Melihat Sejarah Bersama Komunitas Reenactor Indonesia
Komunitas Reenactor Indonesia | Foto: Kompasiana

Menelusuri sejarah kini bisa lebih seru bersama komunitas Reenactor Indonesia. Sejarah tidak pernah gagal meninggalkan kesan bagi sebagian orang. Mempelajari sejarah adalah hal yang menyenangkan meski sudah terjadi di masa lalu.

Sejak duduk di bangku sekolah, banyak sekali pelajaran sejarah yang menceritakan perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Cerita tersebut selalu hadir dalam pendidikan akademis yang membuat setiap peristiwa jadi membekas.

Meskipun tidak hidup di masa itu, kita bisa membayangkan bagaimana Ir. Soekarno membacakan proklamasi, peristiwa pembacaan teks sumpah pemuda, dan para pejuang yang melakukan perlawanan serta stimulus untuk selalu cinta tanah air.

Sayangnya, tidak banyak pilihan metode untuk belajar dan mengenang peristiwa bersejarah di masa lalu. Sebagian orang melakukannya dengan membaca buku sejarah, menonton film, atau sekadar mendengar cerita. Meski demikian, dengan hadirnya komunitas Reenactor Indonesia memberikan cara baru dalam melihat sejarah.

Mengenal Komunitas Reenactor Indonesia

Komunitas Reenactor Indonesia | Foto: Kompas

Komunitas Reenactor Indonesia aktif melakukan kegiatan dalam hal menampilkan kembali peristiwa sejarah. Reenactor berasal dari kosakata bahasa Belanda, yakni ree anactment yang artinya reka ulang sejarah.

Bagi Reenactor Indonesia, menghidupkan kembali peristiwa sejarah tidak hanya dengan cara mengoleksi benda sejarah atau diskusi di sudut warung kopi. Akan tetapi, mereka menghidupkan sejarah dengan membuat reka adegan peristiwa masa lalu. Reka adegan tersebut menceritakan peristiwa sejarah lengkap dengan mengenakan pakaian-pakaian yang ada di masa itu.

Baca juga: Menelusuri Sejarah Dua Presiden Indonesia yang Terlupakan

Komunitas Reenactor Indonesia lahir pada tahun 2008. Awalnya, komunitas ini berangkat dari hobi menyukai sejarah dan rasa ingin menggunakan pakaian seragam melakoni adegan dalam peristiwa tertentu.

Reenactor Indonesia berusaha untuk membangkitkan dan merekonstruksi sejarah yang terjadi di Indonesia. Selain itu, Reenactor Indonesia selalu berpegang teguh pada prinsip No Political Issue. Reenactor Indonesia berupaya dalam setiap kegiatan, baik foto, video, maupun drama teatrikal tidak melibatkan isu politik yang ada dalam sejarah.

Kegiatan Komunitas Reenactor Indonesia

Komunitas Reenactor Indonesia | Foto: Kompas

Seperti namanya, kegiatan komunitas Reenactor Indonesia berfokus pada reka adegan peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Bentuknya beragam, baik berupa foto, video, maupun drama teater.

Kegiatan yang mereka lakukan merujuk pada foto dan dokumentasi sejarah sehingga tidak asal dalam melakukan reka ulang. Uniknya, pakaian yang mereka kenakan pun menyerupai pakaian pada masa lalu.

Seperti menggunakan pakaian militer yang lengkap dengan topi, emblem, pin, hingga peluit. Tak luput juga senjata yang membuat tampilan lebih sempurna. Lalu, aksesoris yang mereka gunakan sesuai dengan peran yang mereka ambil.

Baca juga: Asyik Belajar Sejarah dengan Permainan Kartu Linimasa

Selama ini, pakaian-pakaian tersebut mereka dapatkan dengan menggunakan biaya pribadi untuk membeli dan mendesain perlengkapan. Meski demikian, Reenactor Indonesia masih eksis berkat rasa gigih tiap anggota.

Saat ini, Reenactor Indonesia sudah berkembang pesat. Banyak orang bergabung ke dalam komunitas, mulai dari anak SD, tentara, hingga dosen. Bagi mereka, tidak ada batasan usia dalam mencintai dan belajar sejarah Indonesia.

Selain kegiatan di atas, tak jarang Reenactor Indonesia berkumpul untuk diskusi dan mengunjungi museum. Bagi mereka, museum adalah tempat yang tepat menjadi media belajar sejarah untuk pemuda.

Penghargaan Komunitas Reenactor Indonesia

Komunitas Reenactor Indonesia | Foto: DJKN Kementrian Keuangan

Komunitas Reenactor Indonesia juga sempat menerima beberapa penghargaan. Seperti menjuarai penampilan terbaik Reenactor Indonesia di Surabaya dan finalis lomba kampung tematik Kota Malang. Saat itu, Reenactor Indonesia juga mendesain Kelurahan Sumbersari menjadi kampung sejarah sesuai dengan sejarah perebutan Kota Malang.

Baca juga: Belajar Sejarah Lebih Seru Bersama Komunitas Malam Museum

Itu dia Reenactor Indonesia, sebuah komunitas pecinta sejarah yang eksis saat ini. Lahirnya Reenactor Indonesia menjadi cara baru dalam belajar dan mencintai Indonesia bersama dengan peristiwa sejarah perjuangan di Indonesia.

Referensi: Kompas | Mancode