Sedang Patah Hati? 5 Musisi Indie Ini Punya Lagu Untukmu
Phoebe, musisi indie dengan lagu tema patah hati | Foto: @ThePhoebeRoom/Twitter

Mendengar lagu sedih setelah patah hati menjadi salah satu cara untuk melampiaskan perasaan kita. Apalagi, mendengarkan lagu indie dengan lirik on point terasa beda dari yang lain. Musik indie sendiri memang telah memiliki tempat di hati para penggemar.

Bila Goodmates saat ini sedang patah hati, lewat artikel ini GoodSide mencoba menghibur dengan beberapa rekomendasi lagu dari musisi indie. Ada dari luar negeri dan juga dalam negeri. Berikut daftarnya untuk Goodmates

1. Menghindari Mantan Seperti "Night Shift" Lucy Dacus

Lucy Dacus, penyanyi "Night Shift" | Foto: Eclectic Journey/Pinterest

Memiliki durasi yang cukup panjang selama lebih dari 6 menit, lagu “Night Shift” menceritakan tentang seorang yang baru saja putus dan berusaha memaafkan sang mantan pacar.

Lagu ini cocok untuk Goodmates yang berusaha move on. Meski sedih, keseluruhan liriknya juga sarat akan harapan untuk bisa bangkit kembal dengan menyadari bahwa diri kita juga berharga.

Melalui lirik “You got 9 to 5, so I’ll take the night shift” yang menjadi ciri khas lagu “Night Shift”. Liriknya menggambarkan bahwa terkadang untuk merelakan kandasnya suatu hubungan, kita harus mampu meninggalkan orang tersebut sepenuhnya.

Baca juga: Pesan Hidup Anti Mainstrem untuk Kamu Usia 20-an

2. Melawan Rasa Rindu Lagu "Motion Sickness" Phoebe Bridgers

Phoebe Bridgers, musisi indie asal Amerika | Foto: @ThePhoebeRoom/Pexels

Meski move on adalah keharusan, Goodmates tetap harus melalui tahapan-tahapan lain sebelum benar-benar bisa menerima kenyataan. Salah satunya merasa rindu dengan seseorang yang sudah tidak lagi ada di kehidupan sehari-hari.

Mengawali lagu dengan kalimat “I hate you for what you did and I miss you like a little kid”, Phoebe sepertinya tahu betul rasanya ada di fase ini. Meski tahu bahwa menghubungi mantan bukanlah pilihan, menghindari rasa rindu juga mustahil untuk kamu lakukan.

Meski begitu, lagu “Motion Sickness” juga memiliki pesan agar Goodmates tetap berusaha meminimalisir perasaan rindu yang bisa mengganggu aktivitas ini.

3. Lagu "Repeath Until Death" Novo Amor Tentang Beratnya Mengikhlaskan

Instrumen lagu-lagu Novo Amor selalu enak terdengar | Foto: Novo Amor Brazil/Pinterest

Memiliki nada yang sangat slow, lagu “Repeat Until Death” bisa membuat Goodmates mengantuk dan baper di saat yang sama. Lagu ini cocok bagi seseorang yang harus merelakan orang yang ia suka sejak lama, sebelum sempat menjalin hubungan. Bisa juga tentang pasangan yang harus berpisah meski hanya bersama dalam waktu singkat.

Baca juga: Sulit Merasa Bahagia? Kenali Penyebab Kondisi Anhedonia

Penggalan lirik “I can’t seem to let myself leave you, but I can’t breathe anymore” menunjukkan bahwa meskipun melepaskan orang yang kita sayangi sangat berat, kadang kita harus melakukannya untuk kebaikan satu sama lain.

Selain lagu “Repeat Until Death”, Novo Amor juga memiliki lagu lain yang cocok untuk momen patah hati, seperti “Anchor” dan “State Lines.”

4. Lagu "Serana" For Revenge Menggambarkan Sulit Move On

For Revenge, grup musik indie asal Bandung | Foto: hai.grid.id

Bila bosan dengan lagu yang memiliki nada mendayu-dayu, lagu-lagu dari For Revenge bisa jadi alternatif. For Revenge sendiri merupakan band indie asal Indonesia yang mengusung genre modern rock.

Salah satu lagunya yang berjudul “Serana” menceritakan tentang seseorang yang sedang berusaha move on setelah patah hati. Kalimat pada bagian reff berbunyi “Beritahu aku cara melupakanmu”, menunjukkan bahwa proses move on memang berat bagi sebagian orang.

Selain “Serana”, ada lagu lain tentang patah hati yang bisa Goodmates nikmati, yaitu “Jakarta Hari Ini.”

Baca juga: Merasa Baik-Baik Saja? Hati-Hati Topeng Smilling Depression

5. Bangkit "Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti" Banda Neira

Meski sudah bubar, lagu-lagu Banda Neira tetap memiliki banyak penggemar | Foto: Tribun Kaltim

Meski berat, Goodmates harus bisa bangkit dari kesedihan. Lagu “Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti” adalah lagu motivasi agar Goodmates dapat segera pulih dari patah hati.

Dengan lirik yang sederhana, lagu ini mengingatkan kita bahwa semua hal yang pergi, pasti akan kembali lagi dalam wujud yang lebih baik. Sesuai liriknya, “Yang pernah jatuh, ‘kan berdiri lagi, yang patah tumbuh, yang hilang berganti.”

Demikianlah rekomendasi 5 lagu indie untuk mengiringi momen patah hati dari Goodmates. Pata hati boleh salah, asalkan jangan berlarut. Lanjutkan hidup dan carilah orang baru yang bisa menemani setiap langkahmu.