IPB University Hadirkan Komunitas Golf, Tertarik Bergabung?
Ilustrasi kegiatan olahraga golf di IPB Golf Community | Foto: Robert Ruggiero/Unsplash

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain mengatur gaya hidup yang sehat, salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Kegiatan olahraga sendiri berbagai macam jenisnya, seperti golf.

Jenis olahraga satu ini kerap mendapatkan julukan sebagai olahraga yang mahal. Pasalnya, untuk bermain golf memang butuh beberapa peralatan yang mampu menunjang kegiatan. Seperti satu set tongkat golf lengkap dengan aksesoris tambahan, bola golf, hingga pakaian untuk bermain.

Kini, Institut Pertanian Bogor (IPB) atau IPB University turut meramaikan komunitas golf dari perguruan tinggi di Indonesia. IPB baru saja menggelar soft launching komunitas olahraga baru, yakni IPB Golf Community pada Jumat (11/3) lalu.

IPB Golf Community Wadahi Bakat Mahasiswa

IPB University hadirkan IPB Golf Community, komunitas golf untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa | Foto: istimewa/bogorterkini.id
IPB University hadirkan IPB Golf Community | Foto: istimewa/bogorterkini.id

Melansir press release dari situs resmi milik IPB University, komunitas olahraga ini tercetus dari Sub Direktorat Pembinaan Karakter Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier (Ditmawa PK) bersama para mahasiswa pegiat olahraga golf.

IPB Golf Community memang sengaja hadir untuk menjadi wadah bagi para mahasiswa IPB University yang memiliki minat atau ketertarikan terhadap golf. Menurut Dodo Notonegoro selaku founder dari IPB Golf Community, kehadiran komunitas ini menjadi salah satu bukti dukungan dari pihak kampus atas pengembangan olahraga di IPB University.

Baca juga: Anti Awkward, Begini Tips Hilangkan Rasa Canggung Saat Ketemu Teman Lama

Fakta menariknya, sebelum kehadiran IPB Golf Community, IPB University telah memiliki PGA IPB - Golf Club atau Persatuan Golf Alumni IPB yang masih merupakan bagian dari organisasi induk alumni Alumni IPB. PGA IPB mulai terbentuk pada 2000 oleh Alm. Prof. Soleh Solahuddin, Prof. Ahmad Ansori Mattjik, Ir. Ibrahim Wiiradisastra, dan Dr. Eko Sugeng.

Pembentukannya sendiri berdasarkan kebutuhan untuk menggalang para alumni IPB University yang telah sukses dalam berbagai bidang, khususnya bermain golf. Program yang sudah pernah terselenggara oleh PGA IPB, antara lain menyelenggarakan turnamen rutin tahunan mulai dari tahun 2010 lalu.

Kemudian, terdapat latihan rutin bersama yang terselenggara setiap 2 bulan. Adapula latihan bersama dalam skala yang lebih kecil,berlangsung setiap minggu dengan lokasi lapangan yang berbeda setiapnya.

Baca juga: Main Tamiya Bersama Komunitas Street Mini 4WD Indonesia

Manfaat Berolahraga Golf

olahraga golf memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan kesehatan mental | Foto:  GETTY
Olahraga golf memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan kesehatan mental | Foto:  GETTY

Melakukan olahraga golf ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Merangkum penjelasan oleh Tempo, melakukan olahraga golf mampu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Sebab, olahraga golf melibatkan gerakan mengayunkan tongkat golf ke arena lapangan dan membuat pemainnya butuh banyak berjalan kaki.

Selain itu, olahraga golf juga dapat meningkatan kebugaran aerobik. Kamu membutuhkan latihan perut? Olahraga golf bisa menjadi salah satu latihannya. Golf bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan serta fungsi otot dan kekuatan diri, termasuk meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Baca juga: Cari Tahu Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree

Untuk kesehatan mental, golf sebagai olahraga yang ringan dan terbukti mampu mengurangi stres serta kecemasan. Biasanya, lapangan golf berlokasi di arena hijau yang luas dan terbuka. Menikmati pemandangan alam dapat mengurangi kadar stres dan memulihkan diri dari kelelahan mental.

Sebuah penelitian dari “The British Journal of Sports Medicine” menunjukan orang yang rutin bermain golf bisa terhindar dari 40 penyakit kronis. Di antaranya diabetes dan kanker payudara atau kanker usus. Penelitian tersebut juga menemukan para pemain golf hidup lebih lama daripada mereka yang tidak bermain golf.

Referensi: IPB University | PGA IPB | Tempo | Klik Dokter