Melihat Komunitas Mahasiswa Kece Ikatan Alumni PIMNAS
Komunitas Mahasiswa KECE (Keren & Cerdas) | Foto: Dokumentasi MT IAP

#FutureSkillsGNFI

PIMNAS atau Pekan Ilmian Mahasiswa Nasional merupakan salah satu ajang lomba bergensi di kalangan Mahasiswa seluruh Indonesia. Ajang tersebut menjadi tahap akhir dari beberapa tahap seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di bawah koordinasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Kegiatan PIMNAS hadir setiap tahun oleh Ditjen Diktiristek melalui Belmawa. Terlaksana di universitas yang berbeda setiap tahunnya, pemilihannya bergantung pada hasil pemilihan tuan rumah dalam kegiatan PIMNAS. Pelaksanaan PIMNAS dari tahun ke tahun melahirkan banyak alumni dari ratusan, bahkan ribuan Universitas di seluruh Indonesia.

Kegiatan PIMNAS merupakan final atas segala proses berjuang di PKM. PIMNAS juga sebagai wadah untuk mahasiswa belajar memperbaiki diri dan melihat kekurangan yang bisa mahasiswa isi.

Mahasiswa bisa jadikan kegiatan ini sebagai pengalaman karena mengubah pola pikir, cara pandang, dan sikap dalam suatu permasalahan. Ya, PIMNAS seperti kawah candradimuka yang mengubah kita menjadi manusia yang berusaha seutuhnya.

Awal Mula Komunitas

Kongres I ALUMNI PIMNAS | Foto: Dokumentasi MT IAP

Komunitas ini hasil inisiasi oleh para alumni PIMNAS 33--34 yang telah menjadi rencana sejak lama, tetapi baru terwujud pada 2021. Dari banyaknya ide-ide alumni PIMNAS yang belum terealisasi, membuat para alumni PIMNAS berusaha untuk mewujudkan komunitas ini dan menjadi wadah bagi setiap alumni untuk berbagi dan mengembangkan diri.

Ikatan Alumni Pimnas ini terbentuk pada November 2021 ketika mulainya kongres pertama dengan tujuan sebagai wadah belajar dan berkembang, serta menerapkan ide-ide para alumni PIMNAS menjadi kenyataan.

Baca juga: Menambah Jaring Pertemanan Melalui Kampus Merdeka

Komunitas ini hadir tepat pada waktu dan tempatnya, mengisi kekosongan dan menjadi jembatan bagi setiap orang untuk bergerak berdasarkan ide dan nilai bukan rupiah.

Bukan hanya para alumni, tetapi komunitas ini juga mendapat dukungan oleh para juri PIMNAS guna menjadi bagian dari sebuah gerakan membangun pola pemikiran inovasi di Indonesia.

Anggota komunita IAP berasal dari berbagai universitas di seluruh Indonesia yang telah menjadi alumni PIMNAS. Bertumbuh dan berproses bersama via virtual bukanlah suatu penghalang untuk.

Namun, dengan keterbatasan ini para anggota menganggapnya sebagai suatu tantangan tersendiri. Berproses bersama dan membangun tim yang hebat meskipun hanya bersua via virtual

Baca juga: Menilik Sejarah dan Fakta 4 Kampus Tertua di Dunia

Wujudkan Tujuan Komunitas

Kemajuan teknologi abad ke-21 sangat banyak membantu IAP dalam mewujudkan tujuan komunitas ini. Membangun pondasi keprcayaan satu sama lain via virtual menjadi tantangan tersendiri untuk komunitas ini.

Di dalam komunitas ini memberikan kesempatan kepada setiap anggota untuk menyampaikan apa yang mereka pikirkan, memberikan mereka waktu untuk berkembang sesuai passion mereka, serta menggali ide dan belajar untuk menjadi inovatif.

Tak lupa untuk selalu apresiasi segala proses dan yakinkan untuk selalu tidak pernah berhenti belajar, guna menjadi lebih baik dari kritik dan saran orang lain.

Aditia Pramudia Sunandar selaku Executive Director MT IAP 2022 mengatakan bahwa dirinya mulai mengenal PIMNAS sejak semester 4. Saat itu bertugas sebagai LO dari salah satu Universitas di Kalimantan. Sejak saat itu, ia tertarik untuk terlibat dan lolos PIMNAS.

Baca juga: Ide Kegiatan Sosial Komunitas Selama Bulan Suci Ramadan

Harapannya, komunitas IAP menjadi wadah untuk bertumbuh. Melalui komunitas ini, bisa muncul yayasan yang akan memberdayakan mahasiswa untuk terus berinovasi dan tidak terkendala biaya pendidikan.

Menjadi sebuah start up yang akan merealisasikan ide-ide alumni PIMNAS menjadi kenyataan, mempertemukan mereka dengan investor, dan menjadi jembatan bagi setiap anak muda untuk berkontribusi bagi negara.

Mari mengenal lebih jauh mengenai komunitas IAP melalui akun instagram @official.alumnipimnas dan akun YouTube Ikatan Alumni PIMNAS Se-Indonesia.