Sambut Ramadan, Intip 3 Komunitas Muslim di Negara Barat
Ilustrasi komunitas muslim yang berbuka puasa bersama saat Ramadan | Foto: Anadolu Agency

Ramadan telah tiba! Seluruh umat muslim di penjuru dunia menyambut kedatangan bulan suci ini dengan suka cita. Tak terkecuali masyarakat muslim yang menjadi minoritas, seperti di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. 

Walau demikian, hal tersebut tidak mengurangi semangat dari para muslim di luar negeri untuk beribadah. Bukan tanpa sebab, hal tersebut terjadi karena adanya komunitas-komunitas muslim yang menaungi mereka.

Komunitas-komunitas ini memiliki banyak agenda, khususnya untuk menjalankan ibadah selama Ramadan yang membuat bulan suci menjadi makin semarak. Goodmates penasaran ada komunitas apa saja? Mari kita simak bersama!

1. Muslim Youth of Victoria

Perayaan Ramadan di Dar Al-Ihsan oleh Komunitas MYV | Foto: CHEK

Di Victoria Kanada, ada sebuah kota yang memiliki komunitas islam cukup terkenal bernama Muslim Youth of Victoria (MYV). Kota Victoria tersebut juga merupakan ibu kota dari provinsi British Columbia.

MYV memiliki masjid sebagai pusat studi Islam bernama Dar Al-Ihsan. Di tempat inilah berbagai kegiatan keagamaan terlaksana, salah satunya madrasah (sekolah agama) setiap Senin hingga Kamis setelah jam sekolah formal selesai.

Baca juga: Resmi! Qatar Siap Gelar FIFA World Cup 2022 pada Akhir Tahun

Nah, kabar baik datang dari komunitas MYV di Ramadan tahun ini. Setelah dua tahun merayakan Ramadan di rumah masing-masing karena pandemi, tahun ini komunitas muslim tersebut sudah bisa merayakan ibadah Ramadan secara bersama-sama.

Tak hanya itu, MYV juga mengembangkan program bernama Ramadan Food Hamper untuk menyediakan kebutuhan pokok. Mulai dari minyak dan pasta akan mereka bagikan untuk keluarga-keluarga tidak mampu.

2. London Muslim Community

Komunitas muslim di London | Foto: @LondonMosque/Twitter

Apa yang Goodmates pikirkan ketika mendengar kata London? Identik dengan Big Ben, Istana Buckingham, hingga film Harry Potter, ternyata di kota ini ada sebuah komunitas muslim yang besar. Komunitas yang berbasis di London Muslim Mosque ini bahkan sudah ada sejak 1964 silam.

Sudah ada sejak lama, komunitas muslim London memiliki banyak program, seperti sekolah Islam hingga olahraga. Bahkan, komunitas ini juga melayani pernikahan hingga prosesi pemakaman secara Islam.

Website mereka juga menyediakan informasi yang lengkap seputar ibadah, seperti jadwal salat hingga zakat fitrah. Pada Ramadan kali ini, akhirnya komunitas muslim London bisa menggelar salat tarawih bersama di masjid setelah dua tahun tiada karena pandemi.

Mereka juga membuka donasi bagi siapapun yang ingin menyedekahkan uang maupun makanan bagi orang tidak mampu. Donatur bisa melakukan donasi uang secara online dan mengirim langsung ke masjid untuk donasi berbentuk makanan.

Baca juga: Hindari Boros, Begini Cara Atur Keuangan Saat Bulan Puasa

3. Austin Muslim Community

Komunitas muslim di Texas | Foto: Public Radio International

Sebagai salah satu kota di Texas, Austin memiliki beberapa komunitas muslim, salah satunya bernama Austin Muslim Community. Komunitas ini bertujuan untuk memberi informasi kepada warga muslim di Austin tentang berbagai hal menyangkut Islam, seperti restoran halal hingga masjid untuk mendukung berbagai aktivitas keagamaan.

Di antara program dari Austin Muslim Community ada Faith ATX. Sebuah wadah bagi kaum muslim muda di Austin untuk membangun jaringan profesional dan meningkatkan keimanan bersama melalui kajian spiritual bulanan. Ada pula beberapa aktivitas eksplorasi museum dan alam yang tergabung dalam program bernama Family Friendly Activities.

Baca juga: Daftar Aplikasi di Android dan iOS untuk Menunjang Ibadah Selama Ramadan

Nah, sama seperti dua komunitas sebelumnya, komunitas ini juga sudah mulai merayakan Ramadan secara langsung setelah beberapa tahun harus membatasi diri karena pandemi. 

Demikianlah ulasan tentang 3 komunitas masyarakat muslim yang ada di negara Barat. Adanya komunitas tersebut dapat menguatkan keimanan dan solidaritas antar sesama muslim di negara sana. Dengan berbagai program yang tersedia, masyarakat juga bisa berbagi kepada satu sama lain.

Referensi: CHEK | Global News | kxan