Komunikasi dengan Rekan Kerja Tak Berjalan Mulus? Lakukan Cara Ini!
Ilustrasi Komunikasi Lancar | Foto: pexels.com/Edmond Dantes

Dalam sebuah perusahaan, komunikasi merupakan sebuah pondasi yang penting. Terutama dalam hal produktivitas dan efektivitas kerja. Apabila tidak ada komunikasi atau adanya hambatan dalam komunikasi, maka pekerjaan tidak akan berjalan sesuai dengan harapan.

Tak hanya itu, komunikasi yang kurang baik juga dapat menimbulkan berbagai masalah internal, maupun eksternal. Maka dari itu, jangan pernah tertinggal oleh segala informasi dan komunikasikan hal penting yang berhubungan dengan pekerjaan.

Bicara soal komunikasi, ada beberapa cara nih yang bisa kamu lakukan agar komunikasimu lebih baik dan bisa tersampaikan dengan jelas. Berikut ulasannya.

  1. Memahami Gaya Komunikasi
Ilustrasi memahami gaya komunikasi
pexels.com/AlenaDarmel

Sebelum memyampaikan informasi terhadap rekan kerja di kantor, ada baiknya kamu mengamati dan memahami gaya komunikasi di lingkungan kerjamu. Memang hal ini tidaklah mudah, karena dibutuhkan waktu yang lebih untuk bisa memahami gaya komunikasi rekan kerja kita. Nah, jika kamu sudah memahami gaya komunikasi di tempat kamu bekerja, tidak akan ada lagi yang namanya hambatan komunikasi.

  1. Menyampaikan Informasi yang Jelas
Ilustrasi menyampaikan informasi yang jelas
pexels.com/PolinaTankilevitch

Butuh skill komunikasi yang bagus dalam menyampaikan informasi agar tertata dan tidak melenceng ke pembahasan lainnya. Hal ini dilakukan supaya informasi yang disampaikan jelas dan terarah. Tak jarang ketika seseorang sedang tidak fokus atau kesulitan untuk menjelaskan sebuah informasi, maka informasi yang disampaikan akan menjadi bercabang alias bertele-tele.

Hati-hati, hal seperti ini biasanya malah jadi membosankan dan menimbulkan permasalahan baru dan bisa menunjukkan rasa kurang percaya dengan informasi yang kamu sampaikan. Sebisa mungkin hindari pengulangan kata “eeeee“ atau “hmmm“.

  1. Ekspresif dan Menggunakan Bahasa Tubuh
Ilustrasi ekspresif dan menggunakan bahasa tubuh
pexels.com/HenriMathieu-Saint-Laurent

Goodmates, apakah hal ini penting? Yup, tentu saja! Komunikasi bahasa tubuh sama pentingnya dengan cara menyampaikan secara lisan. Pasalnya, bahasa tubuh dan ekspresi dapat mendukung gaya komunikasi yang kamu sampaikan supaya tidak terlihat kaku dan tidak membosankan.

Selain bahasa tubuh, kamu juga bisa melakukan beberapa cara untuk mendukung komunikasimu agar berjalan lancar, seperti menggunakan ekspresi wajah, improvisasi intonasi, dan menggunakan gestur agar terlihat percaya diri.

  1. Ramah dan Sopan
Ilustrasi ramah dan sopan
pexels.com/Thirdman

Jangan pernah melupakan poin ini ya, Goodmates! Poin ini sangat penting, karena kita harus bersikap ramah dan sopan untuk menjaga komunikasi yang baik. Perhatikan pula siapa lawan bicara kita agar kita bisa menentukan bagaimana sikap untuk bicara yang lebih sopan dan enak didengar. Karena, jika kita berbicara dengan rekan kerja yang sepantaran akan berbeda jauh saat kita bicara dengan atasan atau rekan kerja usianya lebih tua. Hal ini dilakukan agar tidak ada rasa tersinggung dan komunikasi dapat berjalan dengan baik.

  1. Jangan Membahas Topik Sensitif
Ilustrasi jangan membahas topik sensitif
pexels.com/DeeanaArts

Sebisa mungkin hindari topik yang sensitif, seperti suku, ras dan agama. Selain itu, membahas kehidupan pribadi seseorang juga rasanya tidak sopan. Ketika melakukan komunikasi, sebisa mungkin topik pembicaraan di tempat kerja tetap netral. Tidak membahas politik atau topik sensitif lainnya yang bisa menyinggung pihak manapun.

Nah, kalau Goodmates masih merasa kesulitan untuk membangun komunikasi terhadap rekan kerja, kamu bisa melakukan cara tersebut ya! Goodluck!

 

Referensi: Workerspedia | Skill Academy

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.