Komunitas Pencinta Kereta Api, Lestarikan Aset Perkeretaapian Indonesia
Ilustrasi kereta api. | Sumber: Gary Doughty/Unsplash

Naik kereta api tut.. tut.. tut.. Siapa hendak turut? Ke Bandung Surabaya, bolehlah naik dengan percuma, ayo kawanku lekas naik, keretaku tak berhenti lama~

Siapa yang tidak familiar dengan penggalan lirik di atas? Tentu saja Goodmates tahu. Kapan terakhir kali kamu naik kereta api? Salah satu transportasi umum di Indonesia ini masih menjadi pilihan banyak orang ketika bepergian. Pemandangan yang beragam di samping kanan kiri dan guncangan kereta api yang khas saat sedang berjalan memang menjadi kenangan tersendiri bagi masing-masing orang.

Kereta api memiliki sejarah yang panjang. Apabila kamu tertarik mengetahui lebih dalam mengenai kereta api, berikut terdapat komunitas-komunitas pencinta kereta api di Indonesia yang dapat mewadahi minat kamu.

Komunitas pencinta kereta api di Indonesia

ilustrasi komunitas pecinta kereta api. | Sumber: dokumen Indonesian Railway Preservation Society
ilustrasi komunitas pencinta kereta api. | Sumber: dokumen Indonesian Railway Preservation Society

Bukan hanya sekadar kumpul-kumpul dan saling berbagi cerita saja, komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) juga memiliki banyak kegiatan bermanfaat lainnya. Komunitas pencinta kereta api ini memusatkan perhatian dan kegiatannya pada penyelamatan dan pelestarian aset perkeretaapian Indonesia yang memiliki nilai sejarah.

Berawal dari rasa kepedulian terhadap kelestarian kereta api yang terlantar, dilansir dari situs resminya, pada tahun 2001 para pencinta kereta api Indonesia ini membentuk kelompok kerja bernama “Friends of CC200” dan bergabung di bawah IRMC (Indonesian Railway Modeler Club) sebab belum memiliki organisasi besar untuk melindungi kelompok ini.

Kemudian, setelah berhasil melestarikan lokomotif CC200, pada 25 Juni 2005 dibentuklah Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) sebagai induk organisasi dari “Friends of CC200”. Tujuannya, agar lebih fokus dalam pengerjaan tugas-tugasnya. “Friends of CC200” kemudian dipindahkan dari IRMC ke IRPS.

Kegiatan-kegiatan yang dimiliki komunitas ini antara lain edukasi dan kajian, eksplorasi sejarah, pelestarian atau seminar, wisata sejarah, dan program santai seperti berburu foto dan mengunjungi fasilitas kereta api. Komunitas ini terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan dan usia. Bila kamu ingin bergabung, dapat mendaftar melalui situs resmi milik mereka di irps.or.id.

Tak kalah seru, Komunitas Edan Sepur Indonesia (KESI) juga memiliki kegiatan-kegiatan yang mengedukasi masyarakat dan sekitar. Komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2009 ini juga dikenal sebagai Indonesian Edan Sepur Community atau Indonesian Railfans Community (IESC/IRC).

Dilansir dari Instagram resmi mereka @edansepurid, seperti kegiatan #DisiplinPerlintasan yang merupakan kegiatan edukasi di perlintasan sebidang ini terbuka untuk siapapun yang ingin turut serta berkontribusi.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2014 dan bekerjasama langsung dengan beberapa pihak. Di antaranya Kereta Api Indonesia, Dinas Perhubungan Jawa Barat, RTMC Ditlantas Polda Jawa Barat, dan beberapa pihak lainnya.

Terbaru pada November 2021 lalu terdapat kegiatan #DisiplinBerkereta. Komunitas ini memberi edukasi dan aksi simpatik pada pengguna kereta api untuk menekan pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan, yang terjadi di kereta api dalam rangka memperingati Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Internasional.

Apabila kamu ingin mengikuti kegiatan-kegiatan Komunitas Edan Sepur Indonesia, jangan lupa menghubungi kontak yang tertera di Instagram KESI dan tetap patuhi protokol kesehatan ya!

Ada juga nih komunitas untuk Goodmates yang berdomisili di Jawa Timur dan sekitarnya. Sahabat Kereta (SK) dibentuk pada tahun 2016 di Surabaya. Sebagai wadah bagi pencinta kereta api, komunitas ini juga miliki kegiatan-kegiatan yang tak kalah menarik seperti sosialisasi keselamatan, bakti sosial, edukasi hingga membentuk tim posko bantuan saat arus mudik atau balik juga Nataru di beberapa stasiun besar Surabaya.

Itu dia beberapa komunitas pencinta kereta api di Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk bergabung?

Referensi: Indonesian Railway Preservation Society | Instagram Edansepurid | Indo Relawan | Sahabat Kereta