Kilas Balik: Mengulas Terowongan Casablanca, Halloween Drive Thru Pertama di Indonesia
Halloween Night Terowongan Casablanca | detikcom/Viany Sahita

Beberapa saat lalu, tepatnya 31 Oktober, adalah waktu yang identik dengan perayaan Halloween. Meski awalnya merupakan festival dari bangsa Celtic Kuno di Irlandia, yang bernama festival Samhain, kini Halloween telah menjadi festival populer yang dirayakan oleh berbagai negara termasuk Indonesia. 

Beragam kegiatan menyambut Halloween seperti lomba kostum, dekorasi atau pesta khusus di cafe, pemutaran film horror, dan masih banyak lagi yang lainnya ramai ditemukan. Salah satu kegiatan yang menjadi favorit saat Halloween tiba adalah mengunjungi rumah hantu. 

Berbeda dari biasanya, tahun ini Kawan dapat mencoba sensasi rumah hantu drive thru yang pertama di Indonesia! Bukan berjalan kaki, Kawan bisa berkeliling menggunakan kendaraan layaknya memesan makanan cepat saji dari mobil. Bahkan tak hanya mobil, Kawan juga bisa memanfaatkan motor atau odong-odong yang disediakan untuk merasakan pengalaman unik ini. 

Telah dibuka sejak tanggal 22 Oktober, seperti apa keseruan Rumah Hantu Drive Thru ini? Yuk, simak ulasannya.

Mengambil Tema ‘Terowongan Casablanca”

Halloween Night Terowongan Casablanca sebagai kolaborasi dari JKTGO dan Rumah Hantu Indonesia mengambil tema “Terowongan Casablanca”. 

Seperti yang banyak diketahui warga Jakarta dan sekitarnya, Terowongan Casablanca terkenal dengan kisah mistis. Banyak kejadian horror pernah dirasakan oleh pengendara yang melintasi terowongan ini. Bahkan, dulu sempat ada anjuran untuk memencet klakson sebanyak tiga kali saat melintas agar pengendara tidak terkena kejadian-kejadian aneh. 

Melansir dari detikTravel, co-Founder JKTGO Ian Eryanto, mengatakan bahwa konsep ini merupakan yang pertama di Indonesia. Alasan ia mengangkat tema ini adalah karena cerita “Terowongan Casablanca” masih jarang dibahas, dibandingkan legenda horor Indonesia lainnya. 

Selain itu, sesuai dengan namanya, wahana rumah hantu drive thru ini berbentuk seperti terowongan. Tempatnya didesain seperti labirin dengan sejumlah atraksi yang dipisahkan oleh kain kelambu warna hitam. Setiap mobil bisa memutar radio berisi narasi yang sangat horor di frekuensi khusus, untuk menambah suasana mencekam. 

Tiket Masuk, Jam Operasional, dan Lokasi

Mengambil momen Halloween, Rumah Hantu Drive Thru awalnya dibuka dari tanggal 22 Oktober sampai 21 November saja. Namun, antusiasme pengunjung yang tinggi membuat wahana ini diperpanjang sampai 12 Desember. 

Jika Kawan tertarik, bisa datang ke parkiran basement Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara. Untuk masuk ke sini, satu orang dibanderol tiket seharga Rp50.000, baik untuk pengendara mobil, motor, ataupun odong-odong. Kawan bisa membeli tiket secara online di www.jktgosummerfair.com maupun on the spot. 

Untuk waktunya, weekdays dibuka pukul 15.00 - 21.00 WIB, sedangkan weekend dibuka pada pukul 14.00 - 21.00 WIB. Usahakan datang lebih awal ya Kawan, agar tidak mengantri karena semakin malam biasanya akan semakin ramai. 

Jika sudah memegang tiket, pengunjung bisa menuju konter wahana di dekat pintu masuk. Sebelum masuk, Kawan wajib untuk men-scan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat. Kemudian, Kawan akan diberikan brief untuk hanya memakai lampu kecil saat di mobil, dan menutup pintu selama melintasi terowongan. 

Mendapat Penghargaan Rekor MURI

Halloween Night Terowongan Casablanca mendapat penghargaan MURI | Instagram/@mallofindonesia

Wahana Rumah Hantu Drive Thru ini merupakan yang pertama di Indonesia, setelah sebelumnya mendapat inspirasi dari wahana serupa di Jepang. Pada 22 November 2021 lalu, wahana ini mendapatkan Rekor MURI sebagai “Rumah Hantu Drive Through Pertama di Indonesia" yang diberikan kepada Mall of Indonesia, JKTGO, dan Rumah Hantu Indonesia. Prosesi penyerahan Rekor MURI ini dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Jaya Suprana di Museum MURI Jakarta.

Feedback Positif dari Pengunjung

Setelah kurang lebih dua bulan berjalan, Halloween Night Terowongan Casablanca berhasil mendapatkan respon positif dari banyak pengunjung. Mulai dari pengunjung umum hingga publik figur ramai mendatangi tempat wisata yang sedang tren ini. Banyak juga aktor maupun aktris yang memberikan testimoni baik serta mendukung Halloween Night Terowongan Casablanca agar kembali dilaksanakan tahun depan. 

Gimana, apakah Kawan berani mampir ke rumah hantu yang satu ini? Jika Kawan tertarik, bisa cek informasi lainnya di @jktgo dan @mallofindonesia, ya! 

Referensi:

Terowongan Casablanca Drive Thru, Ngeri tapi Seru! (detik.com)   

Beli Tiket Terowongan Casablanca, Begini Caranya (detik.com)

Romantis Sudah Basi, Coba Jajal Terowongan Casablanca Buat Malam Mingguan (detik.com)

https://www.instagram.com/p/CWlU1NGvX15/?utm_source=ig_web_copy_link