway Indonesia resmi dibuka di Jakarta. Lokasi pertama gerai ini adalah di lantai 1 Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan. Menurut Anthony Cottan, Presiden Direktur PT Map Boga Adiperkasa Tbk, Subway akan dibuka hingga 8-10 gerai lain di Jakarta sebelum akhir tahun 2021. Lalu, tahun depan akan ekspansi juga ke Pulau Jawa. 

Saat pertama kali dibuka, Subway mendapat respons sangat positif terutama dari warganet. Dengan 10 varian menu sandwich berukuran 15 cm dan 30 cm, harganya dibanderol mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 95 ribu. Bukan lagi sekedar prank, Subway menjadi salah satu makanan yang viral dan dicari tahun ini!

Selain Subway, ada hidangan Croffle yang merupakan singkatan dari croissant dan waffle. Umumnya, croissant berbentuk seperti bulan sabit, sementara waffle memiliki banyak bentuk tergantung cetakannya. Adonan mereka pun berbeda. Croissant adalah jenis pastry beragi yang harus diistirahatkan sebelum dibentuk dan dipanggang, sementara adonan waffle berbentuk cair dan bisa langsung dipanggang setelah semua bahan dicampurkan.

Melansir dari Kompas.com, bentuk dan adonan kedua kue yang berbeda ini disatukan dan diberi nama Croffle oleh koki asal Dublin, Louise Lennox. Pada 2017, croffle akhirnya dijual pertama kali di kafe Dublin. Di tahun 2020, makanan ini sempat hits di Korea Selatan, setelah diperkenalkan oleh aktris sekaligus penyanyi Kang Min-Kyung. Hingga pada 2021, croffle banyak dijajakan di kedai kopi dan toko kue di Indonesia, menjadi salah satu hidangan viral yang digemari. 

Terakhir, ada permen Dalgona yang juga viral di berbagai negara karena kemunculan drama korea terkenal, Squid Game. Squid Game bercerita tentang 456 orang yang putus asa karena hutang mereka, lalu mempertaruhkan nyawa dengan mengikuti survival game misterius demi memperebutkan 45,6 miliar won. Dalam drama ini, ada satu game yang menarik perhatian, yaitu tantangan memotong permen dalgona sesuai bentuk tertentu. Game yang menantang dan bisa dipraktekkan ini membuat warganet tertarik mencobanya, hingga banyak dibagikan di media sosial.

Melansir dari Insider, dalgona terbuat dari campuran gula dan baking soda. Di Korea Selatan, permen dalgona yang sudah populer sejak 1970-an ini dikenal dengan nama Ppopgi. Sempat lama redup, pada 2020, dalgona kembali ramai diperbincangkan dalam bentuk sajian kopi. Berkat kepopuleran Squid Game, dalgona dalam bentuk permen kembali eksis di tahun 2021 sehingga banyak restoran yang menjualnya. 

Nah, itulah rangkuman beberapa hal baik yang viral selama tahun 2021. Semoga di tahun depan dan seterusnya, kita bisa semakin banyak mendapatkan berita-berita baik lainnya, ya!