Konser BTS 2022 Sukses Mencetak Rekor-Rekor Fantastis
Konser BTS 2022 | Foto: Republika.co.id

Hampir 2,5 tahun sejak pandemi COVID-19 melanda, boy band asal Korea Selatan, BTS akhirnya mengadakan konser luring pertama di tanah airnya sendiri. Konser BTS 2022 bertajuk “Permission To Dance On Stage” itu hadir sebanyak tiga kali, yaitu pada 10, 12, dan 13 Maret 2022 di Jamsil Olympic Stadium, Seoul, Korea Selatan.

Penggemar tidak hanya berkesempatan untuk mengikuti konser BTS 2022 secara langsung di Korea, tetapi juga dapat menyaksikan secara live viewing di bioskop dan daring di Weverse.

Penampilan BTS kali ini terbilang sangat spesial karena mereka membawakan sejumlah lagu berbeda selama tiga hari konser. Sebut saja lagu-lagu emosional, seperti "Spring Day" dan “We Are Bulletproof: The Eternal” yang mereka siapkan pada hari penutupan konser.

Baca juga: Sederet Drama Korea Hasil Adaptasi Webtoon

Konser perdana ini rupanya memecahkan sejumlah rekor baru sepanjang perjalanan karier BTS di dunia musik. Apa saja rekor yang berhasil mereka raih? Berikut GoodSide rangkum informasinya untuk para Army.

Jumlah Penonton Melebihi 2 juta Orang

Sambutan fans BTS Filipina | Foto: Bandwagon Asia

Konser BTS 2022 yang berlangsung secara luring dan daring baru-baru ini mencatatkan rekor dengan penonton menembus angka 2,46 juta orang. Mengutip laporan Big Hit Music, terdapat 2.465.000 orang di dunia yang menyaksikan konser BTS.

Adapun rinciannya sebanyak 45 ribu penonton menyaksikan secara langsung di Jamsil Olympic Stadium selama tiga hari tersebut. Selanjutnya, ada 1,2 juta orang menonton secara daring di Weverse dan sisanya 1,4 juta penonton menikmati konser dengan metode live viewing di 3.711 bioskop di 75 negara.

Uniknya, angka sebesar itu mencapai seperlima dari total penduduk Jakarta, yakni 11,25 juta jiwa (2021). Bahkan, angka tersebut melebihi penduduk Kota Bandung sebanyak 2,44 juta jiwa (2020). Wow!

Baca juga: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Jumlah penonton "siaran langsung" atau live viewing juga menyentuh rekor tertinggi sebagai sebuah tayangan yang ada di bioskop. Tentunya, pencapaian ini akan menjadi penanda bahwa untuk pertama kalinya konser siaran langsung di bioskop dunia berhasil berjalan oleh Korea Selatan.

Meraup Pendapatan Kotor Terbesar Bioskop Global

Kemeriahan konser BTS | Foto: Twitter Big Hit Music

Perusahaan entertainment Korea Selatan, HYBE Label bekerja sama dengan Trafalgar Releasing untuk membawa konser BTS Permission To Dance On Stage ke 3.711 bioskop di 75 negara.

Penayangan live viewing tersebut memecahkan rekor pendapatan kotor terbesar untuk acara bioskop global, yakni 32,6 juta dollar AS atau setara Rp467 miliar. Bahkan, pemutaran konser ini menghasilkan lebih banyak uang dalam sehari daripada beberapa film Hollywood era pandemi di akhir pekan.

Untuk wilayah Amerika Utara, konser BTS 2022 tayang di 803 bioskop dan berhasil meraup pendapatan sekitar 6,84 juta dollar AS atau Rp97,8 miliar. Perolehan tersebut menjadikan konser BTS sebagai acara bioskop yang paling laris sepanjang masa di sana.

Baca juga: 5 Taman Hiburan Paling Luas di Dunia, Ada yang Seluas Kota!

Adapun di Amerika Serikat dan Kanada, tiket yang terjual seharga $35 atau Rp501.445 per tiket. Harga ini lebih mahal daripada rata-rata harga tiket di Amerika Utara yang cuma sebesar $9 atau Rp128.943 saja. Meski begitu, harga yang lebih tinggi tampaknya tidak menghalangi orang-orang untuk tetap menyaksikan konser BTS.

Tidak sampai di situ, penjualan tiket konser BTS pun sukses menembus 'Top 5' di chart box office domestik walaupun kurang dari 1.000 lokasi. Tayangan konser mendarat di urutan ketiga di belakang film superhero "The Batman" dan film petualangan "Uncharted".

Selanjutnya, BTS merencanakan gelaran konser tatap muka lainnya di Las Vegas, Amerika Serikat sebanyak empat kali mulai 8 April. Konser tersebut akan terlaksana setelah menghadiri Grammy Awards Tahunan ke-64 pada 3 April. Sekali lagi, selamat untuk BTS atas kesuksesan konsernya.

Referensi: KBS World Kompas | Variety.com