Karakter Anime Hingga Layar Kaca, Ini Komunitas Cosplay yang Wajib Kamu Kepoin!
Ilustrasi cosplay | Foto: Stylist

Goodmates, adakah di antara kamu yang suka menonton kartun atau anime? Bagi kamu yang suka menonton anime, pasti sudah tidak asing dengan istilah cosplay. Cosplay atau costume-play sendiri sesuai dengan namanya merupakan sebuah kegiatan, yang biasanya dilakukan atas dasar hobi atau minat, yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang dengan menirukan gaya sebuah karakter dari anime, komik, kartun, hingga film.

Budaya ini dimulai di Jepang pada tahun 1970-an. Seiring berjalannya waktu, akhirnya budaya cosplay juga merambat ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Di Indonesia, budaya cosplay mulai populer pada tahun 2000, walaupun belum sepopuler di Jepang.

Hingga saat ini, banyak masyarakat Indonesia yang terjun dan melakukan kegiatan cosplay ini. Banyaknya anime, kartun, dan film yang diproduksi, juga menambah popularitas budaya yang berawal di wilayah Ashinoko, Jepang.

Kepopuleran cosplay membuat banyak masyarakat Indonesia turut antusias untuk membentuk komunitas. Komunitas-komunitas ini juga dijadikan sebagai ajang bagi para cosplayer untuk bisa menyalurkan hobi dan bertukar pikiran dengan sesama cosplayer. Berikut ini merupakan beberapa komunitas cosplay yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Cosplay Jakarta

Cosplayers dari Cosplay Jakarta | Foto: Kompas

Komunitas yang satu ini mulai berdiri pada tahun 2010. Benaya Bonaventura selaku kepala administrator pada waktu itu Cosplay Jakarta, mengatakan bahwa terhitung semenjak awal mula terbentuknya, Cosplay Jakarta sudah memiliki lebih dari 7.000 anggota.

Baca juga: Intip keseruan tradisi Syawalan di berbagai wilayah Indonesia

Tidak hanya di Indonesia, anggota komunitas ini juga diisi oleh masyarakat dari luar negeri yang terhubung melalui media sosial Facebook. Tidak hanya cosplayers, orang-orang yang hanya sekadar menikmati cosplay tanpa membuatnya juga bisa bergabung di komunitas ini.

Cosplay Jakarta juga sudah mencetak berbagai prestasi di dunia cosplay. Setiap tahunnya, komunitas ini mengirimkan perwakilan ke ajang bergengsi bagi para cosplayer, yakni World Cosplay Summit. Pada 2013, Cosplay Jakarta berhasil memenangkan posisi pertama di Anime Festival Asia.

Terhitung pada tahun 2018, Cosplay Jakarta sudah memiliki 9.000 anggota dengan posisi yang berbeda-beda. Yaitu di antaranya sebagai cosplayer, fotografer, costume maker, hingga sebagai penikmat cosplay saja.

Komunitas Cosplay Bandung

Salah satu cosplayer dari Cosplay Bandung Juara | Foto: Merdeka

Jika Goodmates pernah menyusuri Jalan Asia Afrika di Bandung pada waktu sore ke malam, kemungkinan besar kamu pernah melihat banyak orang yang berfoto-foto bersama para cosplayer di sana. Cosplay yang disuguhkan juga beragam, mulai dari robot-robot dalam film ‘Transformers’, karakter film kartun seperti Elsa dari ‘Frozen’ atau Iron Man dari Studio Marvel, hingga cosplay hantu Indonesia seperti Kuntilanak dan Pocong.

Cosplayers tersebut merupakan anggota dari salah satu komunitas cosplay di Bandung, yaitu Cosplay Bandung Juara. Komunitas yang berada di bawah binaan Asrul Yusuf, merupakan wadah bagi para cosplayer untuk berkumpul dan juga mencari penghasilan hidup melalui cosplay.

Baca juga: Bosan belajar Bahasa Korea? Ini dia tips anti mainstream belajar Bahasa Korea!

Komunitas yang satu ini, sudah berdiri sejak tahun 2010 lalu. Hampir setiap minggunya, para anggota Komunitas Cosplay Bandung Juara berkumpul di Balai Kota Bandung dan berusaha menarik perhatian masyarakat yang melintas di sana. Selain itu, mereka juga aktif dalam mengikuti lomba cosplay dan sempat ramai diperbincangkan karena kampanye mereka pada 2020 mengenai urgensi penggunaan masker di masa pandemi.

Albatross Force Cosplay (Yogyakarta)

Salah satu cosplay yang dilakukan oleh Albatross Community | Foto: Albatross Cosplay

Selain kaya akan budaya tradisionalnya, Yogyakarta juga merupakan salah satu wilayah Indonesia dengan masyarakat yang antusias akan cosplaying. Hal ini bisa dilihat dari komunitas cosplay-nya yang terkenal yaitu Albatross Force Cosplay.

Mereka berdiri pada 3 Mei 2007 dan berawal dari perkumpulan pendiri dengan teman-teman sehobi di SMA Pangudi Luhur. Albatross sendiri memiliki kepanjangan Alliance of Brigandine Trans Cosplayers.

Komunitas yang didirikan oleh A Krishnaadituosyud Adam atau dikenal dengan panggilan Yzack ini, juga sering mencetak berbagai prestasi dalam lomba dan acara. Misalnya, mereka memenangkan kategori Best Romantic Couple pada event Elok Galaxy Media 2007, memenangkan posisi kedua sebagai juara di Kimochi Fest 2008 dan juga menjadi bintang tamu di berbagai acara yang berkaitan dengan budaya Jepang.

Itu dia, Goodmates beberapa komunitas cosplay yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. Apakah Goodmates tertarik untuk bergabung bersama mereka?