Mirip Jepang, Kota Batu Hadirkan Wisata Perendaman Air Panas
The Onsen Hot Spring Resort suguhkan sensasi berendam air panas ala Jepang | Foto: Malang Guidance

Berendam air panas setelah seharian beraktivitas memberikan sensasi hangat pada tubuh. Otot-otot tubuh yang tegang jadi terelaksasi, peredaran darah lebih lancar, dan tidur pun lebih nyenyak. Salah satu negara yang menerapkan kebiasaan berendam air hangat adalah Jepang.

Jika biasanya orang akan mandi di pagi hari sebelum memulai aktivitas, orang Jepang biasa melakukan sebaliknya. Mereka akan mandi dan berendam air hangat di ofuro (mirip seperti bath up) saat malam hari atau setelah seharian beraktivitas.

Kebiasaan lain yang juga menjadi budaya dari orang Jepang adalah berendam di onsen, sebutan bagi tempat pemandian air panas. Namun, tak perlu khawatir jika kamu ingin mencoba berendam air panas ala Jepang. Kini, Indonesia memiliki wisata perendaman air panas tepatnya di Kota Batu, yaitu The Onsen Hot Spring Resort.

Fasilitas The Onsen Hot Spring Resort

berendam air panas ala Jepang di The Onsen Hot Spring Resort | Foto: BeautyJournal.id
Berendam air panas ala Jepang di The Onsen Hot Spring Resort | Foto: BeautyJournal.id

Kota Batu terkenal dengan wisata Jatim Park. Namun, siapa sangka ternyata terdapat sudut kecil Jepang di dalamnya? The Onsen Hot Spring Resort dapat mewujudkan keinginan kamu berendam air panas ala Jepang.

Tempat wisata yang telah buka sejak tahun 2017 lalu ini menawarkan pengalaman berendam air panas ala onsen di Jepang. Tak tanggung-tanggung, air onsen berasal dari sumber asli pegunungan sekitar Candi Songgoriti yang mengandung belerang.

Baca juga: Tidak Perlu ke Cappadocia, Subang Kenalkan Wisata Balon Udara

Suhu yang ada bisa mencapai 42 derajat celcius. Tak hanya menghangatkan tubuh, berendam dengan sumber air yang kaya akan mineral tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Pemandangan yang tersuguhkan juga sangat indah. Berlokasi di tengah-tengah pemandangan pohon pinus yang rimbun, The Onsen Hot Spring Resort memiliki latar belakang pegunungan sehingga semakin membantu merelaksasi tubuh dan pikiran.

The Onsen Hot Spring Resort menawarkan dua fasilitas onsen atau perendaman air panas. Jika kamu tidak berencana menginap di resort, kamu dapat mencoba onsen untuk publik atau genki onsen yang terdiri dari dua kolam terpisah untuk perempuan dan laki-laki.

Masing-masing kolamnya cukup besar dan dapat menampung hingga 20 orang. Namun, kalau kamu ingin menikmati onsen yang lebih private, kamu dapat mencoba fasilitas yang ada di resort.

The Onsen Hot Spring Resort memiliki 25 villa atau ryokan. Uniknya, penginapan ini mengusung konsep seperti rumah tradisional milik Jepang. Selain bangunannya yang terbuat dari kayu, interior di dalamnya juga menyerupai rumah tradisional yang ada di Jepang. Fasilitas lainnya adalah yukata yang bisa kamu kenakan.

Baca juga: Jelajah Keindahan Wisata Bawah Laut Indonesai dengan Diving

Spot Foto Instagramable The Onsen Hot Spring Resort

spot foto Instagramable di wisata berendam air panas The Onsen Hot Spring Resort | Foto: TIMES Indonesia
Spot foto Instagramable di wisata berendam air panas The Onsen Hot Spring Resort | Foto: TIMES Indonesia

Tidak hanya fasilitas berendam air panas saja yang menjadi primadona, The Onsen Hot Spring Resort juga memiliki banyak spot foto ciamik untuk kamu abadikan. Salah satu yang menjadi ikonik adalah gerbang merah khas Jepang.

Pada negara asalnya, gerbang merah atau torii cukup umum. Mengutip dari Trip Canvas, torii merupakan gerbang tradisional Jepang yang ada di jalan masuk ke Kuil Shinto, kuil Buddha di Jepang.

Gerbang merah yang berada di tengah kolam ini, berdiri dengan dua batang vertikal setinggi kurang lebih delapan meter untuk menyangga dua batang palang sejajar. Tidak jauh dari gerbang merah, membentang jembatan dengan warna senada replika dari jembatan Shinkyo Jepang.

Baca juga: Belajar Kembangan Hidup dari Filosofi Kaizen Orang Jepang

Ritual Minum Teh dan Makanan Khas Jepang

suasana kamar di The Onsen Resort mengusung tema rumah tradisional ala Jepang | Foto: Trivindo
Suasana kamar di The Onsen Resort mengusung tema rumah tradisional ala Jepang | Foto: Trivindo

Untuk yang ingin semakin mengenal budaya Jepang, kamu dapat mencoba ritual minum teh ala Jepang di Chaya Venue. Tidak hanya sekadar minum teh, ada beberapa proses yang harus terlewati dahulu.

The Onsen Hot Spring Resort juga memiliki Fushimi Japanese Restaurant yang menyuguhkan ragam masakan khas Jepang, seperti aneka sashimi, sushi, ramen, dan masih banyak lagi. Namun, tak perlu khawatir kalau kamu tidak terlalu menyukai makanan khas Jepang. Restoran ini juga menyediakan makanan Indonesia dan masakan ala barat.

Referensi: Trip Canvas | The Onsen Resort | IDN Times