Mengenal Komunitas One Day One Juz, Tersebar Hampir Seluruh Dunia
Komunitas One Day One Juz | Foto: @odojsurabaya/Instagram

Bergabung dalam komunitas memang memiliki banyak manfaat, termasuk dalam hal bidang agama dan keimanan. Ada beragam komunitas yang memberikan wadah bagi anggotanya untuk mengembangkan diri, seperti Komunitas One Day One Juz.

Komunitas ini bertujuan mewadahi dan membudayakan membaca Al-Qur’an satu juz per hari bagi setiap anggotanya, serta mengemasnya dalam beberapa kegiatan. Kegiatan-kegiatan lain juga tidak terlepas dari interaksi bersama Al-Quran.

Terlebih di bulan suci Ramadan saat ini, komunitas One Day One Juz adalah salah satu komunitas yang bisa menjadi contoh buat kamu agar mampu menjalankan ibadah.

Penasaran dengan komunitas ini termasuk kegiatan-kegiatan di dalamnya? Yuk, simak lebih lanjut!

Mengenal Komunitas One Day One Juz

Illustrasi komunitas One Day One Juz | Foto: Unsplash

Komunitas One Day One Juz bertujuan untuk mewadahi dan membiasakan anggotanya agar mampu Istiqomah Tilawah tiap harinya minimal 1 ayat hingga 1 juz. One Day One Juz (ODOJ) sudah memiliki anggota lebih dari 115.000 anggota dari seluruh dunia.

Baca juga: Jangan Langsung Tidur! Lakukan Kegiatan Produktif Ini Setelah Sahur

Beberapa anggota yang tersebar di luar negeri ada di Malaysia, Singapura, Jepang, Hongkong, Taiwan, Turki, Amerika Serikat, Mesir dan beberapa negara lainnya. Ada beberapa misi yang komunitas ODOJ lakukan dalam rangka menyukseskan tujuannya.

Mereka menyebarluaskan One Day One Juz melalui pengoptimalan seluruh sumber daya yang ada. Tak hanya itu, ODOJ juga membuat grup tilawah pada media sosial dan beragam media lain, hingga melakukan usaha lain sepanjang tidak bertentangan dengan asas, pedoman, sifat, dan tujuan komunitas.

Komunitas ODOJ juga sudah memiliki pengesahan berbadan hukum berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-00079.60.10.2014.

Sejarah Komunitas One Day One Juz

Illustrasi komunitas One Day One Juz | Foto: Unsplash

Komunitas One Day One Juz berawal dari obrolan WhatsApp antara para founder, yakni Ricky Adrinaldi dan Fatah Yasin. Mulanya karena rasa penasaran, Ricky melihat adik iparnya yang giat membaca Al-Qur’an.

Singkatnya, pada 15 Oktober 2013 Ricky dan Fatah membentuk grup WhatsApp Ikhwan Satu. Pada awalnya, sangat susah menemukan anggota yang ingin bergabung dengan grup tersebut. Berkat kerja keras, akhirnya grup tersebut lengkap memiliki 30 anggota dalam empat minggu.

Tidak puas hanya satu grup, mereka kemudian terus melakukan ekspansi sehingga menjadi komunitas yang besar saat ini.

Baca juga: Deretan Kampus yang Menerima Beasiswa Jalur Hafiz Qur'an

Kegiatan Komunitas One Day One Juz

Illustrasi komunitas One Day One Juz | Foto: Unsplash

Ada beberapa kegiatan yang biasa komunitas One Day One Juz lakukan untuk menyukseskan tujuannya. Setidaknya ada empat program utama yang mereka lakukan, yakni ODOJ, ODALF, ODOL KIDS, dan ODOJ STAR.

Keempat kegiatan tersebut memiliki jenis kegiatan yang berbeda-beda. Mulai dari program Tilawah setiap hari 1 juz Qur’an, program Tilawah setiap hari setengah juz Al-Qur’an, program Tilawah anak setiap hari 1 lembar Al-Qur’an, dan program Tilawah setiap hari dengan jumlah bebas, minimal 1 ayat Al-Qur’an.

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait komunitas One Day One Juz. Bergabung ke komunitas ini tentu memiliki banyak manfaat, selain bentuk beribadah dan pengembangan diri di bidang agama, ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga: Momen Haru Ramadan, Salat Tarawih di Times Square dan Hagia Sophia Turki

Mulai dari lingkungan komunitas yang positif dan suportif bisa kamu dapatkan. Ada juga kesempatan buat kamu untuk memperluas jaringan, bisa mengikuti beberapa kegiatan secara gratis, sumber pahala, hingga mampu memberikan ketenangan dalam diri.

Jika kamu bingung mencari komunitas yang bisa memberikan wadah untuk pengembangan diri atau memperdalam iman di bidang agama, komunitas ODOJ bisa menjadi salah satu referensinya. Kamu bisa mengunjungi websitenya di onedayonejuz.org untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Referensi: One Day One Juz | Kumparan